Kelahiran

19 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik Pilihan Ibu Menyusui

19 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik Pilihan Ibu Menyusui

Buat ibu menyusui, ASI perah sangatlah berharga, terlebih lagi jika Ibu harus bekerja dan si kecil mengandalkan ASIP untuk asupan nutrisinya. Dengan menyimpan ASI, maka anak bisa mendapatkan ASI setiap kali ia membutuhkan, meski Ibu sedang tidak bersama dengan si kecil.

Sebelum menyimpan ASI, ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Misalnya, mempertimbangkan di mana ASI akan disimpan, apakah di dalam kulkas atau pun di freezer

Kedua, wadah penyimpanan apa yang akan dipilih. Umumnya, Ibu menggunakan botol kaca atau kantong ASI. Menurut informasi yang ada pada situs ClevelandClinic, sebetulnya ASI lebih baik disimpan menggunakan botol kaca karena komponen di dalam ASI lebih aman di dalam wadah ini. Kekurangannya, wadah dari kaca mudah pecah dan bisa berbahaya. 

Maka, kantong ASI bisa menjadi pilihan yang lebih bijak untuk dipilih ibu menyusui. Namun, kantong ASI seperti apa yang aman untuk si kecil? Yuk simak penjelasannya di sini!


Tips Memilih Kantong ASI yang Aman

1. Pilih kantong ASI dengan double zippers

Selain agar nggak bocor dan terbuang, double zippers ini penting untuk menghindari ASI tercampur dengan air jika sedang dihangatkan.

2. Sesuaikan kapasitas kantong ASI

Mengisi kantong ASI, sebaiknya sesuai dengan jumlah kebutuhan anak per satu kali minum. Dengan begini, ASI tidak tersisa dan harus dibuang jika melebih porsi yang diminum si kecil.

3. Mudah untuk diberikan label

Pilih kantong ASI yang punya bagian yang khusus untuk ditulis dan tidak mudah luntur. Catat setiap tanggal memerah dan penyimpanannya. 

4. Kantong ASI self-standing

Kantong ASI yang bisa disimpan dalam posisi berdiri, cenderung lebih aman. Karena jika disusun bertumpuk, kantong bisa bocor. Kantong ASI self-standing juga bikin penyimpanan jadi lebih rapi dan hemat tempat.

5. Kantong ASI terbuat dari bahan aman

Kantong ASI haruslah berbahan food grade, dan BPA free agar aman untuk kesehatan si kecil.

6. Terdapat bagian transparan

Bagian transparan ini akan memudahkan Ibu untuk mengecek kondisi ASIP saat sedang disimpan di freezer.


Hindari Kantong ASIP yang Mengandung BPA 

BPA atau bisphenol A, adalah bahan kimia yang biasa digunakan dalam pembuatan plastik dan resin. Ada pun penjelasan seperti yang dijabarkan oleh situs Mayo Clinic, BPA bisa tercampur pada makanan atau minuman yang kemasannya mengandung BPA tersebut. 

Terpapar BPA dalam jumlah tertentu bisa menyebabkan gangguan pada otak dan kelenjar prostat janin, bayi serta anak. Paparan BPA juga bisa memengaruhi tingkat laku anak. Jadi sebisa mungkin hindari kantong ASIP yang mengandung BPA, ya!


Rekomendasi Kantong ASI Terbaik untuk Ibu Menyusui

Berikut adalah beberapa merk rekomendasi kantong ASI terbaik untuk Ibu. Simak yuk!

1. Kantong ASI Gea Baby 


Beli kantong ASI nggak perlu bikin ‘kantong bolong’. Gea Baby Kantong ASI dengan kapasitas 120ml (isi 30 lembar) bisa dibeli cukup dengan harga Rp23.600. Meskipun terjangkau, tapi produk ini punya fitur yang baik, seperti double zipper, sudah disterilisasi, bagian transparan pada keterangan volume, indikator temperatur dan self standing. Desainnya juga menarik, misalnya Teacher, Pilot, Fireman, dst. Belanja kantong ASI Gea Baby dengan mudah cukup klik di sini.

