Balita

Kondisi Bayi Prematur yang Lahir pada Usia Kandungan 28, 31, 33, dan 36 Minggu

Terakhir diperbaharui

Kondisi Bayi Prematur yang Lahir pada Usia Kandungan 28, 31, 33, dan 36 Minggu

Bayi prematur yang lahir dengan usia kandungan kurang dari 28 minggu

Hanya ada kurang dari 1 persen bayi yang dilahirkan di usia kandungan kurang dari 28 minggu. Bayi kelompok ini biasanya memiliki komplikasi paling banyak. Kebanyakan bayi ini lahir dengan berat badan yang benar-benar rendah (kurang dari 2 pounds, 3 ounce). Hampir semuanya membutuhkan perawatan dengan oksigen, surfaktan, dan bantuan mekanis untuk memudahkan pernafasan.

Bayi kategori ini sangat belum matang untuk bisa menghisap, menelan, dan bernafas di waktu yang bersamaan, jadi harus diberi makan melalui infus hingga mereka bisa mengembangkan kemampuan ini. Mereka sering kali tidak bisa menangis atau Anda tidak bisa mendengar tangisan mereka karena adanya pipa di tenggorokan mereka, dan mereka  biasanya menghabiskan waktu dengan tidur sepanjang hari. Bayi-bayi mungil ini memiliki otot yang kecil, dan bergerak sangat sedikit.

Mereka terlihat sangat berbeda dari bayi yang sudah cukup umur. Kulit mereka berkerut dan berwarna ungu kemerahan serta sangat tipis hingga Anda bisa melihat pembuluh darah di bawah kulit mereka. Wajah dan tubuh masih ditutupi oleh rambut halus yang disebut lanugo. Karena bayi-bayi ini tidak memiliki cukup waktu untuk menerima lemak, mereka terlihat sangat kurus. Sering kali mata mereka tertutup dan tidak memiliki bulu mata.

Bayi-bayi ini juga memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi medis. Kebanyakan bayi yang lahir setelah sekitar kehamilan 26 minggu bisa bertahan selama 1 tahun (sekitar 80 persen lahir pada minggu ke 26 dan sekitar 90 persen lahir di usia kandungan 27 minggu), meski mereka perlu tinggal lebih lama di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Sayangnya, sekitar 25 persen bayi sangat prematur ini memiliki ketidakmampuan yang berlangsung serius, dan hingga setengah dari jumlahnya memiliki masalah lebih ringan seperti gangguan belajar dan perilaku.

Bayi prematur yang lahir dengan usia kandungan 28 hingga 31 minggu

Bayi kelompok ini terlihat mirip dengan bayi yang lahir dengan usia kurang dari 28 minggu, meski berat tubuhnya lebih besar (biasanya antara 2 hingga 4 pound), dan lebih mungkin untuk bertahan lebih lama (sekitar 96 persen). Kebanyakan dari mereka memerlukan perawatan dengan oksigen, surfaktan, dan bantuan mekanis untuk bernafas. Beberapa bayi di kelompok ini bisa disusui atau diberikan susu formula melalui pipa yang dimasukkan ke hidung atau mulut menuju perut, meski ada juga yang perlu diberi makan melalui infus.

Beberapa dari mereka juga bisa menangis dan mereka bisa bergerak lebih banyak, meski gerakannya seperti tersentak. Bayi yang lahir pada usia ini bisa menggenggam jari, membuka mata, dan mulai terjaga untuk periode yang pendek. Namun, bayi yang lahir di usia kandungan 28 hingga 31 minggu tetap beresiko mengalami komplikasi medis. Ketika komplikasi terjadi pada bayi di kelompok ini, biasanya tidak akan separah pada bayi yang lahir di usia kurang dari dari 28 minggu. Tapi tetap perlu diingat, bayi yang lahir dengan berat badan sangat rendah (kurang dari 3 pound, 3 ounce) tetap beresiko memiliki gangguan yang bersifat serius.

Bayi prematur yang lahir dengan usia kandungan 32 hingga 33 minggu

Sekitar 98 persen bayi yang lahir pada usia ini bisa bertahan hidup. Kebanyakan dari mereka memiliki berat badan 3 hingga 5 pound, tapi tetap tampak lebih kurus dari bayi yang sudah cukup umur. Kabar baiknya, beberapa diantaranya sudah bisa bernafas sendiri, tapi banyak juga dari mereka yang memerlukan bantuan oksigen untuk bernafas.

