Kehamilan

17 Pertanyaan Tentang Kesehatan Gigi Saat Hamil

17 Pertanyaan Tentang Kesehatan Gigi Saat Hamil

Tubuh yang sehat menjadi penting demi keberhasilan dalam kehamilan. Gigi dan gusi yang sehat bukan pengecualian dan kurangnya kesehatan di area ini bisa memicu masalah bagi Anda dan bayi. Bahkan gigi yang sehat bisa mengalami masalah seiring waktu. Menggosok gigi secara teratur menjadi awal yang baik, tapi untuk mengetahui kondisi gigi secara lengkap, pemeriksaan teratur sangatlah penting.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul seiring datangnya masalah pada gigi dan mulut selama kehamilan. Simak yuk, siapa tahu salah satunya jadi pertanyaan dalam benak Anda selama ini.

  1. Pada Tahap Kehamilan Mana Saya Perlu Kontrol Ke Dokter Gigi?

    Anda perlu kontrol ke dokter gigi di tahap persiapan kehamilan agar Anda bisa fokus pada kehamilan dan tidak khawatir tentang sesuatu yang tidak pasti. Bila sekarang Anda sedang hamil dan belum mengunjungi dokter gigi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Pemeriksaan preventif terdiri dari seluruh pemeriksaan visual dan dua kali x-ray.

  2. Saya Tidak Merasakan Sakit, Tidak Ada Pendarahan, Dan Saya Merasa Tidak Ada Yang Salah, Apakah Saya Masih Perlu Ke Dokter Gigi Untuk Memeriksakan Gigi?

    Banyak masalah pada gigi dan gusi tidak terasa sakit hingga kondisi tersebut menjadi semakin rumit dan memakan biaya banyak untuk diatasi. Uang terbaik yang dihabiskan di klinik gigi adalah untuk pemeriksaan secara teratur. Diagnosa yang Anda lakukan sendiri untuk masalah gigi dan gusi sangat tidak bisa dipercaya.

  3. Saya Tidak Punya Referensi Untuk Dokter Gigi Yang Baik, Bagaimana Cara Menemukannya?

    Cara terbaik untuk menemukan dokter gigi yang tepat adalah dengan meminta rekomendasi dari teman dan keluarga.

  4. Bagaimana Cara Mengetahui Dokter Gigi Yang Baik?

    Anda akan merasa nyaman dengannya, ia harus punya waktu untuk mendengarkan dan menjelaskan pertanyaan Anda. Jika mulut Anda memerlukan perhatian, Anda akan disarankan tentang apa yang perlu dilakukan, apa yang baik, dan efek apa yang Anda punya pada bayi. Jangan takut untuk menanyakan prediksi harga. Tak apa jika Anda perlu mencari second opinion. Anda sebaiknya menyiapkan daftar pertanyaan sebelum bertemu dokter gigi agar tidak lupa untuk menanyakannya.

  5. Apakah Saya Boleh Menjalani Penyinaran Gigi Dengan Sinar-X Selama Hamil?

    Penyinaran gigi dengan sinar-X dianggap aman, bayi terlindungi dengan baik di dalam rahim, tapi ada kecenderungan untuk menghindari hal ini baik dari sisi ibu maupun dokter. Jadi penyinaran ini biasanya dilakukan untuk kondisi darurat ketika keuntungan bagi ibu lebih besar dibanding resiko pada bayi.

  6. Gusi Saya Berdarah, Apakah Itu Normal?

    Kondisi ini paling sering terjadi antara kehamilan usia 2 hingga 8 bulan, dan 30 hingga 100 persen wanita akan mengalami gusi berdarah. Ini bisa dicegah dengan melakukan perawatan di rumah atau pembersihan oleh dokter gigi. Gusi yang berdarah selama hamil dikarenakan peningkatan hormon estrogen dan progesteron, yang membuat gusi menjadi lebih sensitif. Beberapa wanita akan mengalami masalah sinus, menyebabkan mereka bernafas melalui mulut pada malam hari. Hal ini menyebabkan kekeringan pada selaput lendir, yang pada gilirannya menyebabkan peradangan terutama di sekitar gigi depan atas.

  7. Apa Yang Bisa Saya Lakukan Di Rumah Untuk Mengatasi Gusi Yang Berdarah?

    Dokter gigi Anda memerlukan lebih dari satu kali kunjungan untuk mengatasi masalah pada gusi. Penting untuk mengikuti aturan kebersihan saat menggosok gigi, penggunaan benang gigi, dan cara membilas yang sesuai. Dokter gigi bisa menyarankan langkah yang tepat bagi Anda. Penggunaan benang gigi dinilai cukup efektif untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, pola makan sehat yang seimbang bisa menghilangkan kemungkinan kekurangan nutrisi.