2. Kantong ASI Little Baby


Jika butuh kantong ASI dengan harga yang terjangkau, maka kantong ASI Little Baby ini bisa jadi pilihan Ibu. Walaupun terjangkau, tapi rekomendasi kantong ASI ini higienis, BPA free dan food grade

Keunggulan lainnya yaitu punya double zipper, self standing dan thermosensor. Terdapat 3 ragam warna yaitu ungu, buru dan kuning dalam 1 kotak. Kapasitas 120ml isi 30 lembar, rata-rata sekitar Rp25.000. Produk ini tersedia di berbagai marketplace.

3. Mooimom Breastmilk Storage


Rekomendasi kantong ASIP terjangkau lainnya adalah dari Mooimom, yaitu Mooimom Breastmilk Storage. Kapasitasnya 120ml (isi 30 lembar) seharga Rp27.000 saja. Produk ini BPA free, tidak mudah bocor, self standing, pre-sterilized dan terbuat dari bahan PTE + LLDPE. Langsung cek situs resminya , karena ada penawaran beli 3 gratis 1. 

4. Kantong ASI Baby One 


Betul, ini adalah merk yang terkenal dengan alat-alat kesehatannya. Kantong Susu Baby One dari Onemed tentunya higienis karena sudah disterilisasi, BPA free, double zipper dan punya thermal sensor. Tersedia dalam warna biru dan pink. Kapasitas 100ml seharga Rp28.000 dapat 30 lembar. Ibu bisa membeli rekomendasi kantong ASIP ini di situs resminya

5. Gabag Kolibri Classic


Rekomendasi kantong ASI terbaik yang satu ini memiliki inovasi direct pumping, yaitu lubang untuk mengaitkan kantong ASI ke Kolibri konektor. Kantong ASI ini BPA free, memiliki izin edar dari Kemenkes, memiliki Gamma Ray Pre-Sterilized Certified, double zipper, dengan termal indicator dan desain berwarna bening yang memudahkan Ibu mengecek kondisi ASI perah. 

Gabag Kolibri Classic punya kapasitas 120 ml dan tersedia dalam 7 desain menarik. Di dalam 1 kotak, ada isi 25 lembar kantong ASI dan bisa dibeli dengan harga Rp33.500 di  official store berikut ini

6. Unimom Breastmilk Storage


Butuh rekomendasi kantong ASIP terbaik dengan kapasitas besar? Nah, kantong ASI buatan Korea ini bisa jadi pilihan Ibu. Kantong ASI ini punya fitur self standing, anti bocor, BPA free serta pre-sterilized. Rata-rata Unimom Breastmilk Storage dijual dengan harga Rp35.000 untuk kapasitas 100 ml dengan isi 30 lembar. Bisa cek di beberapa marketplace yaa untuk pembeliannya.

7. Kantong ASI Natural Moms 


Rekomendasi kantong ASIP lainnya yaitu Natural Moms. Rekomendasi kantong ASI ini berkapasitas 120 ml dan dapat dibeli seharga Rp47.000. Produk ini punya double thermal sensor (satu untuk mengetahui suhu yang siap dihidangkan, kedua untuk mencegah ASIP dipanaskan dengan suhu terlalu tinggi), punya izin edar dari Kementerian Kesehatan Indonesia dan FDA USA Certified

Selain itu, rekomendasi kantong ASI ini juga BPA free, pre-sterilized, self-standing, double zipper dan bagian belakang transparan. Pada satu kotak kantong ASI Natural Moms berisi 30 lembar. Ibu bisa beli di sini . 

