Kelahiran Dibaca 7,266 kali

7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Share info ini yuk ke teman-teman
Dini

Terakhir diperbaharui 28 Agustus, 2019 13:08

7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Tengah menanti kelahiran sang buah hati dan bersiap hunting perlengkapan bayi baru lahir, Bu? Wah, selamat, ya! Semoga kehamilannya lancar hingga hari persalinan tiba. Sudah menentukan perlengkapan bayi baru lahir apa saja yang akan Ibu beli?

Bedong bayi, selimut, popok, peralatan memerah ASI, bak mandi bayi, baju-baju bayi, baby crib, semua sudah masuk dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir Ibu? Sudah semua? Okesip! Oh, jangan lupakan juga printilan kesehatan seperti termometer, krim ruam popok, dan gunting kuku bayi, ya Bu.  

Well, sekadar tips nih Bu. Sebelum Ibu pergi ke baby shop untuk membeli perlengkapan bayi baru lahir yang harus Ibu beli, ada baiknya sejak memasuki trimester ketiga Ibu mulai mencicil menulis daftar barang-barang yang sekiranya bakal Ibu dan bayi perlukan di bulan-bulan awal kelahirannya.

Sekadar masukan juga nih, sebaiknya tidak usah terlalu banyak membeli baju-baju bayi newborn karena pertumbuhan bayi sangat pesat sehingga dikhawatirkan jika kebanyakan membeli baju bayi baru lahir akan mubazir alias tidak semua terpakai. Banyak pengalaman, saking antusiasnya, terkadang ibu-ibu sampai bingung menentukan perlengkapan bayi baru lahir mana yang harus dibeli. Nggak sedikit yang akhirnya membeli pernak-pernik bayi yan g sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibeli saat ini.

Biasanya hal seperti ini dilakukan calon ibu baru alias ibu yang baru pertama kali akan memiliki anak. Meski nggak sedikit juga sih yang sebenarnya sudah beberapa kali melahirkan namun masih tetap kalap saat berada di baby shop. Bisa bisa dimaklumi kok Bu kalau banyak ibu kalap membeli baju newborn beserta perlengkapan bayi baru lahir lainnya. Siapa yang tahan melihat perlengkapan bayi baru lahir yang cute, unyu-unyu, dan manis-manis itu? Ugh, gemassh deh pokoknya, kalau kata mahmud (mamah muda) zaman now.

Nah, supaya perlengkapan bayi baru lahir yang Ibu beli tidak sia-sia alias bakal terpakai saat bayi baru lahir, berikut beberapa panduan perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Disimak, ya Bu.

Beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli menjelang persalinan

  1. Popok dan printilannya

    Ya, ini adalah perlengkapan bayi baru lahir yang benar-benar akan dibutuhkan oleh si kecil: popok bayi. Bayi baru lahir belum bisa mengontrol air seni maupun pup mereka, sehingga Ibu perlu mempersiapkan setumpuk popok sebagai salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli.

    Ada beberapa jenis popok yang ada di pasaran, dan Ibu bisa memilihnya sesuai preferensi Ibu. Lebih memilih popok kain bertali konvensional? Silakan. Lebih suka cloth diaper (clodi) masa kini yang ramah lingkungan tapi bisa lebih lama menampung basahan air seni si kecil daripada popok kain biasa? Monggo.  Atau Ibu menjatuhkan pilihan kepada popok sekali pakai (pospak)? Boleh-boleh saja. Apapun preferensi Ibu, pilihlah yang sesuai ukuran newborn sehingga si kecil akan nyaman di awal-awal kehidupannya di dunia.

    Berapa banyak popok yang harus Ibu siapkan? Terserah Ibu saja. Jangan lupa sesuaikan dengan kantong Ibu masing-masing ya? Tapi begini patokannya, Bu. Ketika bayi berusia seminggu, pada umumnya ia akan BAB sedikitnya empat kali dan BAK enam kali.

    Selain popok, perlengkapan bayi baru lahir yang berkaitan dengan popok berikut juga patut dimasukkan ke dalam list yang harus dibeli, lho. Apa saja itu?

