Kelahiran

8 Rekomendasi Empeng Bayi yang Bagus

8 Rekomendasi Empeng Bayi yang Bagus

Bagi beberapa orang tua, empeng diperlukan untuk membantu menenangkan bayi yang sedang rewel. Selain digunakan untuk menenangkan bayi, empeng juga membantu bayi agar tidak menghisap jarinya sendiri. 

Tentunya Ibu ingin memberikan jenis empeng yang bagus dan minim risikonya membuat kerusakan pada struktur gigi dan rahang bayi. Apa saja ya yang perlu diperhatikan untuk memilih empeng bayi yang bagus? Kita simak penjelasan berikut, yuk!


Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Empeng untuk Bayi


1. Memperhatikan Bahan

Empeng atau pacifier memiliki beberapa bagian yakni puting (nipple), perisai (shield), dan ring. Dari ketiga komponen ini, nipple merupakan bagian yang diisap oleh bayi. 

Bahan nipple biasanya terbuat dari silikon atau latex. Adapun kelebihan nipple silikon lebih tahan lama, netral terhadap bau, dan lebih mudah dibersihkan. Kekurangan nipple silikon tidak selembut dan sefleksibel nipple dari bahan lateks.

Empeng dengan nipple berbahan lateks terbuat dari getah (lateks) alami dari pohon karet. Kelebihan nipple latesks cenderung lebih lembut dan fleksibel dan bentuknya menyerupai puting susu ibu. Sedangkan kekurangannya lebih mudah melar ketika sering digunakan dan tidak cocok untuk bayi yang memiliki alergi terhadap lateks. 

2. Menyesuaikan Ukuran dengan Usia Bayi

Ukuran empeng ada bermacam-macam. Ketika Ibu membeli pastikan untuk menyesuaikan ukuran empeng dengan usia bayi Ibu. Secara umum terdapat 3 ukuran empeng. Ukuran kecil (S) biasanya untuk newborn usia 0-6 bulan. Ukuran sedang (M) biasanya untuk bayi berusia 6-18 bulan. Ukuran besar (L) biasanya untuk bayi berusia 18 bulan.

3. Memeriksa Lubang Udara  

Terdapat bagian lebar (perisai) yang terletak di bawah nipple. Ibu sebaiknya memilih empeng yang memiliki lubang ventilasi pada bagian perisainya, minimal dua buah lubang. Karena lubang tersebut memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi udara, agar air liur bayi tidak menumpuk pada empeng dan menimbulkan iritasi pada bayi.


Rekomendasi Empeng Bayi

Nah, jika Ibu sedang mencari rekomendasi empeng bayi yang bagus, intip beberapa merk berikut, yuk!

1. Dentistar


Empeng bayi yang bagus yang bisa Ibu pertimbangkan adalah Dentistar. Empeng ini memiliki teknologi dental step sehingga memiliki bentuk yang dapat mengurangi tekanan pada rahang dan gigi hingga 90%, mengurangi risiko gigi bayi tidak rata atau renggang, lekuk dot telah disesuaikan dengan rongga mulut bayi sehingga lidah leluasa untuk bergerak. 

Bahannya terbuat dari silikon dan BPA free. Perisainya memiliki ventilasi udara sehingga kulit bayi tetap bisa bernafas. Produk ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 110.250 – Rp. 195.000.

2. Dr. Brown's


Rekomendasi empeng bayi yang bagus selanjutnya adalah Dr. Brown's. Produk ini terbuat dari silikon. Bentuk dan teksturnya telah disesuaikan dengan kontur mulut bayi. Perisai pada empeng ini juga memiliki lubang udara atau ventilasi sehingga sirkulasi udara pada empeng saatu ditutup tetap baik. 

Terdapat varian glow in the dark sehingga memudahkan pencarian empeng jika berada di tempat gelap. Produk ini dijual dengan kisaran harga Rp. 104.000 – Rp. 106.500.

3. Philips Avent


Rekomendasi empeng bayi yang bagus selanjutnya adalah Philips Avent. Bahan produk ini terbuat dari silikon, teksturnya lentur dan nyaman sehingga bisa membuat bayi tenang saat menggunakannya. 

Bagian perisai, yang berpotensi menempel pada kulit sekitar mulut bayi,  memiliki enam lubang ventilasi yang membuat kulit bayi dapat bernafas, sehingga meminimalisir iritasi pada kulit. Desain dari produk ini dirancang untuk dapat menyokong pertumbuhan gigi bayi. Empeng merek Philips Avent ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 96.800.

4. Bibs 


Empeng bayi yang bagus berikutnya adalah Bibs Pacifier. Produk ini terbuat dari lateks alami, bayi yang tidak memiliki masalah alergi dengan lateks dapat menggunakan empeng merk ini. 

Kelebihan Bibs ini memiliki lapisan glow in the dark sehingga mudah ditemukan di tempat gelap. Empeng Bibs ini dibandrol di kisaran harga Rp. 98.000.

5. Frigg 

Empeng bayi yang bagus selanjutnya adalah Frigg Classic Natural Rubber yang menggunakan bahan latex alami sehingga lembut dan nyaman digunakan bayi. Desainnya simple dengan lubang udara atau ventilasi pada perisainya sehingga aman untuk kulit bayi. 

Memiliki warna-warna pastel yang kalem dan desain minimalis membuat empeng ini terlihat estetik. Produk ini dibandrol dengan kisaran harga Rp. 91.000.

6. Yoboo


Rekomendasi empeng yang bagus berikutnya adalah Yoboo. Didesain menyerupai payudara ibu sehingga membuat bayi nyaman dan tenang, didesain hanya dengan satu cara untuk melepaskan sehingga tidak ada resiko terjatuh maupun tertelan, bahan yang digunakan adalah silikon yang lentur dan nyaman digunakan. 

Perisainya juga memiliki lubang udara sehingga aman untuk kulit bayi. Produk ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 52.500.

7. Pigeon

Rekomendasi empeng bayi yang bagus selanjutnya adalah Pigeon. Produk empeng ini dibuat dengan bahan silikon, memiliki fitur dasar yang kualitasnya baik dan layak untuk dipertimbangkan oleh Ibu. 

Terdapat ventilasi udara pada perisainya sehingga kulit bayi tetap bisa bernafas. Harganya pun ramah di kantong, dibanderol dengan kisaran harga Rp. 30.400 – Rp. 32.500 saja. 

Empeng Pigeon tersedia dalam 3 tahap, yaitu:

  • Tahap 1: merupakan empeng bayi yang bagus untuk newborn hingga usia 5 bulan;
  • Tahap 2: untuk usia 5 bulan ke atas;
  • Tahap 3: untuk usia 8 bulan ke atas.

8. Baby Huki


Rekomendasi empeng bayi yang bagus berikutnya adalah Baby Huki. Empeng ini terbuat dari silikon berkualitas, BPA free, dan disertai penutup empeng. Desainnya simple dengan lubang udara pada perisainya sehingga nyaman digunakan bayi. Harga yang dibandrol sangat terjangkau yakni sekitar Rp. 23.750 saja.

Itu dia rekomendasi empeng bayi yang bagus dan bisa Ibu pertimbangkan. Kira-kira mana yang akan jadi pilihan Ibu?


Editor: Atalya