  8. Saya Mengalami Morning Sick Dan Selalu Muntah, Apakah Ini Buruk Bagi Gigi Saya?

    Asam dari perut bisa benar-benar merusak gigi, bahkan refluks yang umum pada kehamilan bisa menyebabkan erosi pada email gigi, membuat gigi sensitif dan rentan terhadap kerusakan.

  9. Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Kerusakan Gigi Karena Muntah?

    Jangan gosok gigi Anda segera setelah muntah karena email gigi menjadi rentan dan lembut serta mudah rusak oleh gosokan yang kuat, jadi berkumurlah dengan cairan kumur yang akan membantu memberi mineral kembali pada kerusakan email yang disebabkan oleh asam.

  10. Dokter Gigi Saya Meresepkan Antibiotik, Apakah Aman Menggunakannya?

    Jika Anda atau dokter gigi Anda tidak yakin tentang keamanan obat yang diberikan maka ini perlu ditanyakan pada dokter kandungan Anda. Keuntungan penggunaannya perlu dibandingkan dengan resikonya. Penicillin sejauh ini dianggap aman (kecuali untuk kasus alergi), begitu juga codeine dan paracetamol, sedangkan aspirin mengandung obat yang tidak aman.

  11. Apakah Tambalan Perak Aman Untuk Saya Dan Bayi?

    Penambalan berbahan perak dianggap aman oleh WHO dan tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan hal sebaliknya. Meski begitu, ini masih menjadi masalah yang diperdebatkan, jadi ketika Anda merasa tidak nyaman mendapat tambalan perak diskusikan dengan dokter dan cari pilihan lain meski dengan harga yang lebih mahal. Bicarakan pilihan yang sesuai dengan dokter gigi Anda.

  12. Apakah Anestetik Lokal Aman Selama Kehamilan Dan Menyusui?

    Anestetik lokal selama kehamilan dan menyusui dinilai aman, dan meski tersekresi pada ASI, tidak menyebabkan efek negatif pada bayi, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, juga tidak berpengaruh pada selera bayi untuk menyusu.

  13. Apa Yang Perlu Saya Tahu Tentang Obat Dan ASI?

    Anestetik lokal, bahan material untuk tambalan gigi, dan obat lain yang digunakan selama perawatan gigi rutin dinilai aman. Meski kebanyakan obat akan muncul dalam ASI, beberapa jenis obat yang bukan untuk pengobatan gigi terkonsentrasi di ASI. Jika perlu menggunakan obat yang mengganggu ASI maka sebelumnya Anda bisa memompa ASI lalu menyimpannya dalam lemari pendingin dan digunakan dalam 24 hingga 48 jam setelahnya.

  14. Apa Yang Harus Saya Lakukan Jika Muncul Masalah Dengan Wisdom Teeth Alias Gigi Graham Bungsu?

    Wisdom teeth menjadi sumber utama yang potensial untuk infeksi di mulut dan bisa mengakibatkan masalah serius ketika terinfeksi. Sering kali sulit untuk diprediksi ketika gigi ini akan terinfeksi atau kapan akan terjadi. Karenanya, kadang pengangkatan gigi menjadi bentuk pencegahan infeksi terbaik. Ada resiko dalam pengangkatan beberapa wisdom teeth dan perlu dipertimbangkan kasus per kasus.

  15. Kenapa Nafas Saya Berbau Tidak Sedap?

    Kondisi ini bisa memiliki banyak penyebab baik yang ringan atau lebih serius. Sebagai permulaan, perhatikan cara menyikat gigi dan penggunaan benang gigi, gunakan kumur mulut, dan beri gosokkan pada lidah, gusi, pipi, dan langit-langit dengan sikat yang berbulu halus dan besar. Masalah sinus juga bisa menyebabkan nafas berbau tidak sedap. Jika ini menjadi semakin bermasalah, hubungi dokter gigi Anda untuk mengetahui secara pasti penyebabnya.

  16. Selama Hamil Saya Suka Sekali Ngemil, Apakah Ini Buruk Untuk Gigi Saya?

    Kebiasaan ngemil berarti makanan dikonsumsi secara berlebihan, karenanya kandungan gula atau sejenisnya meningkatkan kebutuhan Anda untuk bertanya pada dokter cara untuk meminimalisir kerusakan pada gigi.

  17. Apakah Kandungan Florida Aman Selama Hamil?

    Sumber florida paling baik berasal dari air, Anda bisa memeriksa apakah sumber air di rumah sudah mengandung florida yang memadai. Jika tidak, Anda bisa menggunakan gel florida topikal yang tersedia di toko obat.


(Ismawati)