Kelahiran

Apakah Pemakaian Skincare Bayi Itu Diperlukan?

Apakah Pemakaian Skincare Bayi Itu Diperlukan?

Skincare bayi? Beberapa orang mungkin masih mempertanyakan pentingnya pemakaian skincare bayi. Apakah Ibu termasuk salah satunya?

Pada dasarnya produk skincare juga dibutuhkan bayi, bahkan yang baru lahir, karena kulit bayi lebih tipis, lebih rapuh dan lebih sensitif daripada kulit orang dewasa.

Kondisi ini juga menyebabkan kulit bayi rentan terhadap paparan kuman dan bakteri yang bisa mengiritasi kulit.

Terlebih bagi bayi yang lahir prematur. Dikutip dari The Royal Children's Hospital Melbourne, bayi prematur (kehamilan kurang dari 37 minggu) memiliki kulit tubuh yang belum matang, sehingga memerlukan perawatan kulit khusus. 

Produk skincare yang digunakan pun sebaiknya terjamin kualitasnya, sehingga aman dan tanpa risiko efek samping.

Jadi, seperti apa skincare bayi yang direkomendasikan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Kenali karakteristik kulit bayi

Sebelum memilih skincare bayi, ada baiknya jika Ibu lebih dulu memahami seperti apa karakteristik kulit bayi. Saat lahir, kulit bayi mengalami transisi dramatis dari lingkungan berair di dalam rahim, ke lingkungan yang kering. Setelah lahir dan seiring berjalannya waktu pun kulit bayi terus berkembang.

Kulit bayi secara struktural berbeda dengan kulit orang dewasa. Sel-sel kulit bayi berukuran lebih kecil dan serat kolagennya lebih tipis. 

Secara medis, lapisan epidermis bayi bahkan 20% lebih tipis daripada yang dimiliki orang dewasa. Akibatnya, kulit bayi lebih rentan mengalami dehidrasi dan kering atau bersisik.

Cerdas memilih skincare bayi

Sebagai orang tua, tentu Ibu perlu berhati-hati dalam memilih produk skincare bayi. Terlebih saat ini ada banyak jenis dan merek yang beredar di pasaran. Kandungan bahan kimia yang terdapat pada skincare bayi tentu harus dihindari. 

Selain kondisi lapisan epidermis yang lebih tipis, sistem kekebalan tubuh dan saraf bayi pun belum terbentuk sempurna.

Setidaknya ada beberapa kandungan bahan kimia yang perlu dihindari ketika Ibu memilih skincare bayi. Berdasarkan sejumlah pemaparan pakar kesehatan, berikut bahan kimia yang sebaiknya tidak terkandung di dalam produk skincare bayi:

1. Phthalates

Kandungan zat kimia berupa Phthalates biasa ditemukan pada skincare dengan pewangi. Ibu mungkin menyukai produk bayi yang memiliki wangi khas, tapi sebenarnya ini justru berbahaya untuk si kecil. 

Bahkan beberapa anak mungkin akan mengalami reaksi alergi, sehingga muncul ruam dan iritasi kulit setelah pemakaian produk.

2. Talk

Dikutip dari The American Academy of Pediatrics penggunaan bedak bayi yang mengandung bahan kimia berupa talk tidak dianjurkan. Meski diklaim mampu mencegah biang keringat, kandungan zat kimia talk jika terhirup bisa memicu infeksi paru-paru. Jadi, sebaiknya hentikan pemakaian bedak bayi yang mengandung talk, ya.

3. Paraben

Ibu mungkin sudah tidak asing dengan zat kimia yang satu ini. Kandungan Paraben wajib dihindari tidak hanya pada produk skincare orang dewasa, tapi juga skincare bayi. 

Perlu diketahui, Paraben merupakan neurotoksin yang bisa menyebabkan gangguan hormon serta reproduksi manusia. Pada bayi, kandungan Paraben juga bisa memicu terjadinya eksim atau dermatitis atopik.

4. Benzofenon

Hindari senyawa kimia Benzofenon dan segala turunannya, seperti Benzophenone-2 (BP2), dan Oxybenzone (benzofenon-3 atau BP3), yang bisa dijumpai pada produk tabir surya. 

Pasalnya, Benzofenon memicu risiko iritasi kulit, gangguan endokrin, bahkan kanker kulit. Oleh karena itu, baca dengan teliti produk tabir surya yang akan diberikan pada si kecil. Pastikan tidak ada kandungan Benzofenon di dalamnya.

Rekomendasi skincare bayi

Nah, untuk mencegah bahaya paparan zat kimia pada skincare bayi, disarankan agar Ibu memilih produk yang menggunakan bahan-bahan alami. 

Tenang saja, Ibu bisa mempercayakan pilihan skincare bayi pada rangkaian produk Natural Baby Care Collection dari Sensatia Botanicals. Merek skincare asli Indonesia ini sudah terbukti berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam memproduksi produk kecantikan organik. 

Menariknya, seluruh rangkaian produk perawatan kecantikan Sensatia Botanicals tidak melalui uji coba terhadap hewan, bebas kandungan paraben, pewarna sintetis dan pewangi buatan.

Produk skincare bayi dari Sensatia Botanicals menggunakan bahan-bahan alami berkualitas tinggi dan telah teruji secara klinis. Jadi, formulanya aman untuk kulit bayi bahkan yang baru lahir