Balita

Tips Beli Sepatu Online Untuk Bayi Anti Kekecilan

Tips Beli Sepatu Online Untuk Bayi Anti Kekecilan

Di zaman pandemi ini, sebagian besar aktivitas berbelanja banyak melalui online, termasuk beli sepatu online. Bagaimanakah tips beli sepatu online untuk bayi agar tidak salah pilih?

Saat anak sudah mulai bisa berjalan, di saat itulah si kecil membutuhkan sepatu sebenarnya. Sepatu untuk bayi berjalan tidak seperti sepatu bayi biasanya yang memiliki sol lembut, tetapi harus sepatu yang memiliki sol yang fleksibel dan bagian atas yang lebih kokoh. 

Sepatu pada bayi dan anak berfungsi untuk melindungi kaki mereka saat berada di luar ruangan dan di area yang berpotensi berbahaya seperti permukaan yang tajam.

Jika si kecil berada di dalam ruangan atau luar ruangan yang memiliki permukaan aman seperti pasir dan rumput, tidak masalah jika si kecil hanya menggunakan sepatu bayi dengan sol lembut atau hanya kaus kaki saja. Bahkan, anak juga bisa bertelanjang kaki jika cukup hangat. 

Banyak yang mempercayai bahwa dengan bertelanjang kaki dapat membantu anak membangun kekuatan dan koordinasi kaki.

Berbeda dengan orang dewasa, kaki anak cepat berkembang sehingga berganti sepatu lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa. Ibu terkadang ingin beli sepatu online saja agar lebih praktis, namun beli sepatu online mengandung risiko sepatu yang kekecilan atau kebesaran.

Bagaimanakah tips beli sepatu online serta cara mengukur kaki bayi untuk beli sepatu online?

1. Mengukur panjang kaki dengan tepat

tips-beli-sepatu-online-untuk-bayi-anti-kekecilan-1

Sebelum memutuskan membeli sepatu online untuk anak, Ibu harus mengetahui cara mengukur kaki anak untuk beli sepatu online. Dengan mengetahui cara mengukur kaki bayi untuk beli sepatu online, Ibu akan mendapatkan ukuran yang tepat untuk mereka sehingga sepatu tidak kekecilan atau kebesaran. Pastikan anak menggunakan kaus kaki saat diukur kakinya.

Cara mengukur kaki bayi untuk beli sepatu online adalah dengan cara menggunakan meteran kain atau menggambar kaki terlebih dahulu di sebuah kertas kosong dan ukurlah. 

Ada tiga area kunci pada kaki yang perlu Ibu fokuskan saat membeli sepatu online bagi balita, yakni bagian depan sepatu, bagian belakang, dan lebarnya. Ini akan mempengaruhi kesesuaian sepatu.

Pertama, tentukan panjang yang sesuai pada bagian depan sepatu. Tambahkan 1 cm hingga 1,3 cm jarak pada depan sepatu. Jangan berpikiran untuk membeli sepatu yang terlewat besar dengan alasan agar awet karena ini akan membuat kaki tidak stabil dan anak akan mudah terpeleset. 

Jangan pula sampai mendapatkan sepatu yang terlalu kecil karena akan membuat kaki sakit terdesak.

Cara mengukur kaki anak untuk beli online yang tak boleh terlupakan adalah mengukur lebar kaki. Lebar kaki anak cenderung lebih lebar saat masih kecil. Seiring dengan tumbuhnya kaki, maka panjang kaki akan mengejar lebarnya. Oleh karena itu, Ibu harus memastikan sepatu yang dibeli untuk anak tidak terlalu sempit di sepanjang busur kaki.

Cara mengukur kaki anak untuk beli sepatu online agar sepatu memiliki lebar yang tepat adalah dengan menggunakan bagian lidah sepatu sebagai panduan. Ibu bisa menggunakan lidah sepatu anak yang sudah dimiliki. 

Lidah sepatu dan bagian pinggir dimana tali atau perekat velcro biasanya ditempatkan harus memiliki posisi paralel. Ibu bisa menambahkan beberapa cm dari lidah sepatu yang dimiliki anak sebagai panduan mengetahui ukuran lebar kaki anak.

Bagian belakang sepatu juga harus memberikan ruang untuk bergerak. Ibu harus menyelipkan jari kelingking di tumit tapi hanya hingga buku jari pertama. Jika lebih dari itu, maka terlalu besar. Jika kurang, berarti terlalu sempit.

2. Beli sepatu di toko online terpercaya

tips-beli-sepatu-online-untuk-bayi-anti-kekecilan-2

Ibu jangan mudah tergiur hanya karena diskon semata. Cari tahu terlebih dahulu apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak guna menghindari penipuan. Untuk menilainya, Ibu dapat membaca testimoni dari pembeli lain. Toko online terpercaya biasanya menampilkan foto sepatu asli dengan kualitas gambar yang baik.

3. Beli sepatu dengan merk yang terpercaya

Beli sepatu online tidak harus membeli barang merk mahal, tapi setidaknya harus brand yang terpercaya atau yang sudah berkomitmen dan berpengalaman di dunia sepatu. Ibu jangan hanya tergiur dengan diskon atau harga murah semata. 

Harga mungkin berbicara soal kualitas. Namun, terkadang harga murah malah akan mengecewakan pembeli karena kualitas material sepatu dan desain yang jelek.

Sepatu adalah investasi karena manusia berjalan seratus persen menggunakan kaki. Oleh karena itu, pastikan sepatu yang dibeli sudah mempertimbangkan kualitas barang, apalagi untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Membeli sepatu anak asal-asalan dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya.

4. Baca kebijakan pengembalian barang

tips-beli-sepatu-online-untuk-bayi-anti-kekecilan-3

Biasanya toko online mencantumkan kebijakan pengembalian barang jika sepatu yang dikirim tidak sesuai harapan. Tidak semua toko memiliki kebijakan ini. JIka toko memiliki kebijakan pengembalian, pastikan kebijakannya tidak merepotkan serta perhatikan waktu pengembalian yang ditetapkan toko.

5. Perhatikan pilihan kurir

Ibu juga harus memperhatikan kurir yang digunakan saat pengiriman barang. Pastikan harga yang tertera beserta biaya pengiriman sudah sesuai sehingga tidak mengeluarkan biaya tambahan saat barang datang.

6. Jangan buru-buru memotong label

tips-beli-sepatu-online-untuk-bayi-anti-kekecilan-4

Sebaiknya, Ibu harus memeriksa dan mencoba sepatu tersebut dipakaikan ke anak dahulu guna mengetahui apakah sepatu tersebut sesuai harapan. Jika label sudah dipotong, sepatu tidak dapat dikembalikan jika toko online memiliki kebijakan pengembalian barang.

Itulah tips beli sepatu online anti kekecilan. Pastikan membeli dengan ukuran yang benar dan barang yang dibeli juga berkualitas ya Bu!

Editor: Dwi Ratih