Kehamilan Dibaca 1,920 kali

8 Cara Untuk Tetap Merasa Cantik Saat Hamil

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati

Terakhir diperbaharui 13 Oktober, 2019 09:10

8 Cara Untuk Tetap Merasa Cantik Saat Hamil

Kehamilan bisa membuat Anda memiliki perasaan yang campur aduk. Meski ada rasa bahagia berkat adanya kehidupan baru dalam diri Anda, perubahan pada tubuh yang kian melebar bisa membuat Anda merasa aneh dan tidak cantik. Ketika payudara mulai membesar, garis pinggang yang menghilang, dan perut seolah membengkak, Anda pasti akan merindukan bentuk tubuh Anda sebelum hamil.

Tenangkan diri Bunda, sebenarnya waktu yang paling membuat frustrasi selama kehamilan adalah ketika perut mulai membuncit tapi Anda belum terlihat sedang hamil. Kondisi ini bisa menjadi lebih sulit bagi ibu hamil dengan tubuh besar yang memerlukan waktu lebih lama untuk terlihat hamil. Bertahanlah hingga trimester kedua, orang-orang bilang pada masa ini semua jadi lebih mudah. Nah, buat Bunda yang mulai khawatir dengan penampilan selama hamil, simak tips berikut ini yuk agar Anda tetap merasa cantik saat hamil.

1. Kejutan Menyenangkan Selama Kehamilan

Hal kecil yang bisa kita alami saat hamil adalah perlakuan orang-orang yang menjadi lebih sopan terhadap ibu hamil. Tiba-tiba saja mereka secara sukarela membantu ketika kita repot dengan kantong belanjaan. Mereka menahan pintu tetap terbuka agar kita bisa masuk. Ada saja yang memberikan bangku di dalam kereta atau bus. Dan semua orang tersenyum ramah pada Anda. Nikmati semua hal ini selagi terjadi, karena kesenangan yang berhubungan dengan kehamilan hanya bisa berlangsung beberapa bulan saja.

Beberapa hal lain yang juga Anda alami selama hamil antara lain:

  • Kuku tumbuh dengan cepat. Biasanya di kehamilan bulan ke empat, kuku-kuku Anda mulai tumbuh lebih cepat dari biasanya. Hormon kehamilan lah yang menjadi penyebabnya.

  • Rambut kepala menjadi subur. Selama trimester kedua, rambut Anda terlihat penuh dan sehat. Sebenarnya tidak ada rambut baru yang tumbuh, berkat hormon kehamilan, rambut rontok Anda jadi jauh berkurang.

  • Menjadi lebih terlihat “glowing”. Selama trimester kedua, kulit Anda terlihat lebih cerah dari biasanya. Perubahan hormon masih dianggap jadi penyebabnya. Tapi sebenarnya ini karena peningkatan pada volume darah yang mengakibatkan lebih banyak darah mengalir ke kulit, sehingga memberi kesan cerah dan bersinar.

  • Bagian payudara membesar. Umumnya ukuran cup akan bertambah hingga dua kalinya selama kehamilan.

  • Pasangan lebih bergairah. Percaya atau tidak, sebagian besar suami menyukai bentuk tubuh istrinya saat hamil. Para pria cenderung melihat sensualitas pada payudara yang membesar.

2. Tunjukkan Penampilan Terbaik Anda

Meski Bunda tidak merasakan hal-hal spesial di atas selama hamil, Anda bisa lakukan strategi berikut ini untuk terlihat cantik:

  • Tonjolkan hal positif dari diri Anda. Jika kaki Anda terlihat indah, tunjukkan dengan menggunakan gaun pendek. Punya lengan seperti artis Madonna? Pamerkan dengan baju tanpa lengan. Bangga dengan garis leher Anda? Pakai atasan dengan leher melebar.

  • Jaga berat badan pada rentang yang disarankan. Ibu hamil dengan berat badan normal akan bertambah 11-13 kg selama hamil. Biasanya Bunda hanya menambah berat beberapa kilo di trimester pertama dan sekitar ½ kg di setiap minggu selama kehamilan.

  • Sesekali manjakan diri Anda. Lakukan perawatan manicure, pedicure, membeli lipstik warna baru atau pakaian dalam yang Anda sukai.

Ada beberapa cara untuk membuat diri Anda merasa tampil cantik selama hamil:

  • Berolahraga. Olahraga saat hamil secara teratur bisa menguatkan tubuh bagian bawah dan juga membantu menghilangkan stres. Anda akan merasa lebih baik dalam hal penampilan. Olahraga juga membantu Bunda lebih mudah untuk kembali ke bentuk tubuh semula setelah melahirkan.

