Kehamilan Dibaca 472 kali

Persalinan Lancar dengan Hipnotis

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 25 September, 2018 05:09

Persalinan Lancar dengan Hipnotis
Hipnotis merupakan kondisi mental serta relaksasi fisik yang mendalam sehingga memungkinkan seseorang yang dihipnotis untuk fokus pada pemikiran atau perasaan tertentu dan menepis gangguan dari luar. Pada kondisi ini, pikiran menjadi lebih terbuka pada sugesti yang bisa mengubah keyakinan dan perilaku kita. Ketika seorang wanita mempersiapkan kelahiran dengan menjalani hipnotis, sugesti ini bertujuan mengganti ekspektasi rasa takut dan rasa sakit dengan ekspektasi kelahiran yang aman, lancar, dan nyaman.
Dihipnotis bukan berarti Bunda harus berhadapan dengan orang yang menggerakkan jam sakunya di depan mata Anda, lalu memberitahu kalau Anda akan merasa mengantuk. Pada program hipnotis untuk kelahiran yang populer, wanita belajar untuk menghipnotis dirinya sendiri, dengan menggunakan berbagai teknik seperti pernafasan dalam, visualisasi, dan afirmasi.
Misalnya saja, wanita yang menggunakan teknik ini bisa berkonsentrasi pada suara dari pernafasan dalamnya, yang membawanya ke kondisi hipnotis yang lebih jauh, dan memvisualisasi bayinya bergerak keluar dari dalam dirinya dengan tenang pada tiap tarikan nafas.
Pada program hipnotis kelahiran, wanita dan pasangannya juga diajarkan tentang kosakata baru untuk menggambarkan persalinan dan kelahiran. Hal ini bertujuan untuk menghindari tradisi kelahiran yang identik dengan rasa sakit. Misalnya, wanita menyebut kontraksi sebagai gelombang atau sejenisnya.
Memasukkan kondisi mental tertentu ke dalam diri mungkin membuat beberapa orang merinding, tapi para ahli terapi mengatakan bahwa kita semua mengalami kondisi seperti ini di kehidupan sehari-hari. Keadaan melamun, terbawa cerita dari buku atau film, atau mengemudi tanpa mengingat jalan yang telah dilewati ketika tiba di tempat tujuan, bisa digambarkan sebagai contoh kondisi hipnotik.
Ahli terapi juga menekankan bahwa Anda tidak bisa dipaksa untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginan atau etika ketika dihipnotis, sehingga Anda bisa memilih untuk kembali ke kondisi normal kapanpun Anda mau, dan Anda benar-benar menyadarinya, serta memiliki kontrol  penuh selama menjalani pengalaman ini.
Bunda penasaran dengan bagaimana cara kerja hipnotis? Nah, para ahli hipnotis memberikan beberapa penjelasan tentang bagaimana proses hipnotis ini bekerja. Satu teori mengatakan, ketika wanita merasa takut selama melahirkan, tubuhnya melepaskan hormon stres yang memicu tubuh untuk memberi respon perlawanan. Ini menyebabkan otot menjadi kencang dan mempengaruhi proses melahirkan. Dengan melatih pikiran bawah sadar yang mengharapkan kelahiran aman dan lancar, wanita bisa menghindari kondisi perlawanan tadi, dan membuat proses kelahiran menjadi lancar.
Pikiran bawah sadar bertanggung jawab untuk banyak fungsi tubuh, dan juga menjadi sumber bagi sistem keyakinan kita. Wanita bisa merespon sugesti hipnotis dengan baik sehingga ia melepaskan hormon perasaan baik, seperti  endorphins dan serotonin ketika melahirkan. Ini membuat otot dan sistem saraf ibu menjadi lebih rileks hingga ke titik yang berkurang rasa sakitnya atau bahkan tanpa rasa sakit sama sekali.
Hipnotis yang bisa memudahkan persalinan dengan membantu wanita menghindari kondisi perlawanan ini memang belum terbukti dalam penelitian. Tapi, cukup masuk akal berdasarkan pemahaman para ahli tentang bagaimana tubuh bekerja. Misalnya, relaksasi bisa merendahkan tingkat maternal sirkulasi hormon stres catecholamines, dan rendahnya level hormon ini bisa memfasilitasi kontraksi peranakan. Kebalikannya juga bisa terjadi, stres dan rasa takut bisa meningkatkan catecholamines, yang dapat melambatkan atau bahkan menghentikan proses persalinan.
Ada juga validasi pada praktek penggunaan kosakata yang lebih lembut untuk menggambarkan kelahiran. Ketika dokter menggunakan bahasa yang intimidatif untuk menggambarkan injeksi anestetik lokal sebelum penempatan epidural, misalnya, ini akan terasa seperti sengatan lebah yang sangat besar, dan menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Wanita menilai injeksi ini lebih menyakitkan dibanding ketika dokter menggunakan bahasa yang lebih lembut, misalnya dengan menggambarkan injeksi sebagai sensasi cubitan kecil. Kata yang kita gunakan sangat memiliki kekuatan.
Tidak seperti penggunaan obat atau prosedur medis tertentu, terapi seperti hipnotis sulit untuk dievaluasi secara ilmiah. Masih diperlukan penelitian yang mendalam, tapi beberapa penelitian mendapati wanita yang menggunakan hipnotis membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dan menilai rasa sakit yang dialami tidak terlalu berat. Para ahli hipnotis memang tidak menjanjikan kelahiran yang bebas dari rasa sakit tapi banyak dari wanita yang dihipnotis hanya merasakan sedikit tidak nyaman atau sensasi tekanan saat persalinan.

