Kehamilan Dibaca 3,496 kali

10 Makanan Untuk Mengatasi “Efek Samping” Kehamilan

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati
10 Makanan Untuk Mengatasi “Efek Samping” Kehamilan

Gejala kehamilan seperti mual, sakit kepala, hemoroid, konstipasi, dan heartburn sangat umum terjadi dan kadang bisa mempengaruhi kebahagiaan Anda sebagai calon ibu. Untungnya ada solusi yang  aman dan alami untuk mengatasi masalah ini. Cobalah makanan dan minuman berikut ini untuk mengatasi efek samping kehamilan yang kadang tidak mengenakkan.

  1. Efek Samping Kehamilan: Morning Sickness Alias Muntah dan Mual

    Yang Harus Dimakan: Jahe

    Jahe akan menjadi teman terbaik Anda saat hamil. Seduh teh jahe atau kunyah permen jahe saat Bunda merasa mual. Bila tidak menyukai rasa jahe, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk kapsul. Kalau Bunda tidak suka, itu wajar karena ibu hamil secara alami cenderung menghindari bau menyengat dan makanan pedas. Jika benar-benar tidak bisa mengonsumsi jahe, Anda juga bisa bereksperimen dengan suhu makanan. Bunda mungkin akan merasa lebih baik dengan makan makanan dingin, seperti smoothie. Pilihan lain yang bisa membuat nyaman di perut antara lain sayuran mentah, irisan lemon, dan biskuit.

    Mual lebih mungkin terjadi pada saat perut kosong lho Bun. Bila Anda merasa mual saat bangun tidur, sediakan biskuit di sisi tempat tidur untuk segera dimakan. Makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering. Mengonsumsi makanan kecil tapi sering akan lebih mudah bagi perut untuk mencernanya, dibanding jika Bunda makan tiga kali dalam sehari. Jangan terlalu cemas dengan apa yang bisa Bunda makan. Makanlah apapun yang bisa membuat Bunda tidak mual. Bila Bunda muntah, ini bukanlah suatu efek samping kehamilan yang berbahaya selama Anda tidak mengikuti pola makan seimbang.

    Hampir 3 dari 4 ibu hamil mengalami mual dan muntah selama hamil. Berita baiknya, keluhan ini biasanya mereda di awal trimester kedua. Selain memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, beberapa pengobatan alami bisa membantu meringankan gejala morning sickness. ​

    • Gunakan aromaterapi. Indera perasa dipengaruhi oleh bau. Mint, lemon, dan jahe, terbukti meredakan gejala morning sickness ketika dimakan atau sekedar dihirup baunya.

    • Jernihkan pikiran. Kurangi stres dengan menggunakan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga pranatal.

  2. Efek Samping Kehamilan: Heartburn

    Yang Harus Dimakan: Pisang

    Makanan asam bisa mengakibatkan heartburn, buah yang rendah asam seperti pisang dan melon, dapat mengurangi gejala heartburn. Memang sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung asam, tapi saat hamil, pemicunya bukan semata dari makanan. Perhatikan apa yang Anda makan dan kapan memakannya. Anda mungkin perlu menghindari makanan pedas dan jangan makan menjelang waktu tidur karena bisa menyebabkan heartburn. Juga jangan berbaring setidaknya satu jam setelah makan. Anda bisa gunakan beberapa bantal untuk menopang tubuh di posisi yang nyaman dan siapkan antacid untuk berjaga-jaga.

  3. Efek Samping Kehamilan: Kelelahan

    Yang Harus Dimakan: Bayam

    Wajar bila ibu hamil mengalami kekurangan zat besi atau anemia. Kekurangan zat besi akan membuat Anda semakin lelah. Anda lebih beresiko mengalami ini bila jarak kehamilan antar anak cukup dekat atau Anda seorang vegetarian. Vegetarian cenderung memiliki tingkat vitamin B12 dan zat besi lebih rendah. Menambahkan makanan yang kaya zat besi bisa membantu meningkatkan energi, termasuk daging merah, sayuran hijau seperti bayam dan sereal fortifikasi. Tanyakan dokter apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen zat besi.

    Asupan cairan yang cukup membantu tingkat energi tetap terjaga. Ketika mengalami dehidrasi, darah menjadi lambat bergerak ke seluruh tubuh, membuat Anda merasa lesu. Selain minum air, Anda juga bisa makan sup, buah, dan sayur untuk meningkatkan asupan cairan. Tapi ingat ya Bun, Anda sedang hamil dan wajar bila merasa  lelah di trimester pertama. Istirahatlah yang cukup dan Anda akan merasa  lebih berenergi saat memasuki trimester kedua.

