Kehamilan Dibaca 6,104 kali

Sapu Bersih Kecemasan Anda Selama Hamil

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati
Sapu Bersih Kecemasan Anda Selama Hamil
Kehamilan bisa jadi merupakan masa yang sangat indah dalam hidup Anda, tapi masa indah ini sering kali berubah menjadi kecemasan dan ketakutan. Perubahan pada kehidupan dan tubuh Anda melahirkan rasa khawatir, terutama bila ini adalah kehamilan Anda yang pertama. Anda ingin semua berjalan sempurna, tapi Anda justru dihinggapi rasa cemas dan takut tentang setiap kemungkinan yang akan terjadi. Semakin Anda memikirkan hal ini, semakin parah kecemasan yang Anda alami.

Di saat hamil, sangat wajar bila merasa khawatir tentang apa yang Anda makan, minum, rasakan, dan lakukan. Juga benar-benar normal bila Anda cemas mengenai kesehatan janin, perubahan yang akan ia bawa ke dalam kehidupan Anda dan pasangan, serta kemampuan Anda untuk melakukan tugas sebagai orangtua. Tapi jika kecemasan Anda mulai menyita waktu dan mengganggu fungsi kerja Anda sehari-hari, berarti sudah waktunya untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mengatasinya.

Sebagai langkah awal, berbagilah tentang apa yang Anda rasakan dengan pasangan. Meski salah satu kekhawatiran Anda adalah tentang dirinya. Kemungkinan pasangan Anda juga memiliki kekhawatiran sendiri. Berkomunikasi secara terbuka tentang rasa cemas ini dapat membantu Anda berdua merasa lebih baik. Cari teman atau anggota keluarga untuk mendapatkan dukungan. Para calon ibu lain bisa juga menjadi sumber dukungan Anda, karena mereka mungkin juga mengalami kekhawatiran yang sama dengan Anda.

Bila Anda benar-benar merasa cemas atau memiliki alasan tertentu untuk khawatir tentang kesehatan si bayi, ceritakan apa yang Anda rasakan pada seorang dokter. Jika kecemasan masih tetap membayangi setelah Anda mencurahkan perasaan dan menjalani pemeriksaan kesehatan janin, konseling dari seorang profesional dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Stres setiap hari telah menjadi bagian dari kehidupan modern. Tingkat stres yang kronis dan tinggi bisa mengakibatkan Anda melahirkan sebelum waktunya atau melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Jika Anda tipe pribadi yang sangat peduli pada orang lain atau memberi perhatian sangat besar pada pekerjaan, menjadikan diri sendiri sebagai prioritas sepertinya terdengar egois.

Tapi merawat diri merupakan bagian yang esensial dalam merawat bayi Anda. Menghilangkan stres atau mempelajari cara untuk mengatasinya akan membuat kehamilan Anda menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
 
  1. Hindari cerita dan gambar menakutkan

    Saat Anda cemas, alangkah baiknya untuk membatasi atau menghindari menonton berita, membaca surat kabar, atau membaca cerita online yang menakutkan. Mengisi pikiran Anda dengan gambaran dan cerita negatif hanya akan membuat rasa cemas Anda bertambah parah. Anda sebaiknya menghindari menonton berita sebelum tidur. Anda akan tidur lebih baik dan lebih rileks jika menghabisakan waktu sekitar 30 menit sebelum tidur dengan aktifitas yang menenangkan seperti mandi atau mendengarkan musik yang lembut.
     
  2. Lakukan meditasi

    Bila Anda belum pernah melakukan meditasi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Meditasi merupakan cara yang baik untuk menenangkan diri dan meringankan rasa cemas. Meditasi tidak harus berkaitan dengan satu kepercayaan agama tertentu, juga tidak memerlukan keterampilan atau tempat khusus. Meditasi dinilai efektif untuk mengatasi kecemasan karena membuat Anda menghentikan pikiran-pikiran yang berkeliaran di kepala Anda untuk sementara waktu.

    Yang Anda butuhkan hanyalah tempat yang sepi dimana tidak Anda orang yang mengganggu Anda selama 10 hingga 15 menit. Untuk beberapa orang, waktu yang paling tepat adalah di pagi hari, sebelum orang lain terbangun dari tidur. Usahakan untuk melakukannya setiap hari pada waktu yang sama. Anda cukup duduk dengan nyaman dan menutup mata, lalu fokus hanya pada pernafasan Anda. Dibutuhkan latihan untuk bisa terbiasa melakukannya.
     
