Kehamilan

4 Rekomendasi Rumah Sakit Bayi Tabung Jakarta dan Biayanya

4 Rekomendasi Rumah Sakit Bayi Tabung Jakarta dan Biayanya

Mencari rumah sakit bayi tabung terbaik adalah hal yang dilakukan pasangan suami istri jika dalam waktu lama belum dikaruniai momongan juga. Pasalnya, masalah infertilitas merupakan masalah yang jaman dialami oleh pasangan suami istri di Indonesia. Mana saja yang menjadi rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta?

4-rekomendasi-rumah-sakit-bayi-tabung-jakarta-dan-biayanya-1

Berdasarkan data SDKI 2012, Angka Fertilitas Total di Indonesia menunjukkan bahwa fertilitas orang yang tinggal di perkotaan (2,6)  lebih rendah daripada orang yang tinggal di pedesaan (2,8).

Bahkan, perkiraan terbaru tentang tingkat infertilitas di Indonesia mencapai angka 12% hingga 22% dari total populasi usia reproduksi. Tingkat infertilitas di Indonesia mencapai 15% atau sekitar 6 juta wanita Indonesia atau memiliki masalah reproduksi tertentu.

Salah satu cara yang dilakukan pasangan yang tak kunjung mendapat momongan adalah program bayi tabung atau yang dikenal dengan in Vitro Fertilization (IVF) di rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta.

Berikut rekomendasi rumah sakit bayi tabung terbaik beserta biaya bayi tabung di Jakarta!

1. Morula IVF

4-rekomendasi-rumah-sakit-bayi-tabung-jakarta-dan-biayanya-2

Morula IVF adalah favorit untuk pasutri yang ingin melakukan program bayi tabung. Meski biaya bayi tabung di Morula IVF tergolong lebih mahal dari rumah sakit bayi tabung Jakarta lainnya, namun Morula IVF menawarkan pemeriksaan yang komprehensif dan lengkap sebelum melakukan program bayi tabung. Biaya bayi tabung di Morula IVF berada di kisaran Rp 60.000.000-70.000.000 juta per program. Harga ini lebih murah daripada melakukan program bayi tabung di luar negeri.

Hingga saat ini, ada lebih dari 1000 pasangan yang sukses melakukan program bayi tabung lewat Morula IVF, termasuk anak-anak selebritas tanah air seperti Cynthia Lamusu, Caca Tengker, Tya Ariestya, hingga April Jasmine.

Dengan biaya bayi tabung di Morula IVF yang bersaing, tak heran Morula IVF merupakan rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta.

Alamat:

THE BIC-BIC 2, 

Jl. Teuku Cik Ditiro No.11-12, RT.8/RW.2, Gondangdia, 

Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350.

021-29186133

2. Klinik Melati RSAB Harapan Kita

4-rekomendasi-rumah-sakit-bayi-tabung-jakarta-dan-biayanya-3

Rumah Sakit bayi tabung terbaik berikutnya adalah Klinik Melati RSAB Harapan Kita. Klinik ini sudah menangani program bayi tabung selama kurang lebih 24 tahun. Ternyata, klinik ini merupakan bagian dari RSAB Harapan Kita yang khusus menangani program bayi tabung. Angka keberhasilannya mencapai 30-40 persen dan sejajar dengan RS yang ada di Amerika dan Eropa. Pantas saja rumah sakit ini menjadi rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta.

Biaya bayi tabung di Jakarta di klinik Melati RSAB Harapan Kita ini bervariasi, yakni berkisar Rp 20.000.000-80.000.000. Harga yang dibanderol oleh klinik ini sesuai dengan hasil observasi pasangan dan penanganan yang harus dilakukan. 

Klinik Melati RSAB Harapan Kita adalah salah satu rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta yang sering menjadi favorit.

Alamat:

Klinik Melati RSAB Harapan Kita

Jl Letjen. S. Parman Kav 87, Kota Jakarta Barat, 11420.

021-5602137 atau 081210882966

3. RS Family Pluit

4-rekomendasi-rumah-sakit-bayi-tabung-jakarta-dan-biayanya4

Rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta berikutnya adalah RS Family yang berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Rumah sakit ini memiliki Klinik Family Fertility Center (FFC) yang khusus menangani program bayi tabung dan inseminasi. Biaya bayi tabung di Jakarta untuk Rumah Sakit ini berkisar dari Rp 20.000.000 hingga Rp 60.000.000. Harga yang ditawarkan oleh RS Family Pluit termasuk termurah dibandingkan rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta lainnya. Meski demikian, bukan berarti pelayanan yang diberikan tidak maksimal. Rumah sakit ini menawarkan berbagai program bayi tabung yang bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki tiap pasutri.

Berikut program bayi tabung yang disediakan RS Family Pluit:

a. Bayi tabung natural

Sel telur dibiarkan matang tanpa harus stimulasi sel telur dengan obat-obatan. Ibu hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 20.000.000-30.000.000  saja untuk mengikuti program bayi tabung natural ini.

b. IVM (In Vitro Maturation)

Program bayi tabung ini berupa melakukan pematangan sel telur di luar tubuh. Biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal, yakni sekitar Rp 40.000.000-50.000.000.

c. Modified MILD

Hampir sama dengan bayi tabung natural, program ini mengharuskan Ibu untuk mengonsumsi obat hormon. Dengan biaya yang tidak berbeda, harga bayi tabung natural sekitar Rp 20.000.000-30.000.000.

d. Long agonist, Antagonis, Antagonist + LH

Program bayi tabung ini paling mahal. Ibu harus menggelontorkan uang sebesar Rp 65.000.000 karena akan menggunakan obat stimulasi berdosis tinggi. Tidak hanya itu, biaya ini di luar harga skrining, HCG, dan cadangan telur, sperma, dan hormon.

Alamat:

Jl. Pluit Mas Raya 1 Blok A. 2A-5A, 

Jakarta Utara, 14450.

021-6695066 atau 6694990

4. RS Daya Medika

4-rekomendasi-rumah-sakit-bayi-tabung-jakarta-dan-biayanya-5

Rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta berikutnya adalah RS Daya Medika. Uniknya, rumah sakit ini kerja sama dengan PT. Ingin Anak yang menerapkan metode SMART, yakni Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive, and Technology.

Biaya program bayi tabung ini relatif murah dibandingkan rumah sakit yang menyediakan program bayi tabung lainnya, yakni berkisar Rp30.000.000 per siklus. Paket ini sudah termasuk stimulasi induk, pemantauan pertumbuhan, pematangan sel telur, pengambilan sperma, pembuahan, transfer embrio, dan lainnya. Harganya yang murah membuat rumah sakit ini masuk ke daftar rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta.

Alamat:

Klinik Daya Medika

Jln. Tomang Tol Raya Blok A1 No.16-18

Kedoya Selatan, Kebon Jeruk Jakarta Barat.

021-5812781

Itulah 4 rekomendasi rumah sakit bayi tabung Jakarta beserta biaya bayi tabung Jakarta. Mana yang sudah pernah Ibu coba?

Editor: Dwi Ratih