    • Baby wipes alias tisu basah bayi.
    • Kantong untuk popok kotor.

     

    Untuk krim ruam popok, ada produk krim yang oke punya lho Bu untuk mengatasi masalah iritasi di area pipis maupun pup si kecil. Namanya Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream. Sesuai namanya, produk dari Sleek Baby ini merupakan krim lembut antibakteri, yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti olive extract, chamomile dan sunflower extract serta avocado extract yang bermanfaat untuk mencegah iritasi, meredakan ruam sekaligus menjaga kelembutan kulit bayi.

    Mengandung hypoallergenic dan dermatology tested, krim ini efektif mencegah ruam dan iritasi pada area popok bayi, misalnya selangkangan maupun bokong, dan tidak menimbulkan reaksi alergi maupun iritasi. Cara pemakaiannya pun mudah, cukup oleskan krim ini pada area popok yang bermasalah, setelah mandi atau saat mengganti popok.

    Banyak ibu telah mencoba dan mengakui keampuhan Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream dalam mengatasi masalah ruam popok. Beneran deh! Karena itu, krim ini cocok untuk dimasukkan ke dalam list perlengkapan bayi baru lahir Ibu.  

  2. Perlengkapan mandi 

    Nah, ini juga bisa Ibu masukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Ya, perlengkapan mandi si kecil. Mungkin pada pekan-pekan pertama kehidupan si newborn, atau setidaknya hingga tali pusat puput, Ibu masih menyeka si bayi untuk membersihkan tubuh dan area popoknya. Baru setelah itu Ibu bisa leluasa memandikan bayi di bak mandi dengan air hangat suam-suam kuku.

    Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang berkaitan dengan aktivitas mandi tersebut? Ini dia beberapa di antaranya:

    • Bak mandi bayi
    • Handuk bayi
    • Perlak
    • Waslap
    • Sampo bayi
    • Sabun mandi bayi.

     

    Nah, buat Ibu yang sedang bingung menentukan sabun mandi bayi mana yang masuk dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir Ibu, sst... nih Ibupedia kasih bocoran. Sleek Baby 2&1 Hair&Body Foamy Wash bisa jadi pilihan. Kenapa foamy soap ini? Sebab, ini merupakan sabun berbentuk busa sehingga pengaplikasian ke si Kecil menjadi lebih mudah dan cepat.

    Dengan formula Olive Leaf Extract sebagai Natural Antibacterial membuat kulit bayi jauh dari bakteri penyebab iritasi, Milk Protein menjaga kulit bayi tetap lembut dan kenyal, serta Avocado Extract sebagai natural moisturizer & Antioxidant untuk nutrisi kulit dan rambut agar tumbuh sehat . Wah, banyak keuntungan dalam satu sabun ini, ya Bu.

    Cara pemakaian sabun ini pun sangat mudah. Tekan pump untuk mengeluarkan busa, dan langsung usapkan pada bayi dengan lembut. Yang paling istimewanya Ibu tidak perlu memberi air pada sabunnya lho!

  3. Medicine cabinet (perlengkapan obat)

    Perlengkapan lain yang boleh banget dimasukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir adalah obat-obatan. Bayi baru lahir terkadang mengalami berbagai masalah kesehatan ringan, khususnya demam, nafas grok-grok, atau kedinginan, sehingga Ibu perlu membekali diri dengan peralatan-peralatan kesehatan dasar seperti:

    • Termometer digital, baik rektal maupun ketiak. Menurut Danelle Fisher, M.D, Chair of Pediatrics di Providence Saint John's Health Center, termometer di telinga atau kening belum akurat untuk bayi di bawah usia 12 bulan.
    • Tetes hidung untuk bayi (nasal saline drops)
    • Nasal bulb (sejenis pipet kecil untuk mengeluarkan ingus bayi)
    • Cool midst humidifier untuk menambah kelembaban udara dan membantu meringankan hidung tersumbat si kecil.
    • Krim antibakteri
    • Krim ruam popok
    • Kasa atau perban kecil
    • Gunting kuku bayi
     

    Tapi tentu saja perlengkapan ini hanya untuk jaga-jaga dan berlaku untuk kondisi kesehatan bayi yang ringan saja, ya Bu. Berkonsultasi ke dokter tetap dianjurkan jika si kecil menunjukkan tanda-tanda kurang sehat.

