Kehamilan

Rambut Rontok Saat Hamil, Normal Nggak Ya?

Rambut Rontok Saat Hamil, Normal Nggak Ya?

Sebagian Ibu hamil, umumnya akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Mulai dari munculnya stretch mark, beberapa bagian tubuh yang menghitam, hingga kerontokan pada rambut.

Yup! Rambut rontok saat hamil memang nggak jarang bikin gengges alias ganggu banget ya, Bu? Apalagi kalau basicly Ibu memiliki jenis rambut ya hitam dan tebal sebelum hamil.

Rasanya pasti sedih banget melihat helaian rambut kita rontok satu persatu. Rambut rontok saat hamil seringkali membuat Ibu bertanya-tanya, apa yang salah ya? 

Tenang, Bu ternyata rambut rontok saat hamil merupakan kondisi yang normal terjadi, lho! Bahkan kondisi ini umum terjadi pada 40-50 persen Ibu hamil di seluruh dunia. Karenanya, yuk, ketahui apa yang menjadi penyebab rambut rontok saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini!

Fakta dan Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

A person leaning on a railing

Description automatically generated with low confidence

Tahukah Ibu? Faktanya, baik pria maupun wanita rata-rata akan kehilangan sekitar 50 hingga 100 helai rambut setiap hari, lho! Selama kehamilan, peningkatan kadar estrogen memperlambat siklus alami kerontokan folikel rambut. 

Hal ini membuat beberapa wanita mungkin akan mengalami kerontokan rambut yang lebih sedikit. Tapi, kondisi tersebut nggak selalu terjadi ya, Bu, karena tiap kehamilan memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Jika melansir Healthline, ada beberapa penyebab rambut rontok saat hamil yang sering dicurigai, diantaranya sebagai berikut:

1. Adanya Perubahan Hormon

Kehamilan terkadang membuat Ibu sering mengalami morning sickness berupa mual, muntah hingga bahkan sekadar minum air putih saja, rasanya sulit tertelan. Salah satu yang menyebabkan morning sickness adalah adanya perubahan hormon saat hamil.

Nah, selain itu perubahan hormon saat hamil juga seringkali membuat rambut mengalami penipisan hingga menyebabkan kerontokan. Kondisi ini mungkin hanya akan dialami oleh sebagian wanita hamil saja. 

Namun, disadari atau nggak rambut rontok saat hamil ini bisa bikin Ibu jadi lebih mellow. Ditambah dengan ketidakseimbangan hormon yang membuat Ibu lebih moody dan rentan mengalami stress.

Meski begitu, rambut rontok saat hamil akibat perubahan hormon mungkin tidak akan langsung terjadi ketika kehamilan berlangsung. Sebaliknya, mungkin perlu dua hingga empat bulan sampai akhirnya Ibu menyadari hal tersebut.

Tapi, nggak perlu khawatir ya, Bu. Sebab kondisi ini nggak akan berlangsung lama dan tidak akan menyebabkan kerontokan rambut permanen. Setelah melahirkan, Ibu mungkin akan bisa merasakan keindahan rambut Ibu kembali.

2. Kondisi Kesehatan Tertentu

Rambut rontok saat hamil juga bisa diakibatkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Misalnya saja seperti Ibu hamil dengan diabetes gestasional hingga kekurangan hormon tiroid.

Apalagi hormon tiroid memiliki fungsi penting untuk menjaga metabolisme sistem pencernaan, mengatur berat badan, menjaga kesehatan mental, hingga kesehatan kulit, kuku, serta rambut. Nggak hanya itu, jika melansir Very Well Family, jika Ibu hamil kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan gangguan perkembangan pada otak calon buah hati, lho!

Jadi, kalau Ibu hamil kekurangan hormon ini, perlu konsultasi lebih lanjut pada dokter ya. Apalagi kalau Ibu curiga rambut rontok saat hamil yang dialami dirasa sudah sangat mengganggu.

3. Kurang Nutrisi

Asupan nutrisi dan vitamin selama hamil sangat penting untuk dipenuhi. Apalagi Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak, untuk mendukung tumbuh kembang calon bayi di dalam kandungan.

Nutrisi serta vitamin ini juga diperlukan agar zat besi Ibu dan bayi tetap terpenuhi. Sebab, zat besi punya peran penting dalam mengalirkan oksigen melalui sel darah merah ke seluruh jaringan tubuh, termasuk rambut. Nah, kalau Ibu kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia, kelelahan hingga penipisan rambut yang bikin rambut Ibu jadi mudah rontok.

4. Penyebab Lainnya

Melansir American Pregnancy Association, penyebab rambut rontok saat hamil lainnya juga bisa diakibatkan oleh perubahan hormon esterogen yang tidak seimbang. Biasanya diakibatkan oleh Ibu yang pernah menggunakan alat kontrasepsi hormonal serta pernah mengalami keguguran sebelumnya.

Cara Tepat Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

 

A person sitting on a bed

Description automatically generated with medium confidence

Seperti yang kita tahu bahwa rambut rontok saat hamil tidak akan terjadi secara permanen. Biasanya, beberapa bulan setelah melahirkan kerontokan rambut ini akan mulai berkurang.

Namun, menurut American Academy of Dermatology Association, Ibu tetap harus melakukan perawatan khusus di rumah, guna mengurangi kerontokan rambut yang dialami. Berikut ini adalah beberapa cara tepat untuk mengatasi rambut rontok saat hamil yang bisa dicoba:

  • Gunakan sampo dan kondisioner yang bisa menambah volume rambut. Sampo jenis ini biasanya mengandung bahan seperti protein dan biotin yang berfungsi untuk melapisi rambut, membuat rambut tampak lebih bervolume.
  • Gunakan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut yang lebih ringan.
  • Gunakan kondisioner terutama pada ujung rambut. Sebaiknya, jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala ya Bu! Hal ini hanya akan membebani rambut dan membuat rambut mudah rontok.
  • Berikan sedikit pijatan lembut saat menggunakan shampoo. Diamkan kurang lebih 1-2 menit, baru kemudian bilas hingga bersih.
  • Hindari mewarnai rambut saat hamil, karena bisa membuat rambut jadi lebih kering dan rentan rontok.
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang.
  • Pastikan hidrasi tubuh tercukupi dengan baik.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan zat flavonoid dan mikronutrien penting yang dapat membantu menjaga kesehatan akar rambut.

Selain itu, Ibu juga bisa memenuhi asupan nutrisi harian dengan tambahan suplemen vitamin yang mengandung mikronutrien layaknya Osfit Platinum. Berbeda dari suplemen lain, Osfit Platinum memiliki aroma vanilla yang nggak bikin Ibu Hamil jadi mual saat mengonsumsinya.

A picture containing text, electronics

Description automatically generated

Apalagi Osfit Platinum mengandung 10 vitamin, 5 mineral dan Omega 3 yang merupakan nutrisi lengkap untuk kebutuhan Ibu dan si Kecil. Cukup dikonsumsi sebanyak 1 kali sehari secara rutin, agar dapat membantu mengurangi kemungkinan rambut rontok saat hamil. 

Diagram, website, calendar

Description automatically generated with medium confidence

Osfit Platinum juga bisa tetap dikonsumsi selama masa menyusui, lho! Karenanya, yuk dukung kebutuhan nutrisi Ibu untuk si Kecil dalam kandungan dengan memberikan tambahan nutrisi layaknya Osfit Platinum.

 Untuk informasi lebih detail, Buibu bisa kunjung Instagram @osfitplatinum yaaa, Bu!