Kelahiran

Terakhir diperbaharui

Mengatasi Alergi Makanan pada Bayi ASI

Kebanyakan orang memahami kalau makanan yang ibu makan bisa mempengaruhi ASI-nya. Kita tahu kalau tidak hanya rasa dari makanan yang bisa masuk ke ASI, tapi protein dari makanan dan bahan kimia lainnya juga. Bila bayi mengalami alergi atau intoleransi terhadap makanan yang ibu makan, ia bisa menunjukkan reaksi yang merugikan.

 

Kondisi ini berbeda dengan ...

Terakhir diperbaharui

Kenapa 1000 Hari Pertama Anak Sangat Penting?

Para ilmuwan dan peneliti telah menyatakan 1000 hari pertama, yakni periode sejak kehamilan hingga usia anak 2 tahun, sebagai waktu paling penting dalam kehidupan nutrisi seorang anak. Konsep 1000 hari pertama kali muncul di tahun 2008, ketika sebuah jurnal medis di Inggris membahas tentang nutrisi ibu dan bayi. Laporan ini menyimpulkan kalau nutrisi yang dikonsumsi ...

Terakhir diperbaharui

Mengenal Trimester Keempat yang Terjadi Setelah Melahirkan

Bayangkan seperti apa trimester ketiga pada bayi di dalam rahim, ia berada di tempat yang hangat, gelap dan nyaman. Tidak ada rasa sakit dan haus, ia juga tidak merasakan panas atau dingin, karena ia berada di lingkungan yang sesuai untuknya.

 

Bayi baru lahir masih harus berkembang, ia tidak bisa melarikan diri bila merasa dalam ...

Terakhir diperbaharui

Tips Agar ASI Keluar Lancar Setelah Ibu Melahirkan

Setelah melahirkan si kecil, keluarnya plasenta memicu produksi ASI secara otomatis dan kegagalan laktasi biasanya sangat jarang terjadi. Tingkat volume ASI yang keluar akan bergantung pada seringnya menyusui dan memulainya sejak dini.

 

Kapan ASI keluar setelah melahirkan?

Ibu biasanya merasakan ASI keluar dalam dua hingga tiga hari setelah bayi lahir. Sekitar waktu ini payudara ...

Terakhir diperbaharui

Bahayakah Kondisi Bayi Kuning karena ASI?

Penyakit kuning, yang ditandai warna kuning pada kulit dan mata, sangat umum terjadi pada bayi baru lahir. Sekitar 60 persen bayi mengalami penyakit kuning dalam beberapa hari setelah lahir. Bayi kuning terjadi ketika ia memiliki tingkat bilirubin yang tinggi pada darah. Bilirubin merupakan pigmen kuning yang dihasilkan dari sel darah merah yang pecah.

 

Di ...

Terakhir diperbaharui

Menyusui Dua Anak dengan Tandem Nursing

Bila Anda hamil dan memiliki batita, selamat ya! Banyak ibu menyusui memutuskan untuk tidak melanjutkan menyusui saat dinyatakan hamil lagi. Bila Anda tidak mau berhenti menyusui anak yang lebih besar ketika bayi lahir, Anda memang tidak perlu melakukannya. Tandem nursing menjadi semakin populer seiring peningkatan jumlah ibu menyusui dan ini sangat aman dilakukan.

 

Apa ...

Terakhir diperbaharui

Ke Mana Saja Ibu Boleh Pergi Sama Bayi Baru Lahir?

Bayi sepertinya mudah dibawa-bawa ya Bun? Cukup dudukkan ia di car seat atau bawa di gendongan dan Anda siap untuk bepergian, bukan? Tidak semudah itu ternyata. Bernegosiasi bahkan untuk hal paling simple bersama bayi yang rewel saat digendong bisa meningkatkan stres ibu. Tapi Anda kadang harus pergi sama bayi, misalnya ketika Anda harus mengantar kakak ...

Terakhir diperbaharui

Inisiasi Menyusu Dini, Penting Untuk Bayi dan Ibu

Bunda, apakah Anda pernah mendengar istilah IMD? IMD (inisiasi menyusu dini) merupakan proses bayi menyusu pada ibu setelah dilahirkan, bayi mencari sendiri puting susu ibunya. Sedangkan untuk tahapan IMD sebagai berikut:

 

  • Selama proses kelahiran, ibu dianjurkan untuk tidak atau mengurangi penggunaan obat kimia. Bila penggunaan obat terlalu banyak, dikhawatirkan akan mempengaruhi proses menyusui dalam ...

Terakhir diperbaharui

Ayo Kenali Manfaat Skin To Skin dengan Bayi

“Lakukan skin to skin!” Kita sering mendengar saran ini di beberapa hari dan minggu pertama kelahiran bayi. Kita juga mendengar istilah golden hour setelah lahir, dimana ibu bersama bayi tanpa mendapat gangguan dari siapapun. Tapi seiring bayi tumbuh dan menjadi lebih mandiri, durasi skin to skin bisa jadi lebih pendek, ibu dan bayi juga ...