Kelahiran

18 Perlengkapan Bayi Yang Tidak Wajib Dibeli

Ismawati
18 Perlengkapan Bayi Yang Tidak Wajib Dibeli

Ketika bersiap untuk kelahiran buah hati, terutama yang pertama, dorongan untuk membeli benda apapun yang orang katakan Anda butuhkan hampir sulit ditolak. Tapi ternyata banyak perlangkapan bayi yang sebenarnya tidak wajib dibeli lho karena masa pakainya hanya sebentar atau karena ada barang alternatif yang lebih murah. Mau tahu apa saja? Simak yaa listnya berikut ini.

  1. Meja Ganti (Changing Table)

    Meja ganti jadi perlengkapan bayi yang bisa Anda hapus dari daftar belanja. Benda satu ini memakan banyak tempat dan harganya mahal. Lagi pula, kita mungkin tidak akan selalu mengganti popok si kecil di kamar tempat changing table ditempatkan. Saat si kecil lahir, Anda bisa melakukan aktivitas ini di tempat manapun, asal nyaman.

  2. Bantal Menyusui 

    Ada banyak bantal menyusui di pasaran. Memang, perlengkapan bayi yang satu ini bisa membuat posisi menyusui sedikit lebih mudah, tapi tidak berarti benda ini wajib dibeli. Banyak ibu bisa survive dengan menggunakan bantal biasa atau bantal sofa yang ukurannya lebih kecil. Bahkan mungkin kita sering melihat ibu bisa menyusui di tempat umum, tanpa menggunakan bantal sekalipun.

  3. Nursing Cover

    Menyusui di tempat umum akan membuat area pribadi Anda terlihat. Karena itu, banyak Ibu yang merasa butuh nursing cover. Apalagi, ada banyak nursing cover yang terlihat bagus di pasaran dan ini membuat proses menyusui di tempat umum tampak keren dan nyaman. Kalau mau lebih hemat, kita bisa mengganti fungsi perlengkapan bayi ini dengan selimut tipis lho.

  4. Penghangat Botol Susu

    Penghangat botol susu atau bottle warmer yang harganya mahal juga tidak wajib dibeli. Air hangat yang dituangkan ke dalam botol bisa jadi cara alternatif yang jauh lebih murah untuk menghangatkan botol susu. 
  5. Deterjen Khusus Pakaian Bayi

    Setelah bayi lahir, Anda akan berurusan dengan tumpukan baju bayi yang terkena gumoh dan kotorannya. Cucian kotor seperti tidak pernah ada habisnya. Bertolak belakang dengan apa yang sudah Anda dengar, Anda tidak perlu kok mencuci pakaian bayi dengan deterjen khusus yang mahal harganya. Yang Anda butuhkan adalah merek sabun cuci yang “tepat”. Artinya tidak ada kandungan pengharum atau bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit bayi. Memilih produk yang tepat dan banyak dijual di pasaran akan menghemat uang dan waktu karena Anda bisa mencuci baju bayi bersama dengan baju kotor anggota keluarga lain.
  6. High Chair

    Bayi memang perlu tempat untuk makan, tapi kursi berukuran besar dan tinggi itu mahal dan membutuhkan ruang tidak sedikit di rumah Anda. Selain ukuran yang besar dan sulit disimpan, sering kali high chair menjadi benda yang perlu sering dibersihkan karena banyak sisa makanan terselip di sana. Sebagai gantinya, Anda bisa menyewa high chair sampai si kecil mampu duduk di kursi makan biasa.
  7. Baby Food Maker

    Selain mengeluarkan biaya tambahan, perlengkapan bayi ini juga akan membuat dapur Anda makin sesak. Food processor biasa atau blender bisa melakukan tugas yang sama seperti baby food maker, dan Anda masih bisa menggunakannya untuk membuat makanan keluarga stelah masa MPASI si kecil selesai.
  8. Diaper Bag

    Meski kemana-mana Anda perlu membawa barang keperluan bayi, Anda tidak butuh diaper bag yang mahal harganya. Beberapa diaper bag mungkin bagus dilihat, tapi sebenarnya Anda bisa memanfaatkan tas yang ada untuk dijadikan diaper bag kok.
  9. Alat Steril Botol Susu

