Kehamilan

Hindari 13 Penyebab Kontraksi Palsu Terus Menerus Terjadi!

Hindari 13 Penyebab Kontraksi Palsu Terus Menerus Terjadi!

Penyebab kontraksi palsu terus menerus salah satunya adalah karena hari persalinan yang hampir dekat. 

Lalu apakah berbahaya bila penyebab kontraksi palsu terus menerus ini diabaikan? Bu, kontraksi palsu wajar sekali terjadi bagi wanita yang sedang mengandung, apalagi bila HPL sudah di depan mata

Namun tetap perlu waspada karena tidak akan ada yang tau kejutan apa yang menanti. 

Melansir dari laman Healthline, istilah lain dari kontraksi palsu adalah Braxton-Hicks yaitu kontraksi non persalinan yang terjadi secara teratur selama kehamilan karena tubuh mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan yang sebenarnya.

Ciri-Ciri Kontraksi Palsu atau Braxton-Hicks


Braxton-Hicks yang biasa menghampiri Ibu hamil ini seringnya juga membuat Ibu khawatir dan menduga-duga. Apakah benar ini tanda persalinan? 

Melansir dari laman Healthline, berikut ini merupakan ciri khas dari kontraksi palsu atau Braxton-Hicks:

1. Kontraksi Palsu Terjadi Di Trimester Tertentu

Penyebab kontraksi palsu terus menerus bisa jadi karena usia kandungan sudah berada di trimester kedua atau ketiga. Setiap Ibu hamil akan mengalami pengalaman berbeda tentang kontraksi palsu, ada yang terjadi terus menerus selama trimester kedua atau ketiga atau bahkan bisa lebih panjang. 

Kontraksi asli seringnya terjadi di usia kehamilan 37 minggu atau lebih.

2. Kondisi Serviks yang Berbeda

Saat kontraksi palsu terjadi, bagian serviks tidak melebar layaknya seperti menghadapi kontraksi sungguhan. Kontraksi palsu cenderung tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Sementara itu kontraksi asli akan memicu rasa sakit seperti rasa mulas yang berkepanjangan.

3. Ibu Akan Mengalami Hal Tertentu

Saat Braxton-Hicks terjadi, otot-otot rahim mengencang atau mengendur dengan intensitas waktu tertentu. Rasa kencangnya menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi Ibu hamil namun ia akan mengendur sendiri, berbeda bila ini adalah kontraksi asli, rahim akan terasa kencang terus menerus dan dengan intensitas waktu yang cukup lama.

4. Jangka Waktu Kontraksi yang Berbeda

Kalau ini hanyalah kontraksi palsu atau Braxton-Hicks, maka durasi kontraksi hanya akan terjadi selama kisaran 30 detik hingga 2 menit saja lalu kemudian hilang dengan sendirinya. Namun bila ini adalah kontraksi asli menuju persalinan, kontraksi akan terjadi selama kisaran 30 hingga 70 detik dan akan terus bertambah setiap waktunya.

5. Kontraksi Palsu dapat Segera Diatasi

Kontraksi palsu dapat hilang dengan sendirinya seperti beristirahat yang cukup, mengubah posisi duduk atau tidur dan tetap menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Namun bila ini adalah kontraksi sungguhan, maka rasa kencangnya tidak akan memudar.

6. Hanya Terjadi di Area Perut

Melansir dari laman WebMD, kontraksi palsu seringnya terjadi hanya pada bagian perut saja. Hanya perut yang terasa kencang, sementara itu kontraksi persalinan jauh lebih menyakitkan dan bisa terjadi tak hanya di perut tapi juga area pinggang ke belakang.

Penyebab Kontraksi Palsu Terus Menerus


Lalu, bila ternyata ini hanyalah kontraksi palsu karena usia kehamilan yang belum dekat dengan hari perkiraan lahir, apakah normal? Normal! Selama tidak disertai dengan keluarnya cairan seperti air ketuban dan waktu terjadinya tidak terus menerus. 

Tapi sebenarnya, penyebab kontraksi palsu terus menerus juga harus diwaspadai, melansir dari laman Healthline, berikut ini adalah penyebab kontraksi palsu terus menerus yang sering membuat Ibu khawatir:

1. Terlalu Banyak Berdiri

Ibu hamil disarankan untuk membatasi pergerakannya namun tidak serta merta hanya duduk atau tiduran saja. Pasalnya, terlalu banyak berdiri dapat menjadi penyebab kontraksi palsu terus menerus muncul sehingga membuat Ibu merasa tidak nyaman. 

