Kehamilan Dibaca 1,144 kali

Mau Liburan Naik Kapal Pesiar Saat Hamil? Baca Dulu Tips Amannya Di Sini!

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati
Mau Liburan Naik Kapal Pesiar Saat Hamil? Baca Dulu Tips Amannya Di Sini!

Bila kehamilan Anda normal dan sehat, bepergian dengan kapal pesiar akan menjadi liburan yang menyenangkan dan romantis. Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari kelelahan karena kegembiraan yang berlebihan.

Sebelum membeli tiket, bicaralah pada dokter tentang rencana kepergian Anda. Bila ada kondisi medis yang mengganggu kehamilan, pernah mengalami persalinan sebelum waktu, atau jika sedang hamil kembar, dokter mungkin menyarankan untuk tidak melanjutkan rencana Anda.

Pilih kapal pesiar dengan hati-hati. Cari tahu apakah kapal berlabuh di wilayah yang makanan dan minumannya tidak aman atau pelayanan kesehatannya tidak bagus. Tanyakan apakah ada larangan bagi wanita hamil atau apakah tersedia petugas medis yang profesional.

Kapal berukuran kecil kemungkinan tidak memiliki staf medis. Jangan mengandalkan obat dari kapal. Bawa obat-obatan Anda untuk persediaan selama perjalanan serta resep yang bisa Anda tebus jika ada yang hilang.

Penyakit lebih cepat menyebar di dalam kapal karena lingkungan yang kecil dan padat. Kadang meski kapal dalam keadaan bersih dan memiliki catatan kesehatan yang baik, bakteri bisa menyebar dengan mudah dan tidak hilang meski sudah dilakukan prosedur pembersihan yang rutin.

Kebanyakan kapal pesiar tidak mengizinkan wanita hamil berlayar mulai dari trimester ketiga. Penumpang yang hamil harus membawa surat keterangan dari dokter. Surat tersebut menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi sehat untuk bepergian. Tanggal perkiraan melahirkan juga harus tercantum. Kebijakan pada tiap kapal pesiar bisa bervariasi, jadi pastikan dulu sebelum Anda memesan tiket.

Meski pihak kapal tidak meminta dokumen tertentu, siapkan surat dokter untuk berjaga-jaga yang menyatakan kondisi medis, tanggal perkiraan lahir, dan obat yang Anda minum.

Hamil tidak membuat Anda mabuk laut, tapi perjalanan laut bisa mengocok perut meski ketika Anda tidak hamil. Jika Anda memang mengalami morning sickness, gerakan kapal bisa membuat mual dan muntah lebih parah.

Jika Anda masih mengalami morning sickness, tunda rencana berlibur hingga kondisi Anda membaik. Sebelum berlayar, minta dokter meresepkan obat mabuk laut yang aman diminum saat hamil.

Pilihlah kapal yang berukuran lebih besar karena akan lebih stabil di tengah gelombang laut. Selain itu, kapal berukuran besar biasanya dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang memadai. Kapal dengan muatan lebih dari 100 penumpang biasanya dilengkapi dengan dokter dan perawat, tapi ada juga yang hanya menyediakan perawat.

Ketika sudah berada di atas kapal, habiskan waktu lebih banyak di dek kapal. Cemilan ringan seperti biskuit bisa menenangkan perut Anda. Beberapa wanita merasa baikan dengan menghisap permen jahe.

Mungkin ukuran pelampung terlalu kecil untuk perut hamil Anda. Untuk memastikannya segera coba setelah Anda tiba di kabin. Minta bantuan dari kru kabin jika ukurannya terlalu kecil atau jika perlu penyesuaian untuk bisa Anda gunakan.

Untuk merasa nyaman selama perjalanan, pesan tempat tidur yang paling besar, terutama jika Anda pergi bersama pasangan. Ketika tiba di kabin, mintalah selimut dan bantal tambahan.

Akan tersedia banyak variasi makanan dan cemilan selama 24 jam di atas kapal. Juga tersedia layanan antar makanan. Dengan adanya fasilitas ini, hal yang perlu Anda waspadai adalah heartburn karena terlalu banyak makan.

Tapi jangan khawatir Bun, ada banyak kesempatan untuk berolahraga ketika Anda berlayar. Banyak kapal yang menyediakan program olahraga seperti renang, sepeda statis, atau yoga. Anda bisa mengikuti program yang tersedia bila sudah terbiasa berolahraga secara rutin.

(Ismawati)