  4. Efek Samping Kehamilan: Susah Tidur

    Yang Harus Dimakan: Susu

    Satu gelas teh tanpa kafein atau susu hangat sebelum tidur membantu Anda istirahat lebih baik. Hindari coklat panas bila Anda sensitif terhadap kafein. Coklat mengandung kafein meski jumlahnya sedikit, jadi menyeruput susu plain akan lebih baik untuk Anda.

    Secara umum, kafein harus dibatasi selama kehamilan menjadi kurang dari 200 mg per hari. Menghindari kafein membantu Anda mendapat tidur yang dibutuhkan. Bila tidak bisa menghindari kafein atau kebiasaan minum teh, coba untuk tidak minum teh di sore menjelang malam, karena lebih mungkin mengganggu tidur. Gunakan bantal tambahan di malam hari untuk membuat Anda merasa lebih nyaman dan tidur lebih baik. Letakkan bantal kehamilan atau bantal kecil di antara lutut untuk meringankan nyeri punggung.

  5. Efek Samping Kehamilan: Konstipasi

    Yang Harus Dimakan: Buah dan Sayur

    Pembuluh darah yang bengkak pada anus atau rektum adalah kondisi normal selama kehamilan, khususnya di trimester ketiga, ketika rahim menekan panggul. Para calon ibu biasanya juga mengalami konstipasi yang dapat menyebabkan atau memperparah hemoroid karena mengejan selama buang air besar. Bila mengalami hemoroid, coba atasi dengan cara alami berikut:

    • Salah satu cara mencegah hemoroid adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Sumber serat bisa berasal dari buah dan sayur.

    • Duduk di bak berisi air hangat selama 10 hingga 15 menit beberapa kali dalam sehari.

    • Pilih tisu toilet yang tidak mengandung pengharum.

    • Gunkan kompres hangat.

    • Duduk di bantal berbentuk donat bisa membantu meringankan tekanan pada area rektum.

    Kacang, berry, dan brokoli dapat meningkatkan asupan serat, untuk melancarkan buang air besar. Sarapan sereal dan oatmeal yang kaya serat juga jadi cara mudah meredakan gejala kehamilan yang satu ini.  Selalu sediakan gelas atau botol berisi air putih dan minum sesering mungkin. Hidrasi penting untuk menjaga sistem pencernaan berjalan lancar. Berkonsultasilah dengan dokter tentang vitamin yang mengandung pelembut feses, yang bisa mengatasi konstipasi.

  6. Efek Samping Kehamilan: Masalah Perut

    Yang Harus Dimakan: Yoghurt

    Janin membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang, fungsi otot, dan saraf, sedangkan  Anda membutuhkannya untuk tetap kuat. Selain itu, yoghurt juga mengandung protein dan folat. Bakteri baik pada yoghurt bisa membantu mencegah masalah perut serta infeksi ragi yang biasa terjadi selama kehamilan. Anda bisa mencampur yoghurt dengan buah menjadi smoothie.

  7. Efek Samping Kehamilan: Butuh Asupan Vitamin

    Yang Harus Dimakan: Alpukat

    Alpukat mengadung folat, potasium, vitamin C, dan vitamin B6 yang membantu pertumbuhan otak janin juga meredakan morning sickness. Alpukat jadi cara yang enak untuk mendapat vitamin yang Anda butuhkan. Tapi ingat, Bun, alpukat tinggi kandungan lemak dan kalori. Jangan berlebihan mengonsumsinya, kecuali Anda perlu menambah berat badan.

  8. Efek Samping Kehamilan: Kram Kaki

    Yang Harus Dimakan: Mangga

    Mangga mengandung lebih banyak vitamin A dan C dibanding salad. Mangga jadi pilihan yang tepat bila Anda menyukai makanan manis. Seperti buah tropis lain, mangga juga mengandung magnesium yang bisa meredakan gejala kehamilan seperti kram kaki. Coba nikmati mangga dalam bentuk smoothie.

  9. Efek Samping Kehamilan: Sakit Kepala

    Yang Harus Dimakan: Makanan Kecil

    Seperti kebanyakan gejala kehamilan, sakit kepala biasanya disebabkan perubahan hormonal, kelelahan, dan perubahan tingkat gula darah. Taktik terbaik untuk menghindarinya adalah makan dalam jumlah sedikit tapi sering sepanjang hari, istirahat yang cukup, dan menghindari pemicu sakit kepala. Ketika mengalami sakit kepala, coba alternatif berikut untuk meredakannya: ​

    • Berbaring dan gunakan kompres dingin di dahi.

    • Minta pasangan atau teman untuk memijat bahu dan leher Anda.

    • Berlatih teknik relaksasi. Bernafas dalam, yoga, atau meditasi bisa membantu meredakan sakit kepala.

    • Akupunktur. Penelitian menunjukkan akupunktur selama hamil dapat meredakan sakit kepala. 

(Ismawati)