Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Mencari tahu berapa usia kehamilan Anda bisa menjadi hal yang membingungkan. Dokter dan bidan mulai menghitung usia kehamilan dari hari pertama menstruasi terakhir Anda meski pada saat itu Anda belum tentu hamil.

Hari pertama menstruasi terakhir biasanya sekitar dua minggu sebelum Anda berovulasi dan mengandung janin. Kita menghitung dengan cara ini karena kebanyakan wanita tidak menyadari kapan mereka berovulasi, tapi kebanyakan mereka mengetahui tanggal menstruasi terakhir mereka dimulai.

Meski hari perkiraan konsepsi adalah hari pertama Anda hamil, kebanyakan orang tidak menghitung kehamilan dari tanggal tersebut, karena tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti pada hari apa Anda benar-benar berovulasi dan hamil. Coba ingat-ingat tanggal berapa hari pertama menstruasi terakhir Anda. Anda bisa mengetahui tanggal kelahiran si bayi dengan menghitung dari hari pertama menstruasi terakhir Anda. Inilah cara dokter menentukan tanggal perkiraan persalinan.

Kehamilan diperkirakan berlangsung selama 9 bulan kalender dan 7 hari, atau 40 minggu. Jadi tambahkan rentang waktu ini pada hari pertama menstruasi terakhir Anda untuk mengetahui kapan bayi Anda akan lahir.

Jika Anda menghitung usia kehamilan dari tanggal perkiraan konsepsi, atau hari dimana Anda kemungkinan berovulasi, maka ini akan sekitar dua minggu lebih lambat. Itulah sebabnya kebanyakan dokter atau bidan akan memberitahu bahwa Anda hamil sekitar dua minggu lebih lama dari kehamilan Anda yang sebenarnya.

Perhitungan tanggal perkiraan persalinan sangat efektif bila Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan periode Anda berlangsung setiap 28 hari. Tapi jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, kemungkinan tidak bisa diketahui tanggal menstruasi terakhir Anda. Dan jika siklus Anda bervariasi panjangnya, menghitung dari hari pertama menstruasi terakhir menghasilkan tanggal yang tidak bisa dijadikan acuan.

Tapi jangan khawatir dulu, karena USG pertama Anda akan memberi informasi berupa tanggal perkiraan persalinan yang lebih akurat untuk Anda. Cara ini dilakukan dengan mengukur panjang bayi dari kepala hingga kaki. Pengukuran seperti ini dinamakan crown rump length. Anda akan ditawarkan untuk melakukan USG saat Anda di antara minggu 10 dan 13 ditambah 6 hari kehamilan.

Dokter Anda menghitung 280 hari dari hari pertama menstruasi terakhir Anda untuk menentukan tanggal kelahiran bayi. Ini tepat 40 minggu. Tanggal perkiraan persalinan hanya sebuah perkiraan kapan Anda akan melahirkan. Hanya sekitar 4 persen bayi dilahirkan pada tanggal yang telah diperkirakan. Kebanyakan bayi lahir antara minggu ke 37 dan minggu ke 41, biasanya antara satu minggu sebelum atau sesudah tanggal perkiraan persalinan. Ada kemungkinan Anda juga tidak melahirkan pada tanggal perkiraan persalinan.

Selain itu, sebenarnya kehamilan tidak tepat berlangsung selama 9 bulan. Misalnya, jika hari pertama menstruasi terakhir Anda dimulai pada 1 Januari, tanggal perkiraan kelahiran bayi Anda berarti 8 Oktober, atau tanggal 7 Oktober untuk tahun kabisat.  Jadi itu sekitar 9 bulan lebih satu minggu, bahkan bisa lebih lama jika Anda melewati tanggal yang diperkirakan.

Tahap kehamilan biasanya dibagi menjadi trimester, yang berarti tiga bulan. Penyebutan trimester adalah cara untuk menggambarkan perubahan yang sedang terjadi pada tubuh Anda:

  • Trimester pertama berlangsung dari minggu 1 hingga akhir minggu 13. Kegembiraan saat mengetahui kehamilan juga disertai dengan rasa lelah dan mual.
  • Trimester kedua berlangsung dari minggu 14 hingga akhir minggu 27. Selama trimester ini Anda akan merasa lebih baik dari trimester sebelumnya. Perut Anda mulai terlihat gendut dan gejala di awal kehamilan tidak terlihat lagi.
  • Trimester ketiga berlangsung dari minggu 28 hingga bayi Anda lahir. Anda akan memerlukan energi tambahan untuk membantu pertumbuhan janin yang pesat dan keletihan akan kembali Anda rasakan.

Anda sebenarnya tidak benar-benar hamil pada dua minggu pertama setelah hari pertama menstruasi terakhir Anda. Meski kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir, Anda tidak mungkin berovulasi dan hamil hingga sekitar dua minggu setelah hari itu. Anda tidak akan menyadari saat sedang hamil hingga 5 minggu kemudian, atau saat Anda telah mencapai 4 minggu kehamilan, yaitu pada waktu menstruasi Anda tidak datang di bulan selanjutnya.

Anda berada di minggu pertama kehamilan pada minggu Anda mulai menstruasi, tapi Anda belum menyelesaikan satu minggu penuh. Panduannya adalah:

  • Di minggu pertama Anda berada di minggu 0 kehamilan
  • Di minggu kedua Anda berada di  minggu ke – 1  kehamilan
  • Di minggu ketiga Anda berada di  minggu ke – 2 kehamilan
  • Di minggu keempat Anda berada di  minggu ke – 3  kehamilan
  • Di minggu kelima Anda berada di  minggu ke – 4  kehamilan

Inilah sebabnya dokter memberitahu kalau Anda hamil 4 minggu di saat Anda berada di minggu kelima dari kehamilan Anda.

Semua bayi berada pada kisaran ukuran yang sama di masa awal kehamilan, tapi selama trimester kedua, bayi-bayi ini mulai tumbuh pada rentang yang berbeda. Itu menjadi penyebab bayi yang sudah cukup bulan hanya memiliki berat badan 2,5kg dan ada yang berat badannya lebih dari 3,5kg.

Jangan terlalu khawatir bila USG mengindikasikan bayi Anda tidak memiliki ukuran rata-rata. Seiring masa kehamilan, rentang untuk kategori normal pada bayi semakin meluas. Lagi pula dokter atau bidan Anda akan memberitahu jika mereka khawatir dengan ukuran bayi Anda.


(Isma)