Kelahiran

12 Kegunaan ASI Selain Diminum Si Kecil

12 Kegunaan ASI Selain Diminum Si Kecil

Tahukah Ibu bahwa ada kegunaan ASI selain diminum oleh bayi?

ASI memiliki nutrisi tinggi terbaik untuk tumbuh kembang bayi dan meningkatkan imunitas untuk melawan berbagai penyakit berbahaya. 

Ternyata, kegunaan ASI selain untuk bayi minum juga untuk beberapa metode penyembuhan. Bahkan, ASI untuk mandi bayi juga merupakan kegunaan ASI selain diminum.

Simak kegunaan ASI selain untuk bayi minum yang mungkin tidak Ibu duga sebelumnya!

1. Mandi susu untuk bayi

12-kegunaan-asi-selain-diminum-si-kecil-1

Ibu kadang bingung bagaimana harus memanfaatkan ASI saat Ibu memiliki persediaan ASI perah lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan bayi. Salah satu kegunaan ASI selain diminum adalah untuk mandi bayi. Ibu dapat mencampurkan ASI dengan air hangat untuk memanjakan bayi. Dijamin kulit bayi pun akan terasa mulus.

2. Mengatasi infeksi telinga

Beberapa Ibu melaporkan bahwa kegunaan ASI selain untuk bayi minum adalah dapat mengurangi ketidaknyamanan bayi akibat infeksi telinga. Namun hal ini juga perlu dikonsultasikan pada dokter anak ya.

Gerakan menghisap yang dihasilkan oleh bayi menyusu jika dilakukan secara rutin akan mempercepat penyembuhan infeksi telinga.

3. Mengatasi penyumbatan kelenjar air mata

Memiliki kerak di sekitar mata adalah hal yang wajar bagi bayi yang berusia baru beberapa bulan. Ini biasanya disebabkan oleh penyumbatan kelenjar air mata. Salah satu kegunaan ASI adalah mengatasi penyumbatan kelenjar air mata. Meski demikian, untuk memastikan apakah diagnosis si kecil benar, Ibu perlu berkonsultasi pada dokter spesialis anak.

4. Mengatasi jerawat bayi

12-kegunaan-asi-selain-diminum-si-kecil-2

Jerawat pada bayi dapat muncul sesaat setelah kelahiran atau baru muncul beberapa minggu setelahnya. Biasanya jerawat ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu berjalan. Namun, kegunaan ASI lainnya adalah dapat meredakan jerawat pada kulit sensitif bayi ini. 

Basahi kapas bulat dengan ASI dan usap pelan pada wajah bayi. Kandungan alami pada ASI membantu mengurangi jerawat pada bayi.

5. Mengatasi ruam popok

Ternyata ASI dapat membantu melawan infeksi yang terjadi pada ruam popok. Kegunaan ASI lainnya adalah mampu menenangkan si kecil dari kulit yang terasa sakit dan gatal akibat ruam popok. Caranya dengan mengoleskan ASi pada kulit bayi yang mengalami ruam. 

Kipasi bagian kulit tersebut agar cepat kering. Bila ruam popok tidak kunjung hilang setelah beberapa hari diolesi ASI, maka segeralah berkonsultasi ke dokter agar si kecil mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Menenangkan bayi yang senang menggigit

Ibu dapat menggunakan ASI yang dibekukan sebagai es dingin yang dapat digigit oleh bayi. Jika si kecil sudah memasuki masa MPASi, Ibu juga dapat mencampurkan ASI dengan berbagai buah untuk menghasilkan es ASI yang enak

7. Mempercepat penyembuhan infeksi tenggorokan

12-kegunaan-asi-selain-diminum-si-kecil-3

Jika si kecil mengalami infeksi tenggorokan, jangan hentikan pemberian ASI. Lanjutkan pemberian ASI karena kegunaan ASI lainnya dapat menenangkan rasa tidak enak pada tenggorokan bayi karena kandungan alami pada ASI yang dapat melawan infeksi. Selain itu, ASI mengandung antibodi yang dapat mempercepat penyembuhan

8. Mengobati dan melembabkan puting lecet

Kegunaan ASI ini mungkin sudah banyak Ibu ketahui. Jika Ibu mengalami puting lecet, usap beberapa tetes ASI pada puting yang lecet untuk menenangkan rasa perih. Namun, jika puting luka diakibatkan oleh jamur, maka mengoleskan ASI pada puting lecet justru memperburuk keadaan karena ASI memiliki kandungan gula alami. 

Segera konsultasikan kepada konsultan laktasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

9. Mengatasi cradle cap (kerak topi pada kulit bayi)

Cradle cap sering terjadi pada kulit kepala bayi baru lahir. Ibu tidak usah khawatir jika si kecil mengalami ini karena akan hilang seiring dengan waktu. 

Namun, jika kulit kepala bayi dipenuhi dengan kerak tentunya akan mengganggu. Salah satu solusi yang dapat Ibu lakukan adalah memijat kepala bayi dengan beberapa tetes ASI hingga kerak tersebut lepas dengan sendirinya. Setelah itu, Ibu dapat menghilangkan kerak dari rambut bayi dengan sisir yang lembut.

10. Mengatasi sinusitis

Jika si kecil mengalami sinusitis, Ibu dapat mencoba meneteskan beberapa tetes ASI ke dalam hidung si kecil. Banyak yang melaporkan kalau ASI juga bermanfaat bagi saluran pernapasan. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mencoba ASI sebagai pengobatan alami sinusitis.

11. Menenangkan kulit yang gatal akibat gigitan serangga

12-kegunaan-asi-selain-diminum-si-kecil-4

ASI mengandung anti bakteri yang mendukung proses penyembuhan luka kecil hingga sakit ringan. Jika si kecil atau bahkan Ibu sendiri mengalami gigitan serangga, Ibu dapat mengoleskan ASI untuk mengurangi rasa sakit dan gatal untuk mempercepat penyembuhan.

12. Sebagai bahan makanan

ASI juga bisa ditambahkan ke dalam makanan si kecil, terutama bagi si kecil yang baru memulai masa MPASi. Campuran ASI memberikan rasa yang familiar bagi bayi.

ASI memiliki rasa manis dan berlemak yang biasanya disukai si kecil. ASI juga dapat digunakan sebagai substitusi dari susu sapi pada resep makanan atau kue. Ibu juga dapat membuat es krim bagi si kecil dengan menggunakan ASI.

Banyak bukan kegunaan ASI? Kini Ibu tidak usah heran jika memiliki persediaan ASI lebih banyak dibandingkan kebutuhan si kecil.

Editor: Dwi Ratih