Kehamilan

Jangan Asal Makan Ketika Ngidam Saat Hamil

Jangan Asal Makan Ketika Ngidam Saat Hamil

Banyak ibu yang ngidam saat hamil dan menginginkan makanan tertentu. Ada bumil yang ngidam makanan sehat seperti buah dan sayur, tapi ada juga yang jadi sangat menyukai kue, coklat, atau es krim.

Jika godaan untuk mencicipi makanan manis dan berlemak terlalu berat untuk ditolak, sesekali tidak masalah kok untuk dituruti ngidamnya. Tapi jangan lupa untuk memikirkan asupan nutrisi untuk perkembangan janin yang sedang bertumbuh di dalam rahim.

Oleh karena itu, ibu tidak boleh asal makan ketika ngidam saat hamil. Terlebih lagi jika Anda menderita diabetes tipe 1 atau 2 atau diabetes gestasional. Sebaiknya, ikuti pola makan yang dianjurkan oleh dokter, ya.

Simak yuk beberapa tips yang Ibu bisa lakukan untuk mengontrol keinginan ngidam saat hamil:

  • Berolahraga secara teratur. Tetap aktif bergerak menjadi cara yang baik untuk mengekang rasa lapar dan mengalihkan diri dari rasa ngidam saat hamil, khususnya jika menginginkan cemilan yang manis-manis atau makanan yang  kurang bernutrisi. Olahraga teratur seperti jalan kaki setiap hari juga menjadi cara untuk tetap bugar.

  • Sarapan setiap hari. Jika Anda memulai hari dengan sarapan bernutrisi, godaan untuk ngemil di siang hari akan berkurang. Kombinasikan menu sarapan Anda dengan buah seperti jeruk, susu rendah lemak, atau telur.

  • Cari support. Perubahan hormonal saat hamil bisa membuat Anda lebih sering mengalami mood swings. Saat ini terjadi, Ibu bisa secara tiba-tiba ngidam saat hamil dan ingin makan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Padahal keinginan ini bisa hilang saat kita menemukan teman untuk curhat lho.

  • Hindari ngidam makanan yang tidak sehat. Bikin plan menu cemilan yang sehat dan siap makan selama hamil. Ibu bisa membawa cemilan ini ke kantor juga lho. Dan pastikan stok cemilan sehat ini selalu ada di rumah ya. Dengan begitu, Ibu bisa menghindari rasa ngidam saat hamil pada makanan-makanan yang kurang sehat.

  • Puaskan rasa ngidam saat hamil dengan porsi yang kecil. Misalnya nih, ibu lagi ngidam makan es krim, cobalah untuk mengonsumsi satu scoop es krim saja, daripada menyiapkan satu mangkuk penuh ice cream. Dengan begitu, Ibu bisa meminimalisir asupan makanan yang kurang sehat ke tubuh.

Menghindari ngidam saat hamil yang tidak sehat

Rasa ngidam saat hamil memang sulit dikontrol. Jika Ibu ngidam makanan yang tidak sehat, coba alihkan pikiran Anda ke hal lain. Misalnya, jika Anda ngidam es krim dan donat coklat, ingatkan diri Anda kalau berat badan bisa bertambah dengan cepat, risiko diabetes makin tinggi, dan ini tentu bukan makanan sehat yang dibutuhkan janin.

Sebenarnya ibu bisa kok memenuhi rasa ngidam saat hamil dengan alternatif makanan yang lebih sehat jika Anda tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan. Kuncinya, Ibu jangan langsung mengonsumsi makanan yang Anda idam-idamkan, tapi tunggulah beberapa menit untuk memahami apa yang sebenarnya sedang diinginkan tubuh Anda.

Misalnya, Anda tiba-tiba menginginkan es krim stroberi. Coba deh pikirkan lagi, sebenarnya Anda menginginkan sesuatu yang dingin, halus, penuh krim, manis, atau lagi ingin rasa stroberi yang asam dan segar? Ketika Anda memahami apa yang Anda inginkan, Anda bisa mudah memilih alternatif makanan yang lebih sehat. Mungkin sorbet stroberi bisa menjadi pilihan Anda, atau bisa juga memenuhi rasa ngidam dengan makan stroberi segar atau yoghurt stroberi yang jauh lebih sehat daripada es krim stroberi.

Nah, beberapa contoh alternatif makanan lainnya bisa Ibu simak berikut ini ya.

  • Saat lagi ngidam es krim, ibu bisa mengganti es krim dengan yoghurt tanpa lemak, es krim rendah lemak, atau sorbet.

  • Saat lagi ngidam minum soda, ganti minuman bersoda dengan air mineral yang dicampur jus buah atau perasan lemon.

  • Saat lagi ingin keripik kentang, gantilah dengan kentang panggang atau popcorn.

  • Saat lagi ingin coklat, ganti dengan minuman coklat panas rendah lemak, buah kering, atau kacang.

Dengan mencari alternatif dari makanan yang Ibu idam-idamkan, Anda bisa memperoleh nutrisi yang lebih sehat.

(Ismawati)