Kurangi kegiatan atau pekerjaan yang memungkinkan Ibu untuk selalu berdiri. Duduklah sejenak supaya semuanya aman terkendali.

2. Mengalami Dehidrasi

Kekurangan asupan cairan pada tubuh orang normal saja akan menimbulkan sejumlah masalah dan ginjal akan bekerja terlalu keras. Sama dengan hal ini, penyebab kontraksi palsu terus menerus bisa juga karena Ibu mengalami dehidrasi. 

Minumlah air putih yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi dan kontraksi palsu dapat segera teratasi.

3. Terlalu Banyak Minum


Segala sesuatu yang berlebihan adalah hal yang tidak baik karena penyebab kontraksi palsu terus menerus bisa juga karena Ibu terlalu sering minum. Batasannya sama seperti orang pada umumnya, minum air putih minimal 8 gelas sehari ya Bu. 

Sisanya bisa diselingi dengan makan teratur, mengkonsumsi vitamin yang dianjurkan dan makan makanan yang bergizi.

4. Sedang Mengalami Stress

Ibu hamil rentan menghadapi situasi stress karena saat hamil semua hormon bekerja, salah satunya hormon di mana suasana hati Ibu bisa sangat sensitif. Stress saat kehamilan dapat memicu masalah lainnya bila tidak diatasi dengan baik. 

Hal ini merupakan salah satu penyebab kontraksi palsu terus menerus terjadi dan enggan memudar. Kelola stress dengan baik akan membantu Ibu mengalami kehamilan yang lebih sehat.

5. Sudah Dekat dengan HPL

Penyebab kontraksi palsu terus menerus adalah karena usia kehamilan sudah dekat dengan hari perkiraan lahir. 

Beberapa Ibu hamil ada yang mengalami kontraksi palsu dini namun kebanyakan mereka akan lebih sering mengalaminya ketika hari lahir si kecil sudah hampir dekat. 

Tetap waspada namun jangan gegabah mengambil tindakan ya Bu. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan tas khusus yang dapat dengan mudah di bawa ke rumah sakit bila ini bukan merupakan kontraksi palsu.

6. Terlalu Sering Berolahraga Berat


Ibu hamil disarankan untuk tetap aktif bergerak namun tetap perlu berhati-hati dalam melakukan gerakan tertentu seperti olahraga. Lakukan olahraga yang ringan seperti berjalan-jalan santai di taman, melakukan gerakan yoga khusus ibu hamil, atau melakukan pekerjaan rumah yang ringan. 

Hindari mengangkat berat atau melakukan olahraga yang berat ya bu karena ini dapat menjadi salah satu penyebab kontraksi palsu terus menerus.

7. Seks Dapat Menjadi Pemicu

Berhubungan seks dengan suami dapat menjadi penyebab kontraksi palsu terus menerus karena Ibu mengalami orgasme yang membuat rahim juga berkontraksi. Mengapa orgasme dapat menjadi penyebab kontraksi palsu terus menerus? 

Tubuh Ibu akan memproduksi oksitosin setelah orgasme dan hormon ini akan membuat otot-otot seperti rahim berkontraksi. Sperma atau air mani pasangan juga dapat menjadi penyebab kontraksi palsu terus menerus karena mengandung prostaglandin. 

8. Sering Menahan Buang Air Kecil

Ibu hamil wajar bila rasanya ingin selalu buang air kecil dan disarankan supaya Ibu tidak menahan kencing karena justru berbahaya. Ketika kandung kemih dibiarkan selalu penuh, maka akan menjadi penyebab kontraksi palsu terus menerus terjadi. 

Kandung kemih yang penuh ini juga akan memberi tekanan pada rahim sehingga kontraksi palsu atau kram kerap terjadi. Kebiasaan menahan buang air kecil akan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan infeksi saluran kencing bila terus dibiarkan. 

9. Gerakan Janin


Penyebab kontraksi palsu terus menerus dapat juga dikarenakan karena aktivitas bayi dalam kandungan atau janin bergerak dengan riang gembira. Namun bila kontraksi palsu dirasa sangat menyakitkan dan mengkhawatirkan bagi Ibu, maka Ibu bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

10. Penyakit yang Menyebabkan Mual atau Muntah

Melansir dari laman WebMD, penyebab kontraksi palsu terus menerus lainnya adalah karena Ibu sedang sakit sehingga menyebabkan rasa mual atau muntah yang cukup hebat. Mual dan muntah seringnya membuat perut terasa tidak nyaman dan di sinilah kontraksi palsu biasa terjadi.

