Kelahiran

10 Cara Membedakan Bayi Kembar Anti Salah

10 Cara Membedakan Bayi Kembar Anti Salah

Selain orangtuanya, biasanya kita kesulitan dalam membedakan bayi kembar. 

Apalagi jika kembar identik atau monozigotik, maka akan semakin sulit membedakannya.Kembar identik memiliki kemiripan fisik sehingga sangat sulit dibedakan.

Kadang-kadang, anak kembar memiliki persona yang berbeda yang dapat membantu orang luar mengenali dan membedakan mereka. 

Namun bagi yang jarang bertemu si kembar, tetap akan terasa sulit membedakannya jika tidak tahu cara membedakan bayi kembar.

Bagaimanakah cara membedakan bayi kembar? Simak caranya seperti yang dilansir dari Very Well Family.

1. Perhatikan kepribadiannya

10-cara-membedakan-bayi-kembar-anti-salah-1

Beberapa anak kembar ingin tampak sama dengan saudara kembarannya, namun beberapa anak kembar ingin tampak menonjol dan menunjukkan kepribadiannya sebagai seorang individu berbeda.

Cara membedakan bayi kembar yang sederhana adalah memperhatikan kepribadiannya. Kamu bisa bertanya kepada orangtuanya perihal kepribadian menonjol mereka.

2. Membedakan berdasarkan warna favoritnya

Cara membedakan bayi kembar berikutnya adalah preferensi warna favorit mereka. Tanyakanlah kepada keluarga terdekat soal warna favorit mereka. Jika mereka konsisten memakai warna favorit mereka, kamu akan dengan mudah membedakan anak kembar.

Bagi orangtua yang memiliki bayi kembar, disarankan untuk tidak memakaikan si kembar dengan pakaian yang sama. Gunakan warna yang berbeda untuk mempermudah keluarga dan orang sekitarnya membedakan mereka.

3. Kidal atau tidak?

Beberapa anak kembar terlahir dengan keadaan kidal, tidak kidal, atau bahkan satu kidal satu tidak kidal. 

Jika anak kembar tersebut memiliki preferensi penggunaan yang berbeda, maka akan dengan mudah bagi orang sekitarnya untuk menjadikan preferensi penggunaan tangan sebagai cara membedakan bayi kembar.

10-cara-membedakan-bayi-kembar-anti-salah-2

4. Mengamati kebiasaan mereka

Untuk kembar yang sudah beranjak besar, biasanya mereka memiliki kebiasaan yang berbeda. Sebagai contoh, jika satu anak seorang yang pendiam dan kembarannya cerewet, maka kamu akan dengan mudah membedakan anak kembar. 

Terkadang perbedaan kebiasaan dapat dilihat dari bayi sehingga ini merupakan salah satu cara ampuh membedakan bayi kembar.

5. Mengintip dibalik popoknya

Melihat jenis kelamin sang bayi adalah cara membedakan bayi kembar paling mudah untuk kembar fraternal berbeda jenis kelamin. Meski kembar fraternal biasanya memiliki fisik yang jauh berbeda, namun kembar fraternal yang masih bayi kerap sulit dibedakan.

6. Mengasosiasikan nama dengan warna

10-cara-membedakan-bayi-kembar-anti-salah-3

Membedakan bayi kembar terkadang sulit juga dilakukan oleh Ibu kandung. Salah satu caranya adalah mengasosiasikan nama dengan warna. 

Sebagai contoh, untuk anak bernama Diana bisa menggunakan pakaian berwarna putih. Ini karena pada “Diana” dan “putih” terdiri dari 5 huruf. Kemudian jika kembarannya bernama Dana, bisa menggunakan baju berwarna biru  karena sama-sama terdiri dari 4 huruf.

7. Mencegah kebingungan pada satu foto

Bisa saja Ibu sudah dapat membedakan bayi kembar dengan mudah jika menghadapinya langsung. Namun, membedakan bayi kembar di foto cukup rumit, bahkan orangtua kandung pun sangat mungkin bingung membedakannya.

Tumpukan memori yang telah lampau membuat kebingungan dalam membedakan bayi kembar. Salah satu cara mengatasi kebingungan tersebut adalah dengan cara memposisikan bayi kembar di posisi yang sama di tiap foto. Misalnya Diana di sebelah kanan foto dan Dana di sebelah kiri foto.

Namun, tidak semua foto bisa dikondisikan sesuai yang diinginkan. Ibu dapat mencoba cara-cara lain agar tidak kebingungan membedakan bayi kembar saat melihat foto. Misalnya dengan memfoto bayi kembar menggunakan mainan kesukaan masing-masing.

Trik lain mencegah kebingungan membedakan bayi kembar pada foto adalah menandai langsung anak kembar tersebut.

8. Memakaikan aksesoris yang berbeda

10-cara-membedakan-bayi-kembar-anti-salah-4

Cara mencegah kebingungan membedakan bayi kembar adalah dengan cara memakaikan aksesoris yang berbeda di tiap anak kembar. Misalnya sang kakak kembar memakai gelang di tangan kanan dan sang adik kembar memakai gelang di sebelah kiri. 

Dengan cara ini, Ibu tidak kebingungan membedakan sang anak kembar meski mereka menggunakan baju yang sama sekalipun.

Ibu juga bisa menandai sang anak kembar dengan aksesoris permanen seperti anting.

9. Menggunakan penanda di kaki

Cara membedakan bayi kembar yang paling sederhana adalah dengan menandai tanda kecil di kakinya. Ini akan sangat berguna membedakan bayi kembar yang baru lahir. Misalnya Ibu dapat menggunakan penanda huruf pertama mereka di kakinya.

Pastikan penanda tersebut berada di area dimana bukan jangkauan mereka untuk memasukkan penanda tersebut ke dalam mulut. Jika menggunakan tinta, pastikan aman untuk kulit bayi yang sensitif. 

Meski risiko tinta ini mudah hilang apalagi saat mandi, Ibu dapat menulis kembali dengan tinta yang sama berulang-ulang kembali.

Salah satu solusi lebih permanen ketimbang menulis dengan tinta di kaki mereka adalah dengan cara mengecat kuku jari kaki si kecil dengan warna yang berbeda. Tentunya gunakan kuteks yang aman untuk bayi.

10. Membedakan berdasarkan perbedaan fisik

Meski kembar identik sekalipun, hampir tidak mungkin anak kembar memiliki fisik yang 100% serupa. Beberapa perbedaan fisik yang bisa dijadikan penanda anak kembar adalah tanda lahir dan tahi lalat yang muncul di berbagai area tubuh si kembar.

Bahkan terkadang, Ibu dapat membedakan si kembar berdasarkan ekspresi muka yang mereka keluarkan.

Bagaimana? Cara mana yang kamu gunakan untuk membedakan bayi kembar?

Editor: Dwi Ratih