Kehamilan Dibaca 1,996 kali

Hamil Anak Kembar? Pastikan Nutrisi Anda Terpenuhi!

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati

Terakhir diperbaharui 01 Agustus, 2019 16:08

Hamil Anak Kembar? Pastikan Nutrisi Anda Terpenuhi!

Tahukah Bunda, mengandung janin kembar berarti Anda perlu makan lebih banyak dibandingkan ketika Anda mengandung satu bayi saja. Bunda memerlukan lebih banyak kalori dibanding wanita yang hanya mengandung satu bayi.

Kalori Tambahan Yang Diperlukan Ibu Yang Hamil Anak Kembar

Aturan makan pada bumil dengan janin kembar pada umumnya adalah menambahkan 300 kalori setiap hari untuk tiap bayi. Jadi jika Bunda mengandung bayi kembar dua, Anda perlu menambah 600 kalori setiap hari. Bila mengandung bayi kembar tiga, tambahan 900 kalori diperlukan setiap harinya. Baik mengandung kembar dua, tiga, atau lebih, Anda perlu makan setidaknya lima kali sehari (3 kali makan dan 2 kali cemilan), meski Anda tidak merasa lapar.

Ketika hamil, penghitungan berat badan menjadi lebih penting dibanding penghitungan kalori. Anda perlu menambah banyak berat badan untuk menjaga pertumbuhan bayi tetap sehat dan ternutrisi.

Banyak ibu hamil yang khawatir saat mengetahui mereka hamil kembar karena mengira kondisi ini akan membuat berat badan mereka akan bertambah dua kali lipat secara otomatis. Padahal penambahan berat badan yang berlebihan selama hamil pun bisa berbahaya lho Bun, sekalipun ini terjadi pada kehamilan kembar. Jadi Bunda harus pahami berapa banyak berat yang perlu Anda tambah.

Sebagai panduan umum, wanita yang mengandung janin kembar dua perlu menambah berat antara 15-20 kg. Sedangkan wanita yang mengandung kembar tiga perlu menambah 22-27 kg. Dokter bisa membantu menentukan berat badan yang sehat untuk kehamilan Anda. Jika berat badan Anda di bawah normal sebelum hamil, Bunda perlu menambahnya dengan cepat. Tapi bila Anda kelebihan berat badan sebelum hamil, Bunda perlu menguranginya.

Memang sulit untuk menambah berat badan sesuai yang dianjurkan dokter ketika hamil kembar. Bunda mungkin akan merasa tidak sanggup untuk menambah berat lagi, terutama ketika kehamilan bertambah besar dan bayi semakin mendorong perut Anda.

Makanan Penting Selama hamil Anak Kembar

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda makan untuk memastikan Bunda menambah berat badan yang dibutuhkan ketika hamil kembar, sekaligus memastikan Anda menambah berat dengan cara yang sehat.

Pastikan makanan yang Anda makan mengandung kalori dan gizi yang Anda perlukan untuk tetap sehat. Mengonsumsi kacang-kacangan menjadi cara efektif untuk mendapat banyak vitamin dan kalori tanpa mengabaikan makanan yang sehat. Sumber kalori dan nutrisi lain adalah yoghurt. Yoghurt menjadi makanan yang baik karena Anda bisa membawanya saat bepergian.

Makanlah lebih sering dari biasanya. Jika Anda terbiasa makan 3 kali sehari, Anda perlu menambahnya dengan beberapa kali ngemil. Cemilan dan makan dalam porsi kecil bertujuan supaya Bunda tidak merasa kenyang terlalu.

Vitamin pranatal memang penting, tapi Bunda tidak memerlukan vitamin dengan formula khusus kok untuk kembar dua atau tiga. Suplemen pranatal yang biasa sudah cukup untuk asupan tambahan si kecil. Mengonsumsi suplemen menjadi cara terbaik untuk memastikan Anda mendapat nutrisi yang penting seperti asam folat, zat besi, dan kalsium. Mintalah dokter untuk merekomendasikan merek dan dosis vitamin pranatal tertentu.

