Kehamilan

Arti 3 Mimpi Yang Sering Dialami Ibu Hamil di Trimester Kedua

Arti 3 Mimpi Yang Sering Dialami Ibu Hamil di Trimester Kedua

Mimpi saat hamil bukan hanya sekedar kreasi pikiran yang tanpa makna. Mimpi-mimpi ini merefleksikan kondisi emosional Anda. Pada trimester kedua kehamilan, kondisi hormonal Anda mulai berkurang. Mimpi yang Anda alami juga sudah lebih stabil dibanding pada trimester pertama. Emosi berlebihan yang mengalir pada mimpi Anda di awal kehamilan sudah mulai menghilang.

Saat hamil, mungkin Bunda bermimpi menjalani persalinan atau membawa begitu banyak tas di pundak. Beberapa jenis mimpi biasanya muncul pada tahap kehamilan tertentu. Tapi apa sebenarnya arti di balik mimpi yang para ibu hamil alami? Teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui apa sebenarnya arti dari mimpi-mimpi Anda.

Arti mimpi pada kehamilan trimester kedua bisa dilihat polanya. Tiga tema umum mimpi pada kehamilan trimester kedua, antara lain:

1. Mimpi Tentang Bayi Binatang

Selama trimester kedua, mimpi ibu hamil berisi binatang yang mirip dengan bayi seperti anak anjing, ayam, atau kucing. Ada banyak versi dari mimpi jenis ini dan artinya juga bisa bermacam-macam. Semua bergantung pada perilaku atau situasi yang Anda jalani, binatang dalam mimpi Anda bisa yang membahayakan atau yang menggemaskan. Misalnya seorang ibu hamil bermimpi berkunjung ke rumah orang tuanya. Di sana dia melihat hewan peliharaan yang membuatnya takut untuk mendekat karena khawatir dengan gigitannya.

Jenis hewan yang Anda mimpikan merefleksikan perasaan Anda terhadap calon bayi. Anak anjing yang lucu bisa menandakan rasa kasih sayang, tapi bayi ular yang mengerikan berarti ada rasa khawatir dalam diri Anda tentang si bayi. Bisa juga muncul mimpi bayi binatang dengan figur manusia yang berarti Anda sedang mencoba membayangkan seperti apa rupa bayi Anda nantinya. Ini wajar saja, bayi yang baru lahir memang belum terlalu mirip dengan manusia kan Bun jadi cukup logis mengasosiasikannya dengan bayi binatang. Lagi pula, gambaran janin yang Anda saksikan pada USG terlihat seperti ikan yang berenang-renang.

Kehadiran binatang yang ramah dalam mimpi umumnya dianggap mewakili hubungan yang baik antara pemimpi dengan instingnya. Pada sebagian besar mimpi ibu hamil, binatang yang ada dalam mimpi berkarakter ramah dan lucu. Binatang dalam mimpi Anda bisa berupa hewan laut atau darat.

2. Mimpi Erotis

Pada trimester kedua kehamilan, kehidupan seks Anda semakin terbatas. Hal ini memberi dampak pada mimpi Anda. Anda mungkin terbangun dan merasa malu dengan mimpi erotis yang Anda alami. Mimpi terasa begitu nyata sehingga Anda merasa bingung dengan sosok yang ada dalam mimpi dan fantasi Anda. Jangan cemas, mimpi ini adalah cara untuk mengatasi kekurangan gairah seksual Anda dalam kehidupan nyata. Tidak ada yang salah ketika mengalami mimpi ini. Tapi jika Anda tidak menginginkannya, Anda perlu mencari cara untuk membuat kehidupan cinta Anda di kehidupan nyata lebih menyenangkan. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum menarik kesimpulan sendiri.

Mimpi erotis cenderung lebih sering terjadi selama 3 bulan terakhir kehamilan. Alasan terjadinya mimpi erotis pada ibu hamil cukup bervariasi. Kebanyakan calon ibu merasa khawatir tentang perubahan tubuh yang mereka alami serta efeknya pada kehidupan seks. Hubungan seks lebih terasa ganjil selama bulan-bulan akhir kehamilan. Sebagai ganti dari kurangnya intensitas seks, calon ibu kadang menerima kompensasinya dalam bentuk mimpi.

Ibu hamil sering merasa diri mereka tidak lagi menarik bagi pria. Jangankan untuk tampil menarik, mereka perlu berpegang pada sesuatu untuk bangkit dari tempat duduk, mata kaki yang membengkak, dan semakin kesulitan untuk menggerakkan diri. Mimpi erotis selama hamil sekedar untuk memberi ketenangan dan kenyamanan dari kondisi yang sedang mereka alami. Jangan khawatir Bun, Anda tetap cantik dan seksi kok.  

3. Mimpi Suami Berselingkuh

Mimpi lain yang dialami ibu hamil adalah tentang pasangan yang tidak setia. Ibu hamil merasa saat hamil adalah waktu bagi pasangan untuk selingkuh. Perasaan ini terpicu oleh kondisi tubuh yang kian membesar pada trimester kedua. Rasa tidak nyaman tentang penampilan Anda menjadi alasan mimpi ini terjadi. Rasa tidak nyaman dan kecemasan ini bisa Anda lewati bila pasangan bisa bersikap mendukung. Arti mimpi Anda dengan jelas mengindikasikan kondisi emosi Anda.

Kadang calon ibu merasa tersiksa dengan mimpi buruk tentang suami yang berselingkuh. Atau ia memimpikan sosok wanita lain yang ingin mengambil pasangan dari sisinya. Mimpi semacam ini adalah ungkapan kegelisahan tentang cinta dan perhatian suami saat sedang terjadi perubahan besar. Ibu hamil memang menjadi lebih sensitif, menjadi lebih tergantung, dan lebih membutuhkan dukungan terutama dari pasangannya.

Bagi sebagian wanita, kegelisahan ini bisa dilewati. Bahkan banyak wanita yang mempersiapkan diri untuk melahirkan dan menjadi ibu lebih menjalin ikatan yang dekat dengan pasangan. Wanita yang memahami perasaan suami yang terabaikan akan menemukan cara untuk menyertakan suami dalam mempersiapkan diri menjadi orang tua.

   
(Ismawati)