Selain itu, ada juga beberapa bayi yang bisa disusui atau diberikan ASI melalui botol susu, tapi bayi yang memiliki masalah bernafas kemungkinan diberi makan melalui pipa. Bayi yang lahir pada usia ini kurang beresiko mengalami keterlambatan perkembangan dibanding bayi yang lahir lebih dini. Namun, mereka tetap memiliki resiko tinggi untuk mengalami masalah perkembangan belajar dan perilaku.

Bayi prematur yang lahir dengan usia kandungan 34 hingga 36 minggu

Bayi kategori ini biasanya lebih sehat dari bayi yang lahir lebih dini, dan sangat mungkin untuk bertahan hidup seperti halnya bayi yang sudah cukup umur. Berat badannya bisa mencapai sekitar 4,5 hingga 6 pound, jadi mereka terlihat lebih kurus dari bayi cukup umur.

Bayi-bayi ini tetap memiliki resiko kesehatan yang tinggi dibanding bayi cukup umur, termasuk masalah pernafasan dan makan, kesulitan mengatur suhu tubuh, dan penyakit kuning. Masalah ini biasanya bersifat ringan, dan kebanyakan bayi dengan kondisi tersebut bisa pulih dengan cepat.

Sebagian besar bayi-bayi ini bisa menyusu atau minum melalui botol, meski beberapa diantaranya (terutama yang memiliki masalah pernafasan ringan) memerlukan pipa untuk makan untuk sementara waktu. Diperkirakan pada usia kandungan 35 minggu, berat otak mereka hanya sekitar 2/3 dari bayi yang sudah cukup umur. Bayi ini memiliki resiko rendah untuk mengalami masalah perkembangan.

Bunda, ketika menghadapi bayi yang lahir prematur, salah satu peran penting orangtua adalah menjadi penyemangat terbaik bagi si kecil. Karena bayi Anda belum bisa bicara dan membuat keputusan sendiri, Anda harus menjadi perwakilan dari suaranya. Kerja sama yang baik dengan dokter yang meawat bayi Anda sangat diperlukan.

Bila bayi Anda memiliki kebutuhan khusus, peran Anda menjadi semakin penting. Pastikan bayi Anda mendapat perawatan medis yang sesuai. Bila si kecil mengalami ketidakmampuan tertentu, Anda perlu mempelajari kondisi tersebut dari berbagai sumber sebanyak mungkin.

Pilih dan bekerjasamalah dengan dokter yang membantu anak Anda. Ini mungkin memerlukan waktu, kesabaran, dan terlebih lagi, komitmen emosional. Bunda mungkin perlu mempelajari keterampilan baru untuk menjalani peran ini. Yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Berkomunikasi dengan dokter anak Anda. Lakukan dengan baik tapi tegas. Sebisa mungkin meminta mereka untuk menggunakan istilah medis yang familiar ketika menjelaskan kondisi anak Anda.
  • Membujuk dokter serta petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan pada bayi Anda secara maksimal.

  • Mencari tahu tentang pilihan pengobatan serta pelayanan yang bisa diberikan untuk anak Anda.

  • Meminta bantuan jika Anda memerlukannya.

Kadang salah satu tindakan untuk menjadi penyemangat bagi bayi prematur Anda adalah mengambil keputusan untuk mengganti dokter apabila dokter yang sekarang sepertinya tidak terlalu peduli tentang kondisi bayi Anda, atau ia memperlakukan Anda bukan dengan cara yang layak. Carilah dokter yang memperhatikan kemampuan anak Anda secara teliti dan yang siap berperan aktif dalam membantu mencapai milestone buah hati Anda.

Sangat penting lho Bun untuk menemukan dokter yang bisa membuat Anda nyaman dan percaya padanya. Awalnya, rasa peduli dan empati terlihat kurang penting dibanding kemampuan profesional. Tapi dokter yang tulus dan peduli tentang kesehatan Anda dan anak biasanya akan lebih memperhatikan gejala kesehatan yang mungkin timbul dan terus mencari tahu bila pengobatan tertentu tidak berhasil diterapkan pada anak Anda.

Kebanyakan orangtua pasti akan memperoleh kekuatan dan kemampuan untuk menghadapi kondisi ini. Bunda pasti akan bahagia saat selalu bisa mengetahui kemajuan dan perkembangan bayi Anda dari waktu ke waktu. Bunda juga akan dibuat tenang oleh berbagai informasi yang Anda cari tahu demi kemajuan perkembangan si kecil.

(Ismawati)