Kelahiran Dibaca 3,823 kali

10 Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

Share info ini yuk ke teman-teman
Menur

Terakhir diperbaharui 13 November, 2019 09:11

10 Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

ASI memiliki segudang manfaat yang mampu memenuhi semua kebutuhan bayi pada 6 bulan pertama hidupnya. Pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) setelah bayi berusia 6 bulan tidak mengurangi manfaat ASI. Bahkan, bayi disarankan untuk diberi ASI hingga usia dua tahun untuk gizi dan nutrisi yang maksimal. Sayangnya, tidak semua ibu dan bayi mampu memenuhi kondisi ini. Susu formula pun dipilih sebagai pengganti ASI, baik untuk sementara maupun seterusnya.

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), pemberian susu formula diperbolehkan dalam kondisi tertentu, misalnya:

  • Bayi menderita galaktosemia. Galaktosemia merupakan kelainan di mana tidak terdapatnya enzim dalam tubuh yang mencerna galaktosa (hasil penguraian laktosa). Karena ASI tinggi laktosa, pemberian ASI bisa berakibat pada pembengkakan hati dan limpa maupun gagal tumbuh. Susu formula bisa diberikan selama tidak mengandung laktosa.

  • Bayi mengalami maple syrup urine disease, yaitu tidak mampu mencerna jenis protein leusin, isoleusin, dan valine. Susu formula bisa diberikan selama tidak mengandung tiga jenis protein tersebut.

  • Ibu terinfeksi HIV, dengan catatan tersedianya susu pengganti yang memenuhi kriteria AFASS atau acceptable, feasible, affordable, sustainable dan safe.

  • Ibu penderita CMV (cytomegalovirus) yang melahirkan bayi prematur.


Selain penyakit atau kelainan di atas, susu formula juga diperbolehkan untuk diberikan sementara pada ibu yang sedang dalam pengobatan seperti konsumsi obat kemoterapi dan obat epilepsi, maupun penggunaan povidone-iodine dengan dosis signifikan pada luka terbuka.

Bagi Ibu yang tidak mampu memberikan ASI karena kondisi di atas, jangan berkecil hati. Konsultasikan dengan dokter tentang pemberian susu formula yang sesuai dengan kebutuhan bayi, mengingat hambatan yang dialami bayi berbeda-beda. Cermati kandungan yang ada pada susu formula, sesuaikan pula dengan kemampuan Ibu dan Ayah. Jika pemberian susu formula hanya bersifat sementara, Ibu tetap harus rutin memerah ASI untuk menjaga produksi ASI.

Ibu juga perlu ingat bahwa susu formula yang cocok untuk bayi lain belum tentu cocok untuk bayi Ibu meskipun rekomendasinya bagus. Cobakan sedikit demi sedikit sambil mengamati reaksi bayi. Agar tidak bingung saat memutuskan jenis atau merk susu formula yang akan dicoba, ada baiknya Ibu membaca rekomendasi susu formula untuk bayi usia 0-12 bulan berikut ini.

  1. BABY & ME Organic

    Susu Formula Baby & Me

    Susu formula kerap diidentikkan dengan produk kemasan yang jauh dari kata alami. Namun, susu organik berbeda. BABY & ME Organic adalah salah satu contohnya. Susu formula organik yang ditujukan untuk bayi usia 0-6 bulan dan 7-12 bulan ini dibuat secara organik. Peternakan dan proses pembuatan yang organik membuat susu ini juga memperoleh kandungan nutrisi yang organik seperti, Omega 3-Omega 6 organik, FOS dan GOS Organik, dan 15 vitamin serta 12 mineral. Berbeda dengan susu formula biasa, BABY & ME Organic berasal dari sapi yang terjamin diternakkan tanpa suntikan hormon dan hanya memamakan rumput serta biji-bijian organik. Tidak hanya itu, Proses dan produk organik Baby & Me ini telah memiliki sertifikasi organik Eropa, sertifikasi organik Indonesia, dan telah memiliki label halal MUI.Untuk informasi yang lebih lengkap, klik di sini.

    Susu formula BABY & ME Organic dijual dengan harga Rp 282.000 untuk kemasan 720 gram. Ibu bisa membelinya di sini.

  2. Morinaga BMT

    Morinaga BMT

    Susu formula produksi KALBE Nutrititionals dan Morinaga Jepang ini ditujukan untuk bayi usia 0-6 bulan. Morinaga BMT hadir dalam beberapa varian sesuai kebutuhan bayi, yaitu BMT Gold, BMT P-HP, BMT Platinum, dan BMT Soya. Morinaga BMT Soya berbahan dasar isolat protein kedelai sehingga aman untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosa maupun protein susu sapi. BMT P-HP mengandung protein susu sapi yang diolah secara enzimatik sehingga lebih mudah dicerna dan dapat mengurangi risiko alergi.

    Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya antara lain AA DHA, alfa laktalbumin, prebiotik, laktulosa, laktoferin, taurin, karnitin, mineral, dan vitamin. Harga mulai dari Rp 45.000 untuk berat 200 gram, bisa dibeli di sini.