8. Gabag Kolibri Smart


Ibu suka dengan tekonologi? Waktunya mencoba Gabag Kolibri Smart yang merupakan rekomendasi kantong ASI digital pertama di dunia. Jadi, kantong ASI ini terafiliasi dengan aplikasi khusus yang tersedia di App Store dan Google Play Store. 

Rekomendasi kantong ASI terbaik ini juga punya inovasi direct pumping (lubang untuk mengaitkan kantong ASI ke Kolibri konektor). Tentunya, kantong ASI ini sudah BPA free, memiliki izin edar dari Kemenkes, memiliki Gamma Ray Pre-Sterilized Certified, self standing, double zipper, desain berwarna bening sehingga mudah mengecek kondisi ASI perah, dan memiliki thermal indicator

Pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya kemasan 100 ml, 120 ml. 150 ml dan 180 ml. Ibu bisa cari info lebih lanjut tentang Gabag Kolibri Smart ini di official store -nya. Hanya dengan Rp51.500, Ibu akan mendapakan 30 lembar kantong ASI lho. Dengan teknologi ini, tentunya Gabag Kolibri Smart menjadi salah satu rekomendasi kantong ASI terbaik.

9. Malish Milk Bags Save ‘N Go


Kantong ASI Malish Milk Bags Save ‘N Go berkapasitas cukup besar, yaitu180ml, punya fitur double zip, sef-standing, BPA free, serta FDA approved. Per kemasan berisi 30 lembar dengan pilihan warna kuning atau hijau. Beli dengan harga Rp54.000 langsung di tautan  berikut

10. Mutter Sanrio


Sesuai dengan namanya, produk ini berada di bawah lisensi resmi Sanrio. Kantong ASI Mutter Sanrio terbuat dari bahan tebal dan kuat sehingga bisa bertahan selama 1 tahun di dalam freezer dan bisa dihangatkan menggunakan bottle warmer hingga suhu 40C. 

Produk ini punya double zippers, BPA free, sudah disterilisasi, self- standing dan terdapat bagian transparannya. Kapasitasnya mencapai 120 ml dengan isi 30 lembar dalam satu box dan bisa dibeli dengan harga Rp56.000. 

Coba deh Ibu cek di  situs resminya . Pas banget nih buat Ibu yang suka dengan karakter Hello Kitty atau Kerokerokeroppi.

11. Vita Flow Kantong ASI


Kantong ASI Vita Flow ini desainnya bikin gemas, mulai dari gambar flamingo, chicken, giraffe, dan lain sebagainya. Kantong ASI dengan harga Rp58.000 (100 ml) ini sudah disterilisasi, terbuat dari bahan plastik LDPE yang tidak mudah rusak, self-standing, food grade serta memiliki double zippers

Ibu bisa membelinya di sini . Tersedia juga varian lainnya dari Vita Flow, yaitu kantong ASIP dengan bagian belakang transparan yang ukurannya 150ml, satu box isi 25, dan dapat dibeli seharga Rp66.000.

12. SpeCtra Breastmilk Disposable Bag


Ibu pasti kenal dong dengan merk yang satu ini? Nggak hanya kualitas pompa ASInya saja yang jempolan, tapi kantong ASInya juga, lho

Spectra Breastmilk Disposable bag ini punya fitur self-standing sehingga kantong bisa disimpan dalam posisi berdiri. Manfaat dari fitur ini yaitu untuk menghemat ‘tempat’ saat disimpan. 

Kantong ASI ini pastinya pre-sterilized, double-lined dan BPA free. Beli Spectra Breastmilk Disposable Bag dapat dibeli di sini dengan harga Rp71.500 dapat 30 lembar kantong berkapasitas 200ml.

13. SpeCtra Disposable Colostrume 


Varian kantong ASI lainnya dari merk Spectra, yaitu Spectra Disposable Colostrume. Fiturnya mirip dengan Spectra Breastmilk Disposable Bag. 30 lembar kantong ASI berkapasitas 100ml bisa Ibu beli dengan harga Rp71.500 di sini . Di situs ini, Ibu bisa membeli untuk dikirim sebagai kado untuk teman yang baru melahirkan lho. 