    Memang terdengar kuno, tapi mensterilkan botol dengan air panas di dalam panci juga punya fungsi yang sama dengan alat steril botol. Dengan begitu, Anda bisa menghemat lebih banyak uang saat memutuskan untuk tidak membeli perlengkapan bayi ini.
  10. Bak Mandi khusus Bayi

    Sebagian dari kita pasti punya ember di rumah. Nah, kita bisa memanfaatkan ini sebagai bak mandi si kecil lho. Meski tidak berbentuk bebek atau hewan lucu, juga tidak berharga mahal. Si kecil tidak akan protes, “Ini tidak adil, anak tetangga punya bak mandi yang mirip bebek tapi aku tidak.”  Ia hanya berpikir, “Siapa sih yang menyiram air  ke kepalaku? Aku nangis aja ah supaya kepalaku nggak disiram lagi.”
  11. Sleeping Bag untuk Bayi

    Ada banyak sleeping bag yang bagus dengan bahan dan warna berbeda yang menjanjikan tidur malam yang nyaman bagi yang menggunakannya. Sayangnya, si kecil mungkin merasa risih bila lengan atau tangannya tidak bisa leluasa bergerak. Gunakan saja selimut bedong biasa dan bungkus tubuh bayi secara manual untuk mendapat efek yang sama, harganya juga jauh lebih murah.
  12. Piring Khusus Untuk Bayi Dan Batita

    Daripada menghabiskan uang untuk membeli piring yang khusus dirancang untuk bayi dan batita, Anda bisa gunakan cetakan kue cupcake atau muffin berukuran mini sebagai tempat makan si kecil hingga ia bisa menggunakan piring biasa.
  13. Sepatu Bayi

    Para ahli sebenarnya menyarankan bayi belajar berdiri dan berjalan dengan telanjang kaki atau pakai kaos kaki. Ini artinya, sepatu bayi tidak akan sesering itu digunakan. Ibu bisa siapkan satu atau dua pasang sepatu untuk bepergian. Jadi untuk menghemat, kita tidak perlu membeli perlengkapan bayi yang satu ini terlalu banyak.
  14. Baby Walker

    Baby walker, perlengkapan bayi yang bisa membuat bayi bergerak bebas ketika belajar berjalan, ternyata dapat menyebabkan cedera serius. Sudah banyak dokter yang menyarankan orang tua untuk tidak menggunakan baby walker. Bayi yang menggunakan alat berjalan, tapi menghilangkan keinginan bayi untuk berjalan. ini bisa tersandung atau terjatuh ke tempat yang sulit dijangkau. Penelitian juga menyatakan penggunaan baby walker tidak membantu proses belajar.
  15. Termometer Khusus Bayi

    Tak perlu membeli termometer khusus bayi dengan fitur infrared yang super mahal harganya. Dokter anak mengatakan termometer digital biasa punya fungsi yang sama pada bayi dan juga orang dewasa.
  16. Bedak Bayi

    Bedak bayi mungkin jadi perlengkapan bayi yang wajib dibeli oleh semua Ibu. Baunya harum dan tradisi memakaikan bedak bayi sudah berlangsung lama sejak Anda masih kecil. Tapi tahu nggak, penelitian terbaru menganjurkan untuk tidak lagi menggunakan bedak pada bayi. Bubuk bedak akan dengan mudah terhirup si kecil yang bisa menyebabkan masalah pernafasan.
  17. Selimut Bayi

    Tak perlu membeli selimut bayi terlalu banyak. Banyak teman yang mungkin akan memberikan benda ini sebagai hadiah saat si kecil lahir.
  18. Gendongan Bayi

    Jangan buru-buru membeli gendongan mahal untuk si kecil. Saat si kecil lahir, Anda bisa mencoba dulu berbagai jenis gendongan, mulai dari jarik, sling, soft structured carrier. Kalau sudah ketemu yang paling pas dan nyaman, baru deh putuskan untuk membelinya.

(Ismawati, Atalya)