11. Hindari Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Pemicu 

Penyebab kontraksi palsu terus menerus dapat juga disebabkan karena Ibu terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman pemicu kontraksi palsu. Kafein, alkohol, dan soda adalah beberapa diantara minuman yang akan memicu kontraksi pada perut. 

Ibu disarankan untuk mengurangi atau tidak mengkonsumsinya sama sekali mengingat kondisi kehamilan setiap orang akan berbeda.

12. Terlalu Kelelahan

Salah satu penyebab kontraksi palsu pada Ibu hamil adalah karena Ibu sedang sangat kelelahan. Kurangi melakukan pekerjaan yang terlalu berat atau dirasa membuat Ibu terlalu lelah. Bila ini terjadi sebaiknya Ibu istirahat sejenak supaya kontraksi palsu dapat memudar.

13. Terlalu Sering Duduk

Bagi siapa saja terlalu sering duduk akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab kontraksi palsu pada Ibu hamil karena tidak melakukan gerakan lain. 

Duduk sangat diperbolehkan, apalagi bila kondisi Ibu hamil sedang sangat kelelahan. Tetapi, sesekali berdiri lalu berjalan sebentar akan membantu kontraksi palsu untuk hilang sedikit demi sedikit.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kontraksi Palsu?


Penyebab kontraksi palsu terus menerus sudah diketahui, kini saatnya Ibu menghindari beberapa hal yang dapat memicu hal ini. 

Ketika kontraksi palsu sedang terjadi, Ibu dapat melakukan beberapa hal berikut ini, dilansir dari laman Healthline:

1. Cobalah untuk Bersantai dan Tenang

Bila sudah mengetahui ciri-ciri kontraksi palsu, maka sebaiknya Ibu tetap tenang dan santai. Kondisi psikis Ibu yang tenang dan santai akan menuntun Ibu untuk dapat memudarkan kontraksi palsunya. 

Pemicu kontraksi palsu sebaiknya dihindari, mulai untuk duduk dengan santai. Saat kontraksi palsu sedang terjadi, tidak ada tindakan medis yang dapat dilakukan.

2. Cukupkan Cairan dalam Tubuh

Salah satu penyebab kontraksi palsu pada ibu hamil adalah kurangnya cairan pada tubuh. Ambil segelas air putih saat itu juga lalu tetap tenang. Perlu diingat bahwa sebaiknya Ibu hamil tetap mengkonsumsi air putih yang cukup minimal 8 gelas per hari atau 2 liter. 

Ibu bisa membagi waktu minumnya dan tidak diminum sekaligus. Selain air putih, Ibu juga dapat mengkonsumsi jus atau teh dengan porsi yang cukup.

3. Dilarang Menahan Buang Air Kecil

Ibu hamil juga rentan terhadap Infeksi Saluran Kencing, selain itu sering menahan buang air kecil justru merupakan pemicu kontraksi palsu. Bila dirasa sudah ingin buang air kecil segera pergi ke kamar mandi untuk mengosongkan kandung kemih. 

Kandung kemih yang penuh dengan kencing justru akan membuat perut Ibu hamil tidak nyaman. Maka dari itu, hindari menahan pipis sebisa mungkin.

4. Berbaring di Sisi Bagian Kiri

Ada cara lain untuk mengurangi penyebab kontraksi palsu pada Ibu hamil, salah satunya merubah posisi. Ibu bisa tidur dengan berbaring di sisi bagian kiri karena hal ini dapat membantu meningkatkan aliran darah yang baik ke rahim, ginjal, dan juga plasenta. 

Lakukan beberapa saat hingga perut Ibu sudah tidak terasa kencang atau kontraksi palsu sudah memudar.

5. Melakukan Kegiatan yang Disukai

Cobalah untuk tenang sembari melakukan hal-hal yang Ibu sukai misalnya duduk sambil minum teh hangat lalu mendengarkan musik, lantunan ayat suci, atau membaca buku. Suasana hati yang santai dan tenang akan memudarkan penyebab kontraksi palsu pada Ibu hamil.

6. Segera Pergi Ke Dokter Bila Perlu

Kontraksi palsu tidak dapat diobat dengan tindakan medis apapun kecuali ciri-cirinya justru sudah mendekati kontraksi persalinan pada umumnya. 

Namun bila kontraksi palsu dirasa sangat membuat Ibu tidak nyaman, Ibu disarankan mengunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk memastikan kondisi kandungan tetap sehat dan baik-baik saja.

Editor: Dwi Ratih