  3. Hindari kata-kata “bagaimana seandainya…”

    Saat Anda hamil dan merasa cemas, pikiran Anda diisi oleh banyak sekali kalimat “bagaimana seandainya..,” seperti, “bagaimana seandainya bayi saya prematur,” “bagaimana seandainya ada yang tidak beres saat persalinan nanti,” “bagaimana seandainya saya tidak bisa menjadi ibu yang baik,” “bagaimana seandainya bayi saya lahir cacat,” dan masih banyak lagi. Pikiran-pikiran seperti ini sangat menyiksa, dan membuka pintu untuk semua jenis kekhawatiran dan ketakutan yang tidak perlu.

    Bila Anda mendapati diri sedang mengira-ngira apa yang mungkin akan terjadi, segera hentikan dan ingatkan diri Anda bahwa semua pikiran “bagaimana seandainya…” yang ada di kepala Anda tidak akan terjadi. Tapi bila semua itu terjadi, Anda akan mampu mengatasinya saat waktunya tiba nanti. Yakinkan diri Anda seperti Anda meyakinkan sahabat dekat atau orang yang Anda cintai. Jika memungkinkan, bicaralah pada seseorang yang Anda percaya tentang apa yang Anda rasakan. Membicarakan hal ini pada seseorang dapat membantu meringankan beban pikiran Anda.
     
  4. Mengatur nafas

    Saat Anda merasa cemas, nafas Anda biasanya menjadi lebih cepat dan lebih dangkal. Luangkan waktu beberapa menit untuk berhenti dari aktifitas yang sedang dilakukan dan fokuslah pada pernafasan Anda.

    Lakukan latihan untuk menarik nafas perlahan dan dalam, hirup udara melalui hidung diikuti dengan menghembuskannya dengan pelan. Memperlambat nafas bisa membuat Anda rileks. Anda akan segera menjadikannya sebagai kebiasaaan dengan melatih pernafasan lambat dan melakukannya beberapa kali dalam sehari.
     
  5. Mencari cara untuk mengurangi stres

    Stres selalu memperparah kecemasan. Beberapa tingkat kecemasan memang tak bisa dihindari. Yang bisa Anda lakukan adalah mencari cara untuk menguranginya. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda:
     
    • Melakukan olahraga teratur, aktifitas olahraga seperti berenang dan berjalan kaki bisa membantu mengurangi stres.

    • Jika memungkinkan, kurangi jam kerja Anda.

    • Buat jadwal untuk kegiatan keseharian agar waktu Anda bisa maksimal dan menghindari situasi stres yang tinggi, misalnya berbelanja di tempat yang tidak terlalu ramai atau mengemudi di saat lalu lintas tidak terlalu macet.

    • Mendelegasikan pekerjaan rumah atau kantor ke orang lain.

    • Bergabung dengan grup tertentu. Jika Anda menghadapi situasi yang sulit, menghabiskan waktu bersama orang lain dengan masalah yang sama bisa meringankan beban Anda. Banyak wanita hamil yang bergabung di online forum. Di tempat ini Anda bisa terhubung dengan para ibu lain yang mengalami masalah sama.

    • Konsumsi makanan sehat, asupan gizi seimbang membuat Anda memiliki energi fisik dan emosi yang dibutuhkan.

    • Tidur lebih awal. Tubuh Anda bekerja lebih keras untuk menjaga si janin sehingga membutuhkan istirahat yang cukup.

    • Bila Anda berada pada tingkat stres yang tidak wajar atau merasa berada pada titik puncak, mintalah referensi ahli terapi pada dokter Anda. Ahli terapi bisa lebih baik dalam menilai seberapa parah kecemasan Anda dan apa yang Anda butuhkan untuk merasa lebih baik. Mendapat bantuan selama kehamilan akan menjaga Anda dan bayi dari resiko yang tidak perlu serta mengurangi kemungkinan depresi dan kecemasan setelah melahirkan.

    •  
Jangan biarkan rasa cemas membayangi Anda di masa kehamilan. Dengan melakukan saran-saran di atas, Anda akan menjadi lebih rileks dan mampu mengontrol pikiran dan perasaan Anda.

(Isma)