Kelahiran

10 Fakta Bayi Bulan Juni, Dipengaruhi Musim Hingga Permata

10 Fakta Bayi Bulan Juni, Dipengaruhi Musim Hingga Permata

Memiliki bayi bulan Juni terasa istimewa, lho. Jika Ibu baru melahirkan bayi di bulan Juni dan ingin tahu seperti apa karakteristik yang mendominasi dirinya kelak, mari menelusuri lebih jauh artikel ini.

Fakta-Fakta Bayi Bulan Juni

Penasaran apa fun fact bayi bulan Juni? Simak lanjutannya yuk!

1. Bayi Bulan Juni Lebih Sehat


Dilansir dari laman Elsevier yang mengutip sebuah studi di tahun 2015 berisikan tentang bagaimana pengaruh musim terhadap kesehatan bayi, ditemukan bahwa bayi bulan Juni lebih sehat. Mereka lahir dengan tinggi dan berat badan lebih daripada bulan di musim selain musim panas dan semi. Tentu penelitian ini dilakukan di Negara 4 musim, dimana musim panas dan musim semi menjadi musim yang lebih banyak mendapatkan sinar matahari.

Di Indonesia, bulan Juni termasuk dalam musim kemarau, dimana lebih banyak sinar matahari dibandingkan saat musim hujan di bulan Oktober-April. Ibu hamil yang lebih sering terpapar sinar matahari pada waktu yang tepat memiliki janin yang sehat. Sedangkan kelahirannya juga dihubungkan dengan bulan penuh energi.

2. Bayi Bulan Juni Lebih Optimis


Masih berhubungan dengan musim, bayi bulan Juni dipercaya lebih optimis, karena ia memiliki emosi yang kuat terkait dengan musim yang memberikan lebih banya sinar matahari. Bayi bulan Juni juga memiliki tekad kuat dalam melakukan suatu hal karena ia sangat optimis. Meski begitu, penelitian-penelitian sejenis mengemukakan bahwa masih ada faktor lainnya yang mempengaruhi karakteristik bayi bulan Juni.

3. Bayi Bulan Juni Berpotensi Punya Mood swing


Yes, meski bayi bulan Juni memiliki energi positif dan lebih optimis, masih ada potensi untuk mengalami mood swing. Coba perhatikan hal ini dikaitkan dengan musin kemarau. Di Indonesia musim kemarau bisa sangat panas sekali sampai membuat orang stres. Meski cerahnya mentari membawa semangat, tetapi saat hari luar biasa panas, seseorang bisa jengah juga. Hal ini mempengaruhi Ibu hamil dan momen melahirkannya. Sehingga bayi bulan Juni bisa saja memiliki mood yang cepat berubah dari senang luar biasa menjadi sedih atau sebaliknya.

4. Bayi Bulan Juni Lebih Berpotensi Mengajak Bergadang

Di Negara 4 musim, musim panas rata-rata memiliki waktu siang yang lebih panjang dari waktu malam. Sehingga memberikan pengaruh pada ritme sirkadian pada bayi. Ritme sirkadian adalah cara tubuh mengetahui kapan waktu aktif (siang) dan kapan waktu istirahat (malam). Jika waktu siang lebih lama maka bayi lebih cenderung untuk terjaga lebih lama.

Tetapi di Indonesia, hal serupa mungkin saja terjadi. Hal ini karena suhu saat malam berpotensi gerah dan membuat bayi tidak nyaman. Sehingga kegiatan bergadang mungkin saja dilakukan bayi bulan Juni.

5. Bayi Bulan Juni Dipercaya Sebagai Sosok yang Tulus


Tahukah Ibu dan Ayah tentang birthstone? Birthstone merupakan batu-batu permata yang melambangkan bulan kelahiran. Ada 12 batu kelahiran yang dilambangkan sebagai sifat dari sesorang yang lahir di masing-masing bulan. Bulan Juni dillambangkan dengan mutiara. Mutiara diibaratkan sebagai lambang kemurniaan, kesetiaan dan kekayaan. Sehingga bayi bulan Juni dipercaya memiliki sifat yang tulus, setia dan hati yang besar.

Bahkan, menurut kepercayaan, Juni adalah satu-satunya bulan yang memiliki lambang tiga jenis batu yang berbeda. Selain mutiara, Juni juga identik dengan batu bulan dan alexandrite. Batu bulan (moonstone) tampak berwarna-warni dan batu alexandrite merupakan batu yang dapat berubah warna. Sifat batuan ini diidentikkan dengan bayi bulan Juni.

6. Bayi Bulan Juni Dikenal Baik Hati


Menurut astrologi, bayi yang lahir bulan Juni sebelum tanggal 22 termasuk dalam zodiak Gemini yang memiliki sifat melihat segala sesuatu dari dua sisi. Sehingga ini memengaruhi pembawaan diri mereka yang dermawan, mudah memaafkan dan bijaksana.

7. Bayi Bulan Juni Dikenal Cerdas dan Punya Segudang Kreativitas


Dilansir dari laman Parenting Firstcry, bayi bulan Juni penuh rasa penasaran. Sehingga mereka selalu ingin tahu  dan suka menambah ilmu baru. Tetapi, karena memiliki banyak ide di kepalanya, membuat bayi bulan Juni agak susah fokus terhadap satu hal.

8. Bayi Bulan Juni Berkemauan Kuat


Mereka yang lahir di bulan Juni termasuk orang yang tahu apa yang mereka inginkan dan berkemauan keras untuk mencapainya. Tetapi di sisi lain, mereka jadi terlalu saklek dan cukup sulit diubah.

9. Bayi Bulan Juni Berjiwa Petualang


Karena bayi bulan Juni dikenal berani mengambil risiko, maka petualangan baru cocok untuk mereka. Mereka selalu tertarik dengan tantangan baru dan berani menjadi pemimpin. Hal ini masih berhubungan dengan energi positifnya yang meletup-letup.

10. Bayi Bulan Juni Punya Selera Humor yang Bagus


Bayi bulan Juni terbilang unik. Semangatnya yang berapi-api dan caranya dalam melihat sebuah masalah membuat selera humornya juga terasah. Mereka bisa membuat candaan hanya dari melihat masalah dari sudut pandang berbeda.

Semua karakteristik bayi bulan Juni ini terbilang sebagai karakter ‘bawaan’. Artinya masih bisa dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti pendidikan dari keluarga dan lingkungan.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih