Kehamilan

Buibu Wajib Tahu, Ini Pentingnya Protein bagi Ibu Hamil dan Menyusui!

Buibu Wajib Tahu, Ini Pentingnya Protein bagi Ibu Hamil dan Menyusui!

Sering diabaikan, manfaat protein ternyata besar peranannya untuk Ibu hamil dan menyusui, lho. Mengapa begitu? Sebab, pada kedua masa ini, protein sangat dibutuhkan tidak hanya untuk kesehatan Ibu, namun juga untuk perkembangan janin agar optimal serta meningkatkan kualitas ASI saat Ibu menyusui. 

Untuk itu, Ibu hamil dan menyusui perlu memperhatikan kandungan protein dari makanan yang dikonsumsi, agar masa kehamilan hingga menyusui dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari risiko kesehatan baik bagi Ibu maupun Sang Buah Hati. 

Lalu, apa saja hal-hal yang harus Ibu ketahui untuk memenuhi kebutuhan protein saat masa kehamilan dan menyusui? Berikut ulasannya! 

Manfaat Protein untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Untuk seseorang yang tidak hamil atau menyusui saja, protein dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup untuk menyumbangkan energi, membangun otot, menyembuhkan luka, dan membantu perbaikan sel tubuh. Begitu juga, untuk Ibu hamil dan menyusui, protein memiliki peranan yang sangat penting.

Dengan mengonsumsi cukup protein selama masa kehamilan akan mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Karena, dilansir dari What to Expect, asam amino yang terdapat di dalam protein, membantu pertumbuhan dan mendukung fungsi sel janin, lho! Bahkan terbentuknya kulit, rambut, kuku, dan otot  janin juga didukung oleh protein.

Nggak heran kalau konsumsi cukup protein membantu mengurangi risiko bayi gagal tumbuh atau pertumbuhannya terhambat, sampai kelahiran prematur. Dan, bukan cuma bayi yang mendapat manfaat protein, Ibu hamil pun juga.

Protein bermanfaat untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh sehingga tekanan darah Ibu lebih normal dan mengurangi risiko bengkak kehamilan.

Nah, bagaimana dengan Ibu menyusui? Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 menjelaskan bahwa protein akan membentuk masa otot Ibu dan mencukupi nutrisi dalam ASI. Mengingat produksi ASI mengambil semua nutrisi terbaik dari tubuh Ibu, Ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi cukup protein agar tubuhnya tetap sehat dan ASI untuk bayinya selalu tercukupi.

Tidak hanya itu, Kemenkes RI menyebutkan pemenuhan kebutuhan protein yang tercukupi dengan baik, juga efektif untuk mencegah stunting pada anak. Sebab, kekurangan protein hewani maupun nabati dapat berdampak pada kelahiran bayi dengan kondisi gizi kurang, yang bisa menyebabkan anak menjadi stunting

Sehingga, penting untuk memenuhi asupan protein sejak sebelum sampai setelah kelahiran. Terutama protein hewani karena protein hewani mengandung zat gizi lengkap seperti asam amino, mineral, dan vitamin yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Bagaimana jika Ibu Kurang Asupan Protein?


Ibu hamil yang kurang asupan protein berpotensi mengalami bengkak dan kekurangan nutrisi. Janin juga mengalami risiko pertumbuhan yang terhambat karena kurangnya zat yang membantu pembentukan sel tubuhnya. Selain itu, ada bahaya kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta pembentukan jaringan otot dan antibodi janin yang tidak optimal.  

Begitu juga dengan Ibu menyusui yang kekurangan protein, juga akan terdampak, lho! Produksi ASI jadi terganggu dan kesehatan tubuh Ibu juga tidak optimal. Inilah mengapa manfaat protein besar peranannya bagi Ibu hamil dan menyusui.

Banyaknya Protein yang Sebaiknya Dikonsumsi


Melansir dari hasil penelitian yang dilakukan di tahun 2021 tentang kebutuhan konsumsi protein Ibu menyusui, Ibu hamil trimester pertama dianjurkan mengonsumsi protein 0.8 gr/kg berat tubuh dan 1.1 gr/kg berat tubuh untuk Ibu hamil trimester kedua dan ketiga.

Sedangkan Ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi 1.05 gr/kg berat tubuh. Hitungan ini merupakan hitungan protein di dalam makanan, ya Bu, bukan berat dari makanan itu sendiri.