14. Mama’s Choice Breastmilk Storage


Adalah merk terkenal lainnya, yaitu Mama’s Choice Breastmilk Storage yang dilengkapi dengan teknologi Advanced Oxygen Barrier untuk menjaga agar ASI tahan lebih lama. Kantong ASI ini juga punya double zipper, writable part, thermal sensor, transparant part (untuk mengecek ASI), BPA free dan tentunya pre-sterilized. 

Jika menggunakan freezer biasa pada kulkas, ASI yang disimpan di dalam rekomendasi kantong ASI ini bisa bertahan selama 2 minggu, sedangkan jika menggunakan freezer terpisah (dengan suhu -18C) dapat bertahan hingga 3 bulan. 

Mama’s Choice Breastmilk Storage berkapasitas 120 ml dan dijual dalam satu box isi 30 lembar. Ibu bisa dibeli langsung di  situs resminya seharga Rp79.000, atau bisa juga didapatkan di beberapa marketplace. Merk ini juga punya beberapa jenis produk perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui lho. 

15. Sunmum Premium Breastmilk Storage


Selanjutnya, ada Sunmum Premium Breastmilk Storage. Rekomendasi kantong ASI terbaik yang satu ini dijual dalam satu box Isi 20 lembar yang masing-masing berkapasitas 210ml. Ini bisa didapatkan dengan harga Rp89.000. 

Kantong ASI ini BPA free, pre-sterilized, terbuat dari food grade plastic, air thight zipper dan terdapat thermal indicator (yang dapat berubah warna, yaitu untuk menunjukkan bahwa ASI mencapi suhu yang tepat untuk dikonsumsi). Ibu bisa belanja online di sini

16. Philips Avent Milk Bags


Merk rekomendasi kantong ASI terbaik yang satu ini pastinya nggak asing lagi buat Ibu. Produk Philips Avent Milk Bag ini pre-sterilized, dual layer, BPA free dan punya double zipper. Ibu bisa membeli produk ini di official store dengan harga Rp144.900. Harga tersebut untuk 25 lembar kantong berkapasitas 180ml.

17. Pigeon Breastmilk Storage Bag


Pigeon Breastmilk Storage Bag ini ready to use (steril), terdapat dua zipper, dan BPA free. Kantong ASI merk ini bisa disimpan secara horizontal mau pun vertikal. Harganya yaitu Rp146.300, untuk 25 lembar kantong ASI isi 180ml. Dapatkan langsung di official store

18. Lansinoh Breastmilk Storage


Kantong ASI buatan Amerika ini menggunakan bahan polyethylene yang amat kuat. Fitur lain dari rekomendasi kantong ASI terbaik ini, yaitu double zipper, dengan dua lapis perekat di sisi samping untuk perlindungan ekstra, pre-sterilized dan BPA/BPS free

Lansinoh Breastmilk Storage ini ada yang berisi 25 lembar dan 50 lembar. Dalam satu kemasan terdapat 25 lembar kantong ASI dengan kapasitas 180ml. Ibu bisa beli dengan harga Rp130.500 di official store-nya berikut ini. Agar lebih hemat, ada juga kemasan dengan isi 50 lembar yang dibanderol dengan harga Rp203.000.  

19. Medela Pump and Save


Rekomendasi kantong ASI terbaik lainnya, yaitu Medela Pump and Save. Produk ini compatible dengan semua pompa ASI merk Medela. Kantong ASI BPA free ini punya daya tampung sebanyak 150ml. Harganya sekitar Rp269.000 untuk satu kemasan berisi 20 lembar kantong ASI di marketplace  berikut

Itulah beberapa rekomendasi kantong ASIP terbaik yang bisa menjadi pilihan Ibu. Mana nih yang menjadi favorit Ibu?

 

Editor: Atalya