Kehamilan

Ayah Wajib Tahu! Ini 9 Peran Suami Saat Istri Hamil

Ayah Wajib Tahu! Ini 9 Peran Suami Saat Istri Hamil

Tahukah kamu bahwa peran suami saat istri hamil begitu besar? Hal ini dikarenakan kehamilan merupakan proses yang panjang, serta melelahkan bagi wanita. 

Bayangkan saja, selama 9 bulan lamanya wanita harus mengalami perubahan drastis di dalam kehidupannya sehari-hari. Kondisi ini yang membuat peran suami saat istri hamil sangat dibutuhkan.

Peran suami saat istri hamil tidak hanya sekadar mengantarkannya pergi ke dokter kandungan untuk kontrol rutin, lho! Lebih dari itu, peran suami saat istri hamil sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. 

Bahkan, peran suami saat istri hamil juga berpengaruh pada proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Jadi, apa saja peran suami saat istri hamil? 

1. Ikut belajar tentang kehamilan dari berbagai buku dan internet

Sebagai suami, tentu kamu harus banyak tahu segala sesuatu yang terjadi pada saat istri hamil. Artinya, meskipun bukan kamu yang sedang hamil, mempelajari segala aspek kehamilan perlu dilakukan. 

Kamu bisa membaca buku-buku, jurnal, maupun artikel blog terpercaya di internet sebagai sumber literasi tentang kehamilan. Semakin seorang suami terdidik terkait dengan berbagai aspek kehamilan, semakin banyak keputusan tepat yang bisa dibuat.

2. Memahami perubahan suasana hati istri

Peran suami saat istri hamil selanjutnya, yaitu memahami perubahan suasana hati istri. Perlu diketahui, perubahan hormon selama masa kehamilan bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman dan mudah lelah. 

Akibatnya, perubahaan suasana hati istri jadi tidak menentu. Alih-alih menyikapi kondisinya dengan emosi, sebaiknya kamu bersikap lebih lemah lembut ketika istri sedang hamil agar suasana hatinya membaik.

3. Membangun ikatan emosional dengan si kecil sejak dalam kandungan

Dikutip dari Psychology Today, anak-anak yang memiliki Ayah yang terlibat secara aktif sejak mereka masih dalam kandungan cenderung lebih aman secara emosional, percaya diri untuk menjelajahi lingkungan sosialnya, dan seiring bertambahnya usia, mereka mampu memiliki hubungan sosial yang lebih baik. 

Oleh karena itu, peran suami saat istri hamil sangat dibutuhkan demi terciptanya ikatan emosional antara Ayah dan anak sejak dini.

4. Memperhatikan pola makan dan asupan gizi istri

Morning sickness di awal kehamilan sering membuat ibu hamil enggan makan. Padahal, janin di dalam kandungannya membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Di sinilah peran suami saat istri hamil sangat dibutuhkan. Suami bertugas memperhatikan pola makan dan asupan gizi sang istri. Jika memungkinkan, suami juga bisa memasakkan menu makanan favorit istri agar lebih berselera makan.

5. Memastikan waktu istirahat istri teratur dan berkualitas

Peran suami saat istri hamil juga dibutuhkan demi memastikan waktu tidur sang istri berjalan teratur dan berkualitas. Pasalnya, dilansir dari laman Very Well Health, kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan, dan juga berdampak kritis pada Ibu hamil. 

Diperkirakan bahwa gangguan tidur bisa terjadi pada 10% Ibu hamil di seluruh dunia. Padahal, kurangnya waktu istirahat bisa memicu tekanan darah tinggi, preeklampsia, hingga diabetes gestasional pada Ibu hamil. 

6. Ajak istri babymoon

Berbicara tentang peran suami saat istri hamil tentu tidak bisa terlepas dari hal-hal yang bisa dilakukan untuk membahagiakan hati sang istri. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengajak istri babymoon. 

Persis seperti namanya, babymoon berarti mengajak istri liburan sebelum bersalin. Nah, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini kamu tetap bisa lho mengajak istri babymoon dengan staycation di hotel. Dengan begitu, suasana hatinya jadi lebih baik terutama menjelang persalinan.

7. Turuti permintaan ngidamnya!

Terlepas dari mitos atau fakta tentang ngidam, ada baiknya jika sebisa mungkin kamu menuruti permintaan istri yang sedang hamil. Beberapa Ibu hamil mungkin menginginkan suatu makanan, pergi ke suatu tempat, atau sekadar menyentuh suatu benda. 

Selama masih masuk akal dan tidak membahayakan keselamatan istri dan janin dalam kandungannya, turuti saja ngidamnya!

8. Bantu menyelesaikan pekerjaan rumah

Membantu istri menyelesaikan pekerjaan rumah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tanpa harus menunggu istri hamil. Pasalnya, menyapu, memasak, mencuci piring dan baju, menyetrika, serta membersihkan WC, pada dasarnya adalah basic life skill yang bisa dilakukan oleh setiap individu. 

Jadi, peran suami saat istri hamil adalah meringankan tugasnya, seperti mencucikan piring istri setelah ia selesai makan. Bentuk perhatian ini tentu bisa membuat suasana hati istri yang sedang hamil jadi lebih nyaman.

9. Jadilah pendengar yang baik

Satu lagi, peran suami saat istri hamil yang juga tidak kalah penting. Jadilah pendengar yang baik setiap kali istri mengeluhkan perubahan kondisi tubuhnya. Jangan sekali-sekali menanggapi keluhan istri yang sedang hamil dengan kalimat-kalimat yang justru bisa menyinggung perasaannya. 

Bagaimanapun juga, saat hamil tubuh istri tidak sepenuhnya milik istri. Ada tanggung jawab besar dimana ia harus memastikan janin di dalam kandungannya tetap sehat dan optimal tumbuh kembangnya.

Ternyata banyak juga ya peran suami saat istri hamil? Lantas, apa saja yang sudah kamu lakukan untuk istrimu? Semoga informasi tadi bisa membantu kamu agar bisa berperan aktif dan optimal dalam mendukung kehamilan istri.

Editor: Dwi Ratih