  4. Perlengkapan menyusui

    Mumpung si bayi belum lahir, yuk coba pikirkan kembali dan tentukan apakah Ibu akan menyusui secara eksklusif dan langsung dari sumbernya (direct breastfeeding), gabungan antara menyusui secara langsung dan memberi ASI perah (ASIP) karena harus bekerja, memberikan susu formula, atau gabungan di antaranya.

    Setelah menentukan, Ibu bisa mulai menulis daftar perlengkapan bayi baru lahir seputar perlengkapan menyusui berikut:

    • Bantal menyusui
    • Pompa ASI, tersedia pilihan manual dan elektrik. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Ibu dan tentu saja menyesuaikan
    • Kantong penyimpan ASI
    • Aksesori menyusui seperti lanolin ointment untuk meredakan luka pada puting, gel packs hangat atau dingin untuk dimasukkan ke dalam bra (yang berfungsi meredakan keluhan payudara bengkak), dan breast pads (alas bra, baik disposable, reusable, maupun washable).
    • Baju untuk Ibu yang busui-friendly
    • Botol kaca atau plastik BPA-free
    • Bottle sterilizer
    • Bottle nipple

    Nah, bicara botol dan bottle nipple, tentu Ibu juga perlu memasukkan pembersih botol dan bottle nipple ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir Ibu. Ibupedia bisikin, nih Bu. Ada satu produk pembersih botol yang recommended. Namanya Sleek Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser. Ini adalah produk khusus pembersih botol dan aksesori bayi dengan formulai food grade sehingga aman untuk si kecil tercinta.

    Produk yang tentu saja dermatology tested dan paraben free ini tidak menyebabkan iritasi dan lembut di tangan, lho. Nggak cuma itu, pembersih botol dan aksesori bayi yang dilengkapi dengan formula natural antibacterial dan stain removal formula ini efektif membunuh bakteri sehingga mampu menghilangkan bau amis dan noda susu pada botol bayi dan aksesori bayi Ibu. Wah!

    Cara pemakaiannya, cuci semua botol susu, perlengkapan makan dan mainan bayi seperti biasa. Gunakan sikat botol atau spon untuk hasil lebih maksimal. Setelah itu, jangan lupa membilasnya dengan air matang, ya Bu.

  5. Perlengkapan tidur

    Jika Ibu memutuskan untuk tidur seranjang dengan si kecil, tentu Ibu tidak membutuhkan banyak printilan yang berkaitan dengan aktivitas tidur buah hati Ibu. Baju tidur seperti baby sleepsuit mungkin menjadi salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Perlak atau alas tidur juga diperlukan jika si kecil menggunakan popok kain konvensional, untuk menghindari ompol tumpah ke seprai atau kasur.

    Bagaimana jika Ibu memutuskan si bayi tidur di kamar khusus bayi atau satu kamar dengan ibu namun tidak seranjang? Tentu Ibu perlu memasukkan bassinet, baby crib (tempat tidur bayi) ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir Ibu. Jangan lupa sekalian matrasnya, ya Bu.

    Bantal bayi atau di yang lebih dikenal sebagai bantal peyang boleh saja Ibu beli dan digunakan oleh si kecil kelak, tapi Ibu perlu berhati-hati dan terus memantaunya, ya.

    Begitu juga dengan selimut atau boneka-boneka untuk teman tidur si kecil. Sebisa mungkin tidak terlalu sering diletakkan dekat tempat tidur atau kalau perlu dijauhkan sama sekali karena dikhawatirkan bayi mengalami SIDS (sudden infant death syndrome), sindrom kematian mendadak pada bayi saat tidur.