  3. Nutribaby Royal

    Nutribaby Royal

    Nutribaby Royal 1 merupakan produk Nutricia yang diformulasikan untuk bayi usia 0-6 bulan, sementara Nutribaby Royal 2 merupakan susu formula lanjutannya untuk usia 7-12 bulan. Kandungan gizinya lengkap, mulai dari Omega 3 dan Omega 6, AA dan DHA, Laktosa, Prebiotik, 18 vitamin dan mineral, termasuk zat besi dan asam linoleat untuk menstimulasi perkembangan otak. Susu formula ini juga dilengkapi dengan formula Acti DuoBio untuk ketahanan tubuh optimal.

    Dapatkan info lengkap sekaligus beli produk Nutribaby Royal di sini dengan harga Rp 87.500 untuk ukuran 350 gram.

  4. SGM LLM+ Presinutri

    SGM LLM_ Presinutri

    Salah satu susu formula yang merupakan produk lokal adalah SGM. Untuk bayi usia 0-12 bulan yang memiliki intoleransi laktosa / mengalami galaktosemia, SGM LLM+ Presinutri bisa menjadi solusi. Susu formula ini bebas laktosa, mengandung 11 asam amino esensial seperti isoleusin, leusin, dan lisin. Karena kandungan laktosanya yang rendah, SGM LLM+ juga dapat dikonsumsi oleh bayi yang sedang menderita diare.  

    Untuk ukuran 200 gram, susu formula ini dijual dengan harga Rp 32.000. Ibu bisa membelinya di sini.

  5. Wyeth S26

    Wyeth S26

    Susu formua S26 memiliki keunggulan MultiExcel yang membantu memaksimalkan tumbuh kembang otak. Untuk bayi usia 0-12 bulan, ibu bisa memilih S26 Promil Tahap 1 yang dilengkapi dengan nutrissentials seperti zat besi, iodium, zinc, asam linoleat, asam folat, dan sejumlah vitamin dan mineral penting. Informasi kandungan gizi selengkapnya bisa Ibu peroleh dengan mengunjungi situs resmi Wyeth Nutrition.

    Susu formula ini dijual dengan harga Rp 153.000 untuk ukuran 400 gram kemasan kaleng. Ibu bisa membelinya di sini.

  6. Nutricia Bebelove

    Nutricia Bebelove

    Susu formula Nutricia Bebelove mengandung FOS (frukto oligosakarida) dan GOS (galakto oligosakarida) yang mampu memenuhi kebutuhan serat harian dam membantu perkembangan bakteri baik di usus. Diperkaya dengan 12 vitamin dan 9 mineral serta minyak ikan yang mengandung asam alfalinoleat, susu formula ini membantu tumbuh kembang tulang bayi usia 0-6 bulan. Kunjungi situs resmi Nutricia untuk informasi selengkapnya.

    Jika tertarik mencoba, Ibu bisa memperoleh Nutricia Bebelove di sini dengan harga Rp 135.400 untuk berat 800 gram.

  7. Enfamil A+

    Enfamil A+

    Jika si kecil termasuk bayi yang kerap mengalami gangguan pencernaan, Ibu bisa memilih susu formula Enfamil A+ yang menggunakan protein susu sapi whey dan kasein yang terhidrolisa parsial (PHP/Partially Hydrolyzed Protein). Karenanya susu formula ini mudah dicerna oleh perut bayi berusia 0-12 tahun yang tergolong sensitif. Info kandungan lengkapnya bisa dibaca di situs resmi Enfamil.

    Susu formula Enfamil A+ dijual dengan harga Rp 311.000 untuk kemasan kaleng 800 gram di sini.

  8. Nutricia Neocate

    Nutricia Neocate

    Susu formula Nutricia Neocate diformulasikan khusus untuk bayi usia 0-12 bulan yang lahir prematur dan memiliki alergi terhadap susu sapi atau memiliki intoleransi terhadap protein. Asam amino menjadi kandungan utama dalam susu ini karena asam amino merupakan bentuk sederhana dari protein sehingga mudah dicerna dan tidak memicu alergi. Penjelasan selengkapnya tentang manfaat susu formula ini bisa Ibu baca di tautan ini.

    Jika tertarik mencoba, Ibu bisa membelinya di sini dengan harga Rp 315.000 untuk kemasan 400 gram.

  9. Nestle NAN pH Pro

    Nestle NAN pH Pro

    Nestle NAN pH Pro adalah susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan dan 7-12 bulan yang memiliki intoleransi laktosa. Kandungan nutrisi susu formula ini antara lain bubuk whey terhidrolisis parsial sehingga tidak menimbulkan alergi. Selain itu, Nestle NAN pH Pro juga mengandung antioksidan tokoferol, 4 mineral, vitamin, dan asam amino. Manfaat dari kandungan nutrisi tersebut bisa dilihat di situs ini.

    Untuk membelinya, Ibu bisa melihat ketersediannya di sini dengan harga Rp 315.000 ukuran 800 gram.

  10. Abbot Similac Advance 1

    Abbot Similac Advance 1

    Susu formula Similac Advance 1 dari Abbot diformulasikan khusus untuk bayi usia 0-6 bulan. Susu formula ini mengandung vitamin dan 12 mineral, AA&DHA, asam linoleat, dan asam alfa linoleat untuk tumbuh kembang maksimal bayi. Untuk penjelasan lengkap mengenai nutrisi bisa Ibu lihat di sini. Pembelian bisa dilakukan di market place berikut ini dengan harga Rp 287.000 untuk kemasan kaleng 850 gram.

(Menur / Dok.Freepik)