Wanita yang hamil kembar biasanya memiliki risiko lebih tinggi mengalami anemia selama hamil. Dokter akan memantau tingkat zat besi di dalam darah untuk memastikan Anda memiliki jumlah yang cukup. Jika tidak, dokter bisa merekomendasikan suplemen zat besi tambahan. Dosis zat besi yang tinggi kadang memicu konstipasi dan mual, jadi bicaralah pada dokter tentang cara menghindari masalah ini.

Meski Anda tipe orang yang sering minum air, kehamilan kembar akan membuat Anda tetap perlu mulai minum lebih banyak saat ini.  Hal ini penting supaya Bunda terhindar dari dehidrasi di pertengahan kehamilan, juga untuk mengurangi risiko persalinan prematur dan kelahiran dini.

Beberapa ahli menyarankan untuk minum satu galon air, yakni sekitar 16 gelas per hari. Anda bisa mendapat cairan dari susu dan jus, tapi air putih wajib menjadi bawaan Anda kemana pun. Tentunya Anda menjadi lebih sering ke kamar mandi, tapi itu menjadi tanda kalau Anda sudah mendapat cukup cairan.

Olahraga Untuk Ibu Hamil Kembar

Bila kehamilan Anda sehat dan aktif, tidak masalah untuk terus olahraga selama hamil, selama dokter mengizinkan. Tapi jangan memaksakan diri, tubuh dan janin Anda tidak bisa menerima latihan fisik yang berlebihan. Pilihan olahraga yang tepat bisa berupa renang, berjalan kaki, aerobik air, dan yoga pranatal.
Pastikan untuk mendapat cukup cairan sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Apapun jenis olehraga yang Anda nikmati, segera berhenti jika Anda mengalami rasa sakit, pusing, atau jantung berdebar.

Ingat loh Bun, mengandung lebih dari satu bayi sudah menjadi olahraga tersendiri. Anda perlu berkomitmen untuk mendapat istirahat tambahan. Coba kurangi gerakan mengangkat, membungkuk, atau berdiri untuk waktu yang lama tanpa jeda.

Jika mengandung janin kembar tiga atau lebih, Anda perlu lebih berhati-hati selama hamil.  Jalan kaki boleh saja, tapi jangan memaksakan diri. Pada beberapa kondisi dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk berhenti berolahraga sama sekali dan menjalani bedrest dengan tujuan untuk mengurangi risiko kelahiran prematur.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Hamil Anak Kembar

Mengetahui kalau sedang hamil kembar bisa jadi menyenangkan, tapi kehamilan lebih dari satu bisa menjadi hal yang menegangkan. Pastikan Anda mendapat semua nutrisi yang dibutuhkan untuk diri dan semua janin Anda. Anda perlu makan secara sehat dan mendapat semua vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan bayi untuk berkembang dengan semestinya dan sehat.

Anda akan membutuhkan vitamin dan mineral tambahan ketika hamil kembar. Wanita yang hamil dengan bayi kembar membutuhkan kalsium, zat besi dan serat tambahan.

  • Kalsium menjadi mineral yang sangat penting ketika hamil kembar, Anda akan membutuhkan sekitar 1200 mg kalsium per hari. Anda bisa memenuhi jumlah ini dengan minum lebih banyak susu atau makan produk turunan susu.

  • Pastikan untuk mendapat cukup serat dari makanan Anda. Dokter bisa meminta Anda mengonsumsi suplemen untuk memastikan Anda mendapat serat yang cukup. Wanita yang hamil kembar memerlukan serat lebih banyak untuk memastikan semua hormon yang berlebih tidak menggangu fungsi pencernaan yang normal.

  • Meningkatkan asupan zat besi juga penting. Zat besi bisa banyak ditemukan pada daging dan sayuran. Sangat penting untuk mengawasi tingkat zat besi ketika Anda hamil kembar dan melakukan usaha untuk makan makanan yang kaya zat besi. Tingkat zat besi bisa turun dengan cepat ketika Anda hamil kembar.

(Ismawati)