Kelahiran

27 Rekomendasi Mainan Bayi 7 Bulan Sampai 12 Bulan

27 Rekomendasi Mainan Bayi 7 Bulan Sampai 12 Bulan

Apa jenis mainan bayi yang paling disukai si kecil? Tisu, sisir, galon air, maupun bedak bayi biasanya menjadi benda-benda yang menarik perhatian si kecil. 

Tentu saja, benda-benda tersebut belum tentu terjamin kebersihan dan keamanannya untuk dimainkan si kecil. Ada baiknya jika Ayah dan Ibu tetap memberikan mainan bayi sesuai usia dan perkembangannya.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi mainan bayi 7 bulan sampai dengan usia 12 bulan. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Mainan bayi 7 bulan

Dilansir dari Mayo Clinic, sebagian besar bayi usia 7 bulan mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain atau langsung ke mulut mereka. Menarik benda lebih dekat dan mengambil benda hanya dengan ibu jari dan telunjuk. Oleh karena itu, mainan bayi 7 bulan yang direkomendasikan antara lain:

  1. Ring stack
  2. Soft book dengan warna high-contrast
  3. Bola karet
  4. Mainan alat musik

Rekomendasi mainan bayi 7 bulan tersebut tidak hanya mampu menarik perhatian si kecil, tetapi juga mengasah kemampuan motorik dan meningkatkan daya imajinasinya. Ayah dan Ibu juga bisa lho mengajak si kecil bermain mainan-mainan bayi 7 bulan tersebut. Dijamin lebih seru!

Mainan bayi 8 bulan

Mainan bayi 8 bulan perlu dipilih sesuai dengan perkembangan si kecil. Hal ini penting agar mainan bayi yang diberikan bisa menstimulasi kemampuannya secara optimal. Terlebih di usia ini bayi sudah memiliki keterampilan tangan yang lebih baik. 

Rekomendasi mainan bayi 8 bulan yang bisa diberikan untuk si kecil, yaitu:

  1. Bermain air
  2. Bola sensorik
  3. Pop beads
  4. Balok warna-warni
  5. Biji-bijian

Pilihan mainan bayi 8 bulan lebih beragam dalam hal tekstur. Ini dikarenakan pada usia ini bayi sudah mampu menggenggam benda dengan cukup erat. Namun, pastikan untuk selalu mengawasi si kecil saat bermain agar tidak ada mainan yang tertelan.

Mainan bayi 9 bulan

Apa yang bisa diberikan sebagai mainan bayi 9 bulan? Tenang saja, pilihan mainan bayi 9 bulan ada banyak. Ayah dan Ibu bisa memberikan beberapa mainan berikut ini:

  1. Boneka tangan
  2. Flash card
  3. Push walker
  4. Balok susun
  5. Mainan drum

Mainan bayi 9 bulan bisa disesuaikan dengan tumbuh kembang si kecil. Di usia ini biasanya bayi mulai belajar berjalan. Memberikan push walker tentu adalah pilihan mainan bayi 9 bulan yang tepat. 

Selain itu, kecerdasan si kecil juga bisa mulai diasah dengan permainan balok susun, flash card bergambar, serta boneka tangan.

Mainan bayi 10 bulan

Tidak perlu bingung memberikan mainan bayi 10 bulan untuk si kecil. Selain bisa tetap menggunakan mainan bayi di usia sebelumnya, Ayah dan Ibu bisa memberi beberapa jenis mainan baru sebagai variasi agar bayi tidak merasa bosan. Beberapa mainan bayi 10 bulan yang direkomendasikan, yaitu:

  1. Puzzle sederhana
  2. Gelas susun warna-warni
  3. Pop-up book
  4. Mainan kolintang

Untuk bayi usia 10 bulan, mainan yang diberikan relatif lebih menantang. Ayah dan Ibu bisa memberikan puzzle sederhana, yang hanya terdiri dari 2-3 potongan gambar saja.

Rasa ingin tahu bayi 10 bulan yang semakin tinggi juga perlu dilatih dengan mainan bayi edukatif. Mulai dari gelas susun, pop-up book, hingga mainan alat musik kolintang.

Mainan bayi 11 bulan

Di usia 11 bulan, beberapa bayi sudah bisa berjalan sendiri. Sementara beberapa lainnya masih berjalan merambat. Mainan bayi 11 bulan penting diketahui setiap orang tua, agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak untuk si kecil. 

Bagaimana dengan pilihan mainan bayi 11 bulan? Ayah dan Ibu bisa memberikan mainan bayi 11 bulan berikut ini:

  1. Mainan telepon
  2. Wooden blocks
  3. Bola karet
  4. Pasir

Mainan bayi 11 bulan pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan usia sebelumnya. Akan tetapi, rekomendasi mainan bayi 11 bulan yang sudah disebutkan tadi bisa Ayah dan Ibu pertimbangkan sebagai alternatif variasi.

Dengan begitu, si kecil tidak cepat merasa bosan dengan mainan-mainan yang dimiliki.

Mainan bayi 12 bulan

Memilih mainan bayi 12 bulan terbilang cukup tricky. Pasalnya, di usia ini umumnya si kecil sudah berjalan dan mulai belajar bicara. Dengan mainan bayi 12 bulan yang tepat, maka perkembangan kemampuan si kecil pun  bisa dilatih dengan optimal. 

Rekomendasi mainan bayi 12 bulan yang tepat untuk si kecil, yaitu:

  1. Stacking toys
  2. Shape sorters
  3. Mobil-mobilan
  4. Boneka
  5. Mainan kereta belanja

Mainan bayi 12 bulan terbilang lebih beragam. Hal ini dikarenakan bayi di usia ini sudah memiliki perkembangan motorik dan bahasa yang lebih baik. 

Selain itu, daya imajinasi dan kemampuan berpikir si kecil sudah lebih baik. Pemilihan mainan bayi 12 bulan yang tepat akan sangat mendukung tumbuh kembangnya.

Itulah tadi rekomendasi mainan bayi 7 bulan sampai 12 bulan. Kira-kira mainan mana yang sudah dan baru akan diberikan untuk si kecil? Dengan adanya rekomendasi mainan bayi yang tepat, maka Ayah dan Ibu bisa memberikan stimulasi secara optimal.

Editor: Dwi Ratih