Jenis Protein yang Disarankan


Setelah kita mengetahui manfaat protein untuk Ibu hamil dan menyusui, yuk cari tahu bahan makanan apa yang baik untuk mencukupi kebutuhan protein harian Ibu.  

Tenang, Ibu ga perlu khawatir untuk menemukannya. Ga susah, kok! Ibu bisa mendapatkan sumber protein dari berbagai bahan alami, contohnya seperti jenis makanan di bawah ini:

1. Daging Ayam

Daging ayam merupakan sumber protein yang mudah didapat dan banyak orang suka. 100-150 gram sehari mampu memenuhi setengah dari kebutuhan protein harian Ibu. Untuk daging ayam seberat itu, Ibu bisa mendapatkan sekitar 26 gr protein, lho.

2. Daging Merah

Daging merah juga termasuk protein yang dianjurkan, nih Bu. Mengingat nggak hanya protein, tapi juga sumber zat besi yang besar peranannya untuk mengantarkan oksigen ke tubuh Ibu dan bayi. Eits, zat besi juga baik untuk produksi ASI dan mencukupi kebutuhan bayi ASI. Konsumsi 150 gr daging matang bisa memenuhi 22 gr kebutuhan protein harian Ibu.

3. Telur

1 butir telur menyumbangkan 6 gr protein untuk tubuh Ibu. Boleh banget untuk mengonsumsi 2-3 butir telur sebagai variasi makan sehari-hari ya, Bu. Sumber protein ini bahkan direkomendasikan Kementerian Kesehatan untuk diberikan pada anak setidaknya 1 butir setiap hari guna mencegah stunting.

4. Kacang dan Biji-bijian

Kabar baik untuk pecinta olahan kedelai. Tahu dan tempe memiliki cukup protein untuk kebutuhan Ibu, yaitu sekitar 30-34 gr protein setiap 300 gramnya. Kacang tanah, almond, mede dan biji-bijian juga sumber protein yang baik, lho Bu.

5. Produk Dairy

Siapa penyuka yoghurt dan susu? Produk dairy ini selain sebagai sumber protein juga sebagai sumber makanan tinggi kalsium. Sehingga nggak hanya kebutuhan protein yang terpenuhi tapi juga mineral untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Ikan

Sumber manfaat protein berikutnya adalah ikan. Ikan salmon, tuna, bandeng, gurami hingga ikan gabus sangat dianjurkan untuk dikonsumsi mengingat kadar proteinnya yang tinggi.

Wah, nggak nyangka ya kalau ikan gabus menjadi salah satu ikan tinggi protein yang direkomendasikan memenuhi kebutuhan protein harian. Kandungan albumin dalam ikan gabus juga bermanfaat dalam mempercepat sembuhnya luka.

Albusmin Memberi Manfaat Protein Ikan Gabus untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Kandungan protein yang tinggi pada Ikan Gabus sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk Ibu hamil dan menyusui. Namun seringkali yang terjadi justru Ibu kebingungan bagaimana cara mendapatkan asupan protein yang tepat. 

Kini, Ibu ga perlu bingung lagi, sebab Albusmin hadir sebagai solusi praktis untuk mencukupi kebutuhan protein Ibu. Karena Albusmin berasal dari daging ikan gabus liar, membuat Albusmin memiliki kadar Protein yang sangat tinggi serta lebih rendah lemak dibandingkan dengan produk ikan gabus yang ada dipasaran.

Bahkan saat mengonsumsi Albusmin, nggak cuma protein saja lho yang akan Ibu dapat, sebab Albusmin juga mengandung Albumin, Omega 3, Omega 6, Omega 9, Kalsium serta Asam Amino esensial dan non esensial yang dibutuhkan Ibu dan tumbuh kembang Sang Buah Hati. 

Harganya juga terjangkau dan sudah bersertifikasi Halal serta terstandar SNI, lho Bu! Ibu jadi ga perlu khawatir lagi deh untuk konsumsi Albusmin yang punya kebaikan manfaat protein dengan sekali hap.

Mau konsumsi sekarang? Yuk, kunjungi Century, Kimia Farma, dan apotek terdekat lainnya. Bisa juga dengan checkout di Shopee atau Tokopedia, loh Bu. 

Segera penuhi asupan Protein dengan konsumsi Albusmin setiap hari.