Kehamilan Dibaca 837 kali

Manfaat Rutin Berolahraga Selama Masa Kehamilan

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya
Manfaat Rutin Berolahraga Selama Masa Kehamilan
Bunda, janganlah takut untuk berolahraga di saat Anda tengah mengandung, mengapa? Berolahraga pada masa kehamilan sangatlah besar manfaatnya dan sangat dianjurkan. Mungkin terdengar agak berat pada awalnya, tapi bila Anda tau manfaat dan keutamaan dari berolahraga ini, Anda pun pasti ingin terus melakukan olahraga setiap hari.

Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan bila Anda rutin berolahraga pada masa kehamilan:

Berolahraga pada masa kehamilan dapat membantu Anda mengatasi masalah sulit tidur

Ketika hamil banyak para Ibu yang mengeluh mengalami kesulitan tidur, tak terkecuali Anda pun pasti merasakan hal yang serupa. Kandungan yang semakin lama semakin membesar tentu akan mulai terasa semakin berat dan hal itu pun akan berpengaruh pada kenyamanan Anda ketika akan tidur. Namun, apabila Anda rajin berolahraga, tubuh Anda akan terlatih dan terbiasa dengan keadaan tubuh yang semakin berat.

Selain itu berolahraga diyakini mampu menghindarkan Anda dari masalah sulit tidur, karena setelah berolahraga tubuh Anda membutuhkan waktu yang cukup untuk mereleksasi otot-otot yang tegang setelah berolahraga tadi dan hasilnya ketika malam hari Anda akan mulai merasakan kantuk yang lebih cepat dan ingin mengistirahatkan tubuh Anda dengan segera. Bila sudah begini Anda pun akan dengan mudah terlelap tanpa mengalami gangguan apapun.

Berolahraga dapat meningkatkan kekuatan tubuh Anda

Seperti yang kita tahu pada masa kehamilan, tubuh Anda harus menopang beban yang cukup besar, sehingga Anda akan sangat mudah sekali lelah. Selain membutuhkan asupan makanan yang cukup dan bernutrisi untuk mengembalikan tenaga Anda, tubuh Anda pun harus mulai terbiasa dengan janin yang mulai bertumbuh besar.

Maka dari itu berolahraga pada masa kehamilan sangatlah dianjurkan bagi Anda, para ibu hamil karena dengan berolahraga Anda dapat meningkatkan kekuatan tubuh sehingga tubuh Anda mampu dan tidak kewalahan menopang janin yang semakin hari akan mulai membesar. Selain itu berolahraga merupakan modal bagi Anda untuk melatih kekuatan tubuh pada masa kehamilan. Sehingga Anda masih bisa tetap aktif  dan melakukan banyak kegiatan selama masa kehamilan tanpa mengalami kelelahan terus-menerus.

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu olahraga-olahraga ringan khusus bagi ibu hamil atau olahraga lainnya sesuai kebiasaan Anda. Berolahragalah selama 30 menit per hari, rentang waktu tersebut adalah rentang waktu yang cukup efektif untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagi ibu hamil. Namun jangan memaksakan berolahraga jika kondisi tubuh Anda tidak mendukung.

Berolahraga dapat mengurangi tingkat stress pada diri Anda

Penelitian membuktikan bahwa ketika Anda berolahraga, hormon serotonin yaitu hormon yang mengaktifkan perasaan positif dalam pikiran Anda, mengalami peningkatan. Semakin meningkatnya produksi hormon serotonin dalam tubuh Anda maka akan semakin meningkat pula pikiran positif dalam diri Anda. Sehingga stress yang Anda alami akan semakin berkurang dan menghilang.

Olahraga merupakan antisipasi yang tepat menjelang waktu persalinan

Anda tentu tahu proses persalinan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil tentunya. Untuk menghadapi proses persalinan ini Anda pasti akan mempersiapkan diri secara mental dan fisik agar proses persalinan nanti dapat berjalan dengan lancar. Dengan olahraga yang rutin Anda berarti telah mempersiapkan diri dan menjaga stamina agar tetap kuat dan siap mengahadapi proses persalinan.

Berolahraga dapat mengurangi perasaan tidak nyaman pada masa kehamilan

Lakukanlah stretching atau olahraga-olahraga yang dapat memperkuat otot-otot tubuh Anda, dengan begitu Anda dapat mengurangi rasa-rasa tidak nyaman seperti rasa sakit atau nyeri selama masa kehamilan.

Misalnya saja dengan melakukan stretching, Anda dapat mengurangi rasa sakit pada punggung Anda, berjalan-jalan sebentar bisa meningkatkan peredaran darah dalam tubuh, atau Anda juga bisa melakukan olahraga-olahraga lainnya untuk memperkuat otot-otot tubuh seperti berenang. Berenang diketahui sangat bagus untuk memperkkuat otot bagian perut Anda.

Berolahraga dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh normal Anda dengan segera pasca melahirkan

Paska melahirkan banyak sekali wanita yang ingin segera memiliki tubuh normal ideal seperti sebelum dirinya mengandung. Banyak sekali para ibu yang rela menyiksa diri dengan berolahraga ekstrim seharian agar tubuhnya kembali terlihat ideal dengan segera. Padahal hal itu sangatlah berbahaya.

Daripada Anda melakukan hal-hal ekstrim tersebut lebih baik Anda melakukannya secara bertahap sedari masa kehamilan berlangsung. Sehingga nantinya tubuh Anda akan kembali ke bentuk normal dengan segera, mudah dan cepat paska melahirkan.

(Wati)