Balita

Cara Tepat Memberikan Dosis Obat Penurun Panas Untuk Si Kecil

Terakhir diperbaharui

Cara Tepat Memberikan Dosis Obat Penurun Panas Untuk Si Kecil
Demam tinggi pada bayi  tentu membuat semua Bunda sangat khawatir. Bila tidak cepat ditangani, demam tinggi ini bisa menjadi pemicu step (kejang-kejang) pada si kecil. Pada dasarnya demam tinggi pada bayi merupakan sebuah sinyal adanya infeksi yang terjadi dalam tubuh mereka. Infeksi biasanya terjadi karena ada virus atau bakteri yang masuk dari luar tubuh.

Virus atau bakteri yang masuk tadi dilawan secara otomatis oleh sistem imun tubuh sehingga menyebabkan suhu tubuh menjadi lebih tinggi dari suhu tubuh normal biasanya yang berkisar 37 derajat Celcius. Ketika suhu tubuh bayi semakin meningkat, Acetaminophen atau yang lebih dikenal dengan Paracetamol merupakan alternatif yang banyak digunakan orang sebagai pertolongan pertama dalam hal menurunkan demam tinggi pada bayi.

Bunda tentu sudah sangat mengenal khasiat dari Acetaminophen ini. Namun sebaiknya Bunda harus waspada, karena produk-produk Acetaminophen yang dijual bebas dipasaran memiliki dosis yang beragam. Pemberian dosis Acetaminophen ini haruslah tepat. Jangan pernah sembarangan dalam memberikan dosis Acetaminophen, apalagi pada bayi mungil Anda. Alih-alih cepat menurunkan panas yang terjadi si kecil malah mengalami over dosis yang menyebabkan komplikasi dikemudian hari. Tentu Bunda tidak mau hal itu terjadi kan?
 

Dosis Acetaminophen Berdasarkan Berat Badan Anak

Bunda, pemberian dosis Acetaminophen untuk bayi pada dasarnya berdasarkan berat badan mereka, bukan berdasarkan usia. Berikut adalah perbandingan dosis Acetaminophen yang aman diberikan untuk bayi yaitu 15 mg : 1 kg. Jadi, apabila bayi Anda mempunyai berat badan sekitar 15 kg, berarti dosis Acetaminophen yang tepat diberikan untuk bayi Anda adalah 15 x 5 = 75 mg.

Selain penakaran dosis yang tepat, hal lain yang harus Bunda perhatikan yakni rentang waktu pemberian Acetaminophen. Acetaminophen bisa diberikan dalam rentang waktu 4-6 jam serta tidak boleh diberikan lebih dari 4 kali dalam satu hari karena akan mengakibatkan over dosis.

Ingat juga ya Bunda, bahwa produk Acetaminophen yang dijual dipasaran bukanlah patokan obat mutlak untuk mengobati panas demam anak Anda, namun itu hanya sebagai pertolongan pertama yang bisa Bunda lakukan sebelum memeriksakan si kecil ke dokter. Jadi, segeralah konsultasikan demam bayi Anda dengan dokter agar tahu penyebab jelas demam si kecil.

Selain itu biasakan pula agar Bunda selalu memakai takaran yang telah disediakan di dalam kotak obat tersebut, jangan sampai memakai takaran dari produk yang berbeda karena setiap produk memiliki takarannya masing-masing. Terlebih jangan pernah mengganti takaran yang telah disediakan produk tersebut dengan sendok makan ataupun sendok teh yang ada di dapur Bunda, itu sangatlah berbahaya. Kita tidak dapat mengukur dosis yang tepat bila menggunakan sendok makan atau sendok teh, terkecuali ada saran dari dokter.

Bunda harus ingat juga ya, pemakaian produk Acetaminophen yang ada dipasaran tidaklah dianjurkan bagi usia bayi dibawah 3 bulan kecuali dengan resep dokter. Jadi bila si bayi sudah mulai terlihat demam lebih baik segeralah kunjungi dokter Bunda untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan informasi detail mengenai panas si kecil.
 

Tanda Demam Pada Bayi

Adapun patokan bahwa seorang bayi atau anak mengalami demam tinggi adalah sebagai berikut:
 
  • Usia 0 – 3 bulan
    Pada usia ini bayi dikatakan demam tinggi ketika suhu badan mereka menunjukan suhu 38 derajat celcius.

  • Usia 3 – 6 bulan
    Pada tahap 3 – 6 bulan bayi dikatakan demam tinggi ketika suhu badan mereka menunjukan suhu 38,4 derajat celcius.

  • Usia > 6 bulan
    Saat usia bayi Anda menginjak 6 bulan lebih tanda bahwa si bayi demam tinggi ketika suhu badan mereka menunjukan suhu 39,4 derajat celcius.


Jadi Bunda, bila memang bayi Bunda menunjukan suhu badan yang barusan disebutkan diatas, berarti mereka sedang mengalami demam. Bergegaslah untuk memeriksakan si kecil pada dokter.

Namun, bila tidak memungkinkan untuk dapat bertemu dokter lakukanlah tindakan pertolongan pertama untuk menurunkan demam si kecil yaitu dengan memberikan  Acetaminophen dengan dosis yang tepat agar anak terhindar dari step (kejang-kejang) serta terhindar dari dosis berlebih. Selalu cermat ya Bunda dalam menggunakan Acetaminophen untuk si kecil.