Keuntungan hipnotis untuk kelahiran

Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ibu yang menggunakan hipnotis saat kelahiran kurang mengalami rasa sakit. Karenanya, hipnotis bisa menjadi pilihan yang baik bagi para ibu yang memerlukan pilihan pereda sakit selain dengan obat. Keuntungan lain dari hipnotis adalah hipnotis tidak memiliki efek samping atau risiko, tidak seperti penggunaan obat. Program hipnotis untuk kelahiran menawarkan kelahiran yang nyaman dan mengajarkan wanita bahwa mereka bisa mengandalkan tubuh dan pikiran untuk melalui proses ini.

Kerugian hipnotis untuk kelahiran

Mempelajari hipnotis diri memang membutuhkan waktu dan juga uang. HypnoBabies dan HypnoBirthing mengajarkan tekniknya melalui kelas berseri dengan harga tertentu. Karena banyak wanita yang mempelajari hipnotis diri untuk kelahiran dan berharap menghindari obat pereda sakit atau intervensi medis, kemungkinan Anda akan kecewa jika pada akhirnya Anda meminta epidural atau membutuhkan bantuan medis.
Jika Anda memiliki cukup uang dan waktu untuk mempelajari hipnotis, sepertinya siapapun bisa menggunakan cara ini. Satu-satunya syarat adalah keinginan untuk mendengar sugesti yang diberikan dan meyakininya. Jika Anda mengikuti program hipnotis dan menerima apa yang Anda dengar sebagai sistem keyakinan Anda yang baru, maka Anda akan berhasil. Orang yang tidak berhasil dihipnotis biasanya karena mereka menahan sugesti yang datang ke dalam pikiran mereka.
Meski pada umumnya banyak ibu yang mempelajari hipnotis diri untuk kelahiran guna menghindari obat, intervensi medis, dan kelahiran sesar, hipnotis diri bisa membantu wanita pada segala jenis kelahiran.
Secara umum ada dua program utama yang mengajarkan hipnotis untuk kelahiran:

HypnoBirthing

HypnoBirthing digambarkan sebagai program filosofi serta teknik kelahiran yang lembut. HypnoBirthing mengandalkan posisi tubuh dan relaksasi, latihan pernafasan, afirmasi, dan visualisasi untuk menempatkan ibu di kondisi rileks yang mendalam, disertai teknik hypnotic anesthesia.
Pengajaran HypnoBirthing biasanya dilakukan dalam sejumlah kelas berseri. Anda sebenarnya bisa mempelajarinya sendiri melalui buku atau CD tentang HypnoBirthing. Materi yang digunakan sama dengan yang dipelajari di dalam kelas. Tidak ada pekerjaan rumah selama mengikuti kelas ini tapi instruktur akan menyarankan Anda untuk mendengarkan CD setiap hari.

HypnoBabies

HypnoBabies bertujuan menempatkan wanita pada kondisi hipnotis terdalam, yang disebut somnambulistic hypnosis, yang bisa menciptakan kondisi melahirkan paling nyaman. Pengajarannya tetap berupa kelas berseri selama sekitar 6 minggu. Anda akan banyak berlatih dalam mengikuti kelas ini. Program HypnoBabies membutuhkan latihan selama 45 menit setiap harinya, yang akan membantu mengumpulkan sugesti di kondisi bawah sadar ibu.
(Ismawati)