Kehamilan

Banyak Manfaatnya! 10 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Bikin Ngiler

Banyak Manfaatnya! 10 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Bikin Ngiler

Bicara soal nutrisi kehamilan, salah satu makanan yang direkomendasikan adalah buah untuk Ibu hamil. Karena makanan yang dikonsumsi hendaknya tidak hanya mengenyangkan tapi juga memenuhi asupan kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin. Kebutuhan kalori Ibu hamil yang meningkat sebaiknya diisi dengan makanan kaya vitamin, mineral dan serat. Termasuk juga air yang cukup dan diimbangi protein, karbihidrat dan lemak sehat.

Laman Healthline menyebutkan bahwa selain bernutrisi, buah untuk Ibu hamil dapat membantu meredakan konstipasi. Konstipasi sering dialami Ibu hamil, utamanya yang telah memasuki trimester ketiga. Selain itu, keinginan ngemil juga bertambah kan, bu? Nah, supaya ngemil lebih berfaedah, nggak ada salahnya memilih buah sebagai pereda lapar sekaligus pengisi nutrisi. Sehingga penambahan berat badan Ibu dan janin fokus pada nutrisi, bukan gula dan lemak.

Nutrisi Pada Buah Untuk Ibu Hamil

Dilansir dari What to Expect, Ibu hamil membutuhkan nutrisi berikut untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin:

  1. Asam folat, untuk pembentukan tabung syaraf;
  2. Zat besi, yang kebutuhannya saat hamil meningkat dua kali lipat. Fungsinya untuk pembentukan sel darah merah yang membawa suplai oksigen ke janin;
  3. Kalsium, untuk pembentukan tulang, gigi, otot dan syaraf;
  4. Vitamin D, untuk mendukung kerja kalsium dan menjaga imun; dan
  5. Yodium, mendukung kerja otak dan sistem syaraf.

Mineral dan vitamin tersebut bisa ditemukan dalam buah-buahan. Nah, sekarang kita ihat yuk buah untuk ibu hamil apa ya yang cocok dikonsumsi?

Rekomendasi Buah untuk Ibu Hamil

Mengingat banyaknya manfaat buah untuk ibu hamil, simak yuk daftar buah favorit yang kaya nutrisi dan lezat berikut:

1. Alpukat

Alpukat menjadi buah yang paling direkomendasikan bagi Ibu hamil karena kandungannya yang tinggi folat. Folat sangat dibutuhkan Ibu hamil untuk pembentuka tabung syaraf janin. Kadar konsumsinya tinggi sekali, sehingga Ibu hamil juga diresepkan asam folat (turunan folat) oleh dokter. Tetapi, mengimbangi asupan folat alami dari alpukat juga baik. Selain itu, lemak baiknya dapat menurunkan kadar kolesterol  dan baik untuk jantung Ibu. Kandungan berbagai macam vitamin dalam alpukat mampu membantu penyerapan nutrisi lebih baik. Sehingga Ibu dan janin mendapatkan nutrisi yang lengkap.

2. Buah Bit

Buah bit yang berwarna merah gelap sangat direkomendasikan sebagai buah untuk ibu hamil. Campuran buah bit dan strawberry yang dibuat jus dapat membantu meningkatkan sel darah merah yang membawa oksigen ke janin. Selain itu, buah bit mengandung potasium yang bantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Kandungan betalin pada buah bit juga baik untuk mencegah bengkak dan nyeri sendi.

3. Bermacam Buah Beri

Buah beri-berian mengandung karbohidrat yang lebih mudah diserap tubuh dibanding karbohidrat pada makanan olahan berdasar tepung. Buah ini mengandung phytonutrients yang membantu penyerapan vitamin C. Vitamin C sendiri juga ada dalam buah-buahan ini.

4. Pisang

Pisang kaya akan potasium, karbohidrat dan bantu Ibu hamil mengatasi sembelit. Pisang direkomendasikan sebagai buah untuk ibu hamil karena selain lembut dan mudah dikunyah, pisang juga mengenyangkan. Bila Ibu hamil mengalami mual dan kesulitan makan, pisang mampu membantu Ibu mencerna lebih baik dan tetap ternutrisi.

5. Apel

Apel disarankan sebagai buah untuk ibu hamil karena tinggi serat, kaya vitamin C dan A, serta memiliki kandungan prebiotik. Prebiotik ini disebut pectin. Prebiotik berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik di pencernaan. Selain itu, apel juga mengandung yodium. Yodium diperlukan Ibu hamil untuk kebutuhan perkembangan otak bayi.

6. Jeruk

Jeruk sangat menyegarkan. Kandungan airnya cukup banyak dan mampu menghidrasi Ibu hamil. Vitamin C nya juga banyak dan mampu mencegah kerusakan sel. Bahkan, siapa yang menyangka bahwa jeruk juga mengandung folat dan asam folat alami yang baik untuk pembentukan syaraf bayi. Untuk itu jeruk direkomendasikan sebagai buah untuk ibu hamil. Siapa nih yang langsung membayangkan segelas es jeruk peras diminum saat cuaca panas? Jangan lupa untuk memilih jeruk yang cukup manis dan hindari penambahan gula saat meminumnya, ya.

7. Srikaya

Hayoo, siapa yang terkejut kalo buah srikaya termasuk dalam rekomendasi buah untuk ibu hamil? Yes, srikaya, si buah musiman ini ternyata mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi. Kandungannya mampu mendukung perkembangan mata, rambut, kulit dan jaringan tubuh bayi, lho. Rasanya yang manis dan sensasi makannya yang tidak biasa membuat kegiatan nyemil bumil jadi menarik.

8. Semangka

Buah kaya air ini baik untuk ibu hamil karena mampu menyuplai kebutuhan cairan dan tinggi serat. Bila dikonsumsi rutin di trimester ketiga, semangka membantu meredakan heartburn dan tangan berkeringat yang sering dialami ibu hamil.

9. Sawo

Sawo buah manis musiman ini kaya karbohidrat, Vitamin A dan elektrolit. Ibu hamil yang kesulitan makan juga bisa mengkonsumsi buah ini, lho. Buah sawo mampu membantu meredakan mual, pusing dan muntah.

10. Mangga

Mangga direkomendasikan sebagai buah untuk ibu hamil karena mengandung flavonoid, antioksidan, kalium, folat dan berbagai jenis vitamin yang membantu mendukung perkembangan janin. Mangga yang dikonsumsi haruslah yang matang sempurna. Sebaiknya hindari memakan buah mangga yang diberi karbit ya. Karena akan membahayakan janin.

Konsumsi buah untuk ibu hamil sebaiknya dalam jumlah cukup, yaitu 1-2 porsi dalam sehari. Konsumsilah buah yang sehat dan bila memungkinkan bebas pestisida. Bila tidak bisa mengkonsumsi buah organik, cuci bersih dahulu menggunakan sabun khusus pembersih buah dan sayur untuk merontokkan pestisidanya. Selamat makan, bumil!

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih