Kesehatan Dibaca 1,362 kali

Waspada Reye Syndrome Mematikan Pada Anak-anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 25 Oktober, 2018 05:10

Waspada Reye Syndrome Mematikan Pada Anak-anak
Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit Reye sindrom? Jika belum pernah mendengarnya, sebaiknya Anda mulai waspada dengan penyakit tersebut. Reye syndrome merupakan salah satu penyakit langka yang biasa menyerang anak-anak.

 

Penyebab utama adanya Reye syndrome pada anak-anak yaitu dikarenakan oleh virus-virus seperti virus-virus flu, pilek, atau cacar air. Reye sindrom ini sangat berbahaya bila telah menyebar keseluruh organ tubuh, bahkan pada tahap yang parah Reye syndrome ini bisa beresiko merusak organ otak dan hati si kecil.

 

Reye syndrome sendiri diketahui dapat menyebabkan pembengkakan pada otak buah hati Anda. Selain itu penyakit ini pun diketahui menyebabkan banyak timbunan lemak dalam liver dan organ tubuh lainnya dan hal ini akan sangat berbahaya jika tidak segera diobati karena akan menyebabkan kegagalan hati, kerusakan otak hingga kematian.

 

Reye syndrome sebenarnya bisa menyerang siapa saja dan di segala usia, tapi Reye sindrom ini sering ditemukan menyerang anak-anak usia 4-12 tahun. Masa penyebaran penyakit Reye syndrome diketahui sering menyerang disaat musim penghujan datang yaitu disekitar bulan Januari, Februari, Maret, dimana pada periode tersebut banyak orang yang terjangkit virus flu. Namun hal ini bukanlah ukuran mutlak, hanya sebagai peringatan agar Anda selalu waspada karena pada kenyataannya Reye syndrome ini bisa muncul di waktu kapanpun dan disaat apapun.

 

Walaupun Reye syndrome termasuk salah satu penyakit langka yang amat berbahaya. Namun banyak orang belum mengetahui secara jelas tentang penyakit Reye syndrome ini dan malah banyak orang sering sekali salah kira dengan gejala-gejala yang timbul pada saat seseorang terkena Reye syndrome.

 

Hal ini terjadi karena gejala-gejala yang muncul mirip dengan gejala-gejala penyakit lain seperti gejala-gejala yang timbul pada penderita radang otak, meningitis, over dosis obat, kematian lemas atau terlihat seperti gejala keracunan.

 

Memang agak sulit mendeteksi keberadaan Reye sindrom ini dengan tepat. Hal yang bisa Anda lakukan yaitu Anda harus tetap waspada dan bergegas pergi ke dokter jika terjadi sesuatu hal yang tidak wajar pada buah hati Anda.

 

Di Amerika, beberapa penelitian menunjukan bahwa Reye syndrome sangat erat kaitannya dengan kesalahan mengkonsumsi aspirin. 95 persen pasien Reye sindrom di Amerika Serikat diketahui menderita penyakit tersebut karena kesalahan mengkonsumsi aspirin disaat sakit, yang mana sakitnya tersebut disebabkan oleh virus.

 

Seperti yang diketahui, pada saat Anda atau buah hati Anda sakit yang mana sakitnya tersebut disebabkan oleh virus, Anda atau buah hati Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi aspirin walaupun dengan kadar kecil. Hal tersebut bisa menjadi pemicu adanya Reye sindrom pada tubuh Anda atau buah hati Anda.

 

Di Amerika sendiri, aspirin diproduksi dan dijual dengan disertai label peringatan pada produknya yang mana menyarankan agar Anda menghindari memberikan aspirin disaat anak-anak Anda mengalami gejala cacar air atau flu. Ketika Anda ingin memberikan Aspirin pada buah hati Anda, pastikan untuk selalu berkonsultasi dan mengikuti resep dari dokter, mengingat Anda belumlah tahu penyebab sakit yang diderita oleh buah hati Anda itu sebenarnya disebabkan oleh virus atau bukan.

 

Gejala-gejala Reye sindrom lainnya yang biasa muncul yaitu buah hati Anda akan mengalami demam, yang disertai diare, badan lemas, lesu, dan si kecil terlihat selalu mengantuk. Sedangkan gejala yang timbul pada bayi biasanya berupa diare dan napas yang terdengar tidak beraturan.

 

Selain itu gejala-gejala lainnya yang biasanya muncul ketika buah hati Anda terkena penyakit Reye sindrom ini yaitu adanya gejala-gejala seperti yang tersebut diatas yang mulai muncul di minggu ke 3 saat si kecil sudah sembuh dari penyakit sebelumnya yang mana disebabkan oleh virus atau bisa juga muncul di hari ke-3 dimana si kecil mulai memasuki pase penyembuhan dari sakit yang diderita sebelumnya.

 

Jika Reye sindrom ini sudah mulai menyebar ke organ otak buah hati Anda, biasanya ia akan menunjukan gejala-gejala seperti berikut ini:

 

  • Si kecil terlihat gelisah, hiperaktif, pusing-pusing, dan temperamental.
  •  
  • Si kecil juga terlihat memiliki sikap tubuh yang aneh, misalnya tangan dan kaki terlihat kaku.
  •  
  • Si kecil mulai sering mengigau, terkadang disertai step.

 

Jika si kecil memperlihatkan gejala-gejala tadi bergegaslah membawa si kecil ke dokter agar dia dapat segera mendapatkan penanganan medis sehingga tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Selalu waspada dan hindari mengkonsumsi aspirin tanpa resep dari dokter agar buah hati Anda terhindar dari penyakit Reye syndrome ini yang mana bisa sangat berisiko mengancam nyawanya.

(Wati)