Kehamilan

Ngidam Makanan Selama Hamil, Jangan Asal Makan!

Terakhir diperbaharui

Ngidam Makanan Selama Hamil, Jangan Asal Makan!
Banyak wanita yang sangat menginginkan makanan tertentu di saat hamil. Ada bumil yang ngidam makanan sehat seperti buah dan sayur, tapi ada juga yang jadi sangat menyukai kue, coklat, atau es krim.
Jika godaan untuk mencicipi makanan manis dan berlemak terlalu berat untuk ditolak, sesekali masih tidak masalah kok Bun. Tapi pikirkan juga bayi yang sedang tumbuh di dalam tubuh Anda dan nutrisi yang ia butuhkan. Karenanya, perhatikan lagi “makanan ngidam” Anda. Jika Anda menderita diabetes tipe 1 atau 2 atau diabetes gestasional, ikuti pola makan yang dianjurkan oleh dokter.
Berikut ini beberapa cara untuk mengontrol ngidam makanan Anda:
  • Berolahraga secara teratur. Tetap aktif bergerak menjadi cara yang baik untuk mengekang rasa lapar dan mengalihkan diri dari cemilan. Olahraga teratur seperti jalan kaki setiap hari juga menjadi cara untuk tetap bugar.
  • Sarapan setiap hari. Jika Anda memulai hari dengan nutrisi yang baik, godaan untuk ngemil di pertengahan pagi akan berkurang. Kombinasikan sarapan Anda dengan buah seperti jeruk, susu rendah lemak, atau telur.
  • Dapatkan dukungan emosional. Perubahan hormonal saat hamil bisa membuat Anda lebih mudah terserang mood swings. Anda mungkin saja beralih ke makanan ketika apa yang sebenarnya Anda butuhkan adalah seseorang untuk diajak bicara. 
  • Atasi ngidam makanan yang tidak sehat. Tetap rencanakan cemilan yang sehat dan siap makan ketika Anda pulang ke rumah dari bekerja, atau mungkin Anda ingin makan cemilan sebelum meninggalkan kantor. Jika Anda tiba di rumah dalam keadaan lapar dan tidak tahu apa yang akan dimakan, biasanya Anda akan makan yang tidak dibutuhkan.
  • Berpikir kecil. Coba satu skop es krim ketimbang satu mangkuk penuh, atau satu potong coklat kecil daripada satu batang.
Para ahli menyarankan mengidamlah makanan yang sehat. Jika Anda ngidam es krim dan donat coklat lalu memakannya setiap waktu, berat badan Anda akan berada pada tingkat yang tidak sehat dengan cepat. Bila Anda beresiko menderita diabetes gestasional (diabetes yang terdiagnosa selama hamil dan bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi), makanan dengan kandungan gula tinggi bisa membuat penyakit ini semakin buruk. Diabetes gestasional tidak hanya membuat Anda perlu mengawasi penambahan berat badan, tapi juga apa yang Anda makan.
Sebenarnya mudah saja memenuhi ngidam makanan selama hamil dengan alternatif yang sehat jika Anda tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan. Hanya perlu pemahaman tentang apa yang Anda inginkan lalu menemukan versi makanan yang sama yang lebih sehat sebagai penggantinya.
Kuncinya adalah tidak secara langsung mengonsumsi makanan yang Anda kira menginginkannya tapi tunggu beberapa menit untuk memahami apa yang diberitahukan tubuh Anda. Jadi ketika Anda menginginkan es krim stroberi, coba pikirkan lagi, apakah Anda menginginkan sesuatu yang dingin, halus, penuh krim, manis, atau rasa stroberi yang Anda cari? Ketika Anda memahami apa yang Anda inginkan, akan lebih mudah memilih alternatif yang sehat. Mungkin sorbet stroberi bisa menjadi pilihan Anda, atau stroberi segar atau yoghurt stroberi. Bila Anda membutuhkan kalsium, Anda bisa minum suplemen kalsium atau mengkonsumsi produk turunan susu seperti keju atau yoghurt.
Ingat ya, Bunda perlu mencari alternatif yang sehat dari makanan yang Anda inginkan, jadi:
  • Ganti es krim dengan yoghurt beku non lemak, es krim rendah lemak, atau sorbet.
  • Ganti minuman cola dengan air mineral dengan jus buah atau perasan lemon.
  • Ganti keripik kentang dengan kentang panggang atau popcorn.
  • Ganti coklat dengan minuman coklat panas dengan susu rendah lemak, buah kering, atau kacang.
(Ismawati)