  • Mantra untuk diri sendiri, ini sesuatu yang dikatakan sebagai kekuatan pikiran positif. Mungkin terdengar konyol, tapi katakan pada diri Anda sendiri, “Saya ibu yang seksi” dan Anda akan mulai meyakininya.

  • Lakukan pijat hamil. Sentuhan bisa menyembuhkan dan menenangkan serta membuat tubuh Anda merasa nyaman. Lakukan pijat hamil selama kehamilan. Anda akan merasa dimanjakan dan merasa lebih bahagia.  

  • Selektif memilih komentar. Anda akan mendengar banyak komentar dari rekan kerja atau orang yang tidak dikenal tentang perut Anda yang membuncit serta bentuk tubuh Anda yang membuat Anda tidak senang mendengarnya. Saring komentar yang Bunda dengar, pilih saja komentar yang positif dan bisa Anda terima, lalu buang sisanya.

3. Jangan Remehkan Kekuatan Make-Up

Make-up bisa menciptakan keajaiban selama hamil. Make-up bisa digunakan sebagai alat untuk tampil cantik. Hal ini penting selama hamil, terutama ketika banyak ibu hamil merasa kehilangan kontrol terhadap tubuh mereka. Jadi silakan gunakan make-up dan bersenang-senanglah. Bunda bisa mencoba eye shadow dengan warna baru, misalnya. Lagi pula make-up bisa dibersihkan, sifatnya tidak permanen. Ini cara yang patut dicoba untuk memberi Anda sentuhan cantik yang cepat.

4. Lakukan Perawatan di Salon

Mani-pedi atau facial bisa meningkatkan semangat dan memunculkan pancaran diri Anda. Datanglah ke salon yang menyediakan pijat untuk ibu hamil. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain dipijat oleh orang lain dan merasa seperti ratu selama satu atau dua jam. Jika Anda tidak punya anggaran untuk datang ke salon, lakukan perawatan sendiri di rumah, atau ajak beberapa teman untuk saling merawat tubuh.

5. Fashionable Selama Hamil, Kenapa Tidak?

Sekarang ini banyak sekali tersedia pakaian hamil yang bisa membuat Anda terlihat modis selama hamil. Dengan begitu banyak pilihan, tidak akan sulit menemukan yang cocok dengan gaya Anda. Satu petunjuk yang bisa membantu, gunakan warna hitam, warna ini cocok untuk dikenakan dalam berbagai situasi, termasuk untuk para calon ibu. Tambahkan sedikit aksen pada warna dasarnya dengan perhiasan warna terang, scarf sutra warna cerah, atau dengan kombinasi cardigan.

6. Jangan Lupa Merawat Kulit

Hormon kehamilan juga berdampak pada kondisi kulit Anda. Anda bisa terlihat cantik dan bersinar, tapi bisa juga kulit menjadi lebih kering dari biasanya dan muncul bercak-bercak. Pelembab yang baik bisa membantu merawat kulit Anda yang kering, termasuk pada bagian perut.

Hal terbaik untuk mencegah rasa gatal ketika perut mulai membesar adalah dengan menjaga kelembapannya. Bunda mungkin ingin mencoba krim perut, yang berfungsi mencegah timbulnya stretch marks. Meski banyak ahli yang mengatakan produk ini tidak berhasil, banyak ibu yang mengakui khasiat krim ini.

7. Jangan Buru-Buru Merubah Gaya Rambut

Beberapa ibu hamil merasa tekstur rambut mereka berubah dan menjadi lebih bersinar. Jika Anda sudah memiliki rambut yang tebal dan takut tidak bisa mengaturnya, Anda bisa memilih potongan rambut pendek agar lebih mudah diatur selama hamil. Tapi perubahan ini tidak perlu secara permanen dan drastis. Jangan lakukan perubahan yang drastis. Kalau mau mengubah gaya rambut, konsultasikan dulu pada penata rambut Anda agar mendapat potongan rambut yang sesuai. Anda bisa menggunakan aksesoris rambut seperti jepit atau bando, tapi jangan berlebihan menggunakannya ya Bun, sedikit saja sudah cukup.

8. Beri Sugesti Positif Pada Diri Sendiri

Jika semua gagal dilakukan, ingatkan diri Anda bahwa meski Anda tidak bisa lagi menggunakan gaun yang ramping atau jeans kesayangan Anda saat ini, Anda masih tetap cantik. Kecantikan adalah keanggunan, bukan hanya terpatok pada tampilan, ukuran, atau berat badan. Anda bersinar, Anda hamil, dan Anda cantik.

(Ismawati)