  6. Perlengkapan keluar

    Ada kalanya bayi baru lahir dibawa keluar rumah untuk kepentingan mendesak, seperti kontrol ke dokter. Untuk bayi yang lebih besar, Ibu terkadang ingin mengajaknya jalan-jalan keluar, entah sekadar makan di luar, ke taman, atau berkunjung ke rumah orangtua dan sanak saudara.

    Nah, untuk urusan kegiatan keluar rumah seperti ini, Ibu tentu saja perlu membeli perlengkapan bayi baru lahir sebagai berikut:

    • Gendongan bayi, baik gendongan kain konvensional (sewek) atau modern dengan style sling atau
    • Bedong atau selimut untuk menghangatkan tubuh bayi
    • Stroller
    • Topi atau kupluk bayi
  7. Pakaian

    Perlengkapan bayi baru lahir lainnya yang harus banget dibeli adalah pakaian. Tentu saja harus, ya Bu. Karena pakaian adalah salah satu kebutuhan mendasar setiap manusia, termasuk buah hati Ibu. Meski begitu, jangan berlebihan ya saat membeli pakaian newborn, karena pertumbuhan bayi baru lahir itu cepat sekali, lho. 

    Iya, ngerti kok kalau baju bayi dan pernak pernik perlengkapan bayi baru lahir itu bikin gemas. Lucu-lucu banget, sih. Alhasil, satu lemari pakaian bayi bisa langsung penuh. Tapi kenyataannya, setelah si kecil lahir, tanpa disadari, ia sudah makin besar dan tanpa disadari pula, banyak baju newborn yang belum pernah dipakaikan sama sekali. Sayang banget, kan? Jadi, supaya tidak mubazir belilah baju-baju bayi dengan bijaksana. Secukupnya saja.

    Nah, ini dia beberapa item pakaian bayi baru lahir yang bisa Ibu beli. Ingat, jangan banyak-banyak membelinya, ya Bu. 

    • Bedong bayi
    • Selimut
    • Baju tidur (sleepsuit)
    • Kaus dalam, celana bayi
    • Kaus kaki bayi
    • Sarung tangan bayi
    • Celana panjang bayi
    • Celana pendek bayi
    • Kaus atau baju atasan bayi
    • Jumper
    • Romper
     

    Oh iya Bu, selain membeli baju-baju bayi, jangan lupa juga membeli deterjen khusus bayi untuk mencuci baju-bajunya, ya. Sleek Baby Laundry Detergent bisa menjadi pilihan perlengkapan bayi baru lahir yang harus Ibu beli.

    Sleek Baby Laundry Detergent adalah pencuci cair pakaian bayi dengan kandungan natural plant extract yang aman dan efektif menghilangkan noda dan menjaga pakaian si kecil tetap lembut.

    Cara pemakaiannya gampang, kok Bu. Kalau mencuci dengan tangan, cukup tuangkan 1/2 tutup botol ke dalam 10 liter air. Rendam selama 30 menit lalu kucek sebentar dan peras.

    Untuk pencucian dengan mesin, Ibu bisa menuangkan 1/2 tutup botol untuk 30 liter air. Sementara jika pakaian sangat kotor, takaran dapat ditambah, ya Bu.

    Kandungan deterjen Sleek Baby ini dermatologically tested dan paraben free, lho. Sehingga aman dan Ibu tidak perlu waswas ketika memakainya, karena tidak menyebabkan iritasi dan lembut di tangan. Sekadar tips nih Bu, saat menggunakan produk ini jangan mencampurkannya dengan bahan pemutih, ya. Juga jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jika terkena mata, cuci dengan air bersih.

Untuk penjelasan produk Sleek Baby Laundry Detergent dan produk-produk Sleek Baby lainnya, Ibu bisa meluncur ke laman https://www.sleekbaby.co.id/, kemudian klik https://www.sleekbaby.co.id/products. Di situ Ibu bisa melihat secara detail produk-produk aman dan dermatologically tested dari Sleek Baby, sebagai persiapan berburu perlengkapan bayi baru lahir Ibu.

Selamat menentukan produk pilihan Ibu, selamat berbelanja, dan selamat menyambut buah hati tercinta!


(Dini / Dok: Pixabay, Sleek Baby)