Kehamilan

Bukan Mitos! Ini 8 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil

Bukan Mitos! Ini 8 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil

Manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil dipercaya bisa membantu bayi tumbuh lebih cerdas. Benarkah demikian?

Perlu diketahui, ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung albumin. Satu ekor ikan gabus berukuran sedang memiliki kandungan albumin sebesar 33,07 persen, asam amino serta mineral lainnya yang penting untuk tubuh. 

Albumin sendiri merupakan protein yang diproduksi oleh organ hati. Albumin pada Ibu hamil dibutuhkan untuk mencegah risiko terjadinya pre-eklampsia, yang biasa ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan di kaki, hingga kejang-kejang.

Dilansir dari laman Medscape, di dalam tubuh manusia, albumin memiliki peran penting untuk menjaga 75% - 80% tekanan osmotik plasma. Protein album diketahui bertugas untuk membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin, dan enzim. 

Tak hanya itu saja, masih ada banyak manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil yang masih jarang diketahui. 

Berikut ini adalah sejumlah manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil. Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Meningkatkan kesehatan otak janin

Saat janin masih di dalam kandungan hingga berusia di bawah satu tahun, otak mereka berkembang pesat. Pada masa ini, Ibu diharapkan selalu memantau perkembangan bayi, termasuk menjaga nutrisi yang dikonsumsi. 

Ibu bisa menambahkan ikan gabus sebagai lauk, mengingat ini adalah jenis ikan yang mengandung albumin yang memiliki fungsi mengatur emosi dan memori. Dianjurkan mengonsumsi ikan gabus sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu, sehingga memperoleh manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil secara optimal.

2. Menjaga keseimbangan gizi Ibu hamil

Manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil selanjutnya, yaitu menjaga keseimbangan gizi selama masa kehamilan. Pasalnya, selama hamil ibu membutuhkan asupan gizi dua kali lebih banyak. 

Dikutip dari Healthline, Ibu hamil perlu meningkatkan asupan kalori harian sebesar 350 kalori pada trimester kedua, serta 450 kalori harian pada trimester ketiga. Dengan begitu, bukan sekadar menambah porsi makan, tetapi Ibu hamil dianjurkan untuk memperhatikan asupan kalori selama masa kehamilan.

3. Memperbaiki sistem imun tubuh

Pemenuhan protein albumin pada Ibu hamil berperan penting dalam memperbaiki sistem imun tubuh. Hal ini dikarenakan albumin bermanfaat pada pembentukan sel-sel darah putih yang bekerja secara optimal menangkal infeksi virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit. 

Sistem imun tubuh yang terjaga dengan baik, mampu menjaga Ibu hamil tetap sehat sehingga janin pun bisa bertumbuh dan berkembang dengan maksimal. Sebagai jenis ikan yang mengandung albumin dalam jumlah tinggi, ikan gabus baik dikonsumsi Ibu hamil secara rutin.

4. Menambah berat badan

Pada Ibu hamil dengan berat badan rendah, ikan gabus sangat baik dikonsumsi demi menambah berat badan selama masa kehamilan. Ikan yang mengandung albumin ini mengandung 80 kkal di setiap 100 gramnya. 

Selain itu, terdapat pula kandungan lemak, karbohidrat, dan serat yang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh. Kandungan protein yang tinggi dalam ikan gabus tentunya efektif menambah berat badan Ibu hamil, serta memastikan janin di dalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan sehat.

5. Mencegah sembelit

Dibandingkan dengan jenis ikan lain, ikan gabus memiliki kandungan protein kolagen lebih rendah hingga 3 persen. Artinya, ikan gabus lebih mudah dicerna, sehingga tidak akan mengganggu sistem pencernaan Ibu hamil. Ikan gabus tidak memicu terjadinya sembelit pada Ibu hamil. 

Sebaliknya, manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil justru bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Mengurangi risiko pembengkakan

Perubahan hormon selama masa kehamilan menyebabkan peningkatan volume darah di dalam tubuh. Akibatnya, beberapa Ibu hamil mengalami pembengkakan di bagian kaki. 

Secara medis, terjadinya pembengkakan pada masa kehamilan ini disebut dengan Edema. Untuk mengurangi risiko pembengkakan, Ibu hamil dianjurkan untuk makan ikan yang mengandung albumin, seperti ikan gabus. 

Protein albumin pada Ibu hamil yang diperoleh dari ikan gabus mampu mengikat darah secara maksimal. Dengan demikian, pengendapan volume darah yang memicu risiko pembengkakan jauh lebih bisa berkurang.

7. Mempercepat penyembuhan luka pasca-persalinan caesar

Manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil yang direkomendasikan dokter untuk bersalin secara caesar pun sangat besar. Tingginya kandungan protein albumin di dalam ikan gabus bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca persalinan caesar.  

Albumin bekerja secara aktif meregenerasi jaringan tubuh yang terluka dengan baik dan relatif lebih cepat.

8. Memastikan plasenta berfungsi secara optimal

Plasenta merupakan organ tubuh yang hanya terbentuk pada masa kehamilan. Organ ini bahkan tidak terhubung langsung dengan otak maupun sumsum tulang belakang.

Memenuhi kebutuhan albumin pada Ibu hamil, turut memastikan plasenta berfungsi secara optimal. Tak hanya memasok kebutuhan nutrisi janin, plasenta juga berperan penting dalam menyimpan lemak, glikogen, dan zat-zat penting yang dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang.

Mengetahui banyaknya manfaat ikan gabus untuk Ibu hamil, tak heran jika sumber makanan hewani ini banyak direkomendasikan oleh dokter kandungan.  Menariknya, ada banyak jenis hidangan yang bisa dibuat dengan menggunakan ikan gabus. 

Mulai dari sup ikan gabus, ikan gabus masak bumbu kuning, hingga gulai ikan gabus. Jangan lupa, cuci bersih ikan gabus sebelum diolah dan masak hingga ikan gabus matang sempurna sebelum dikonsumsi.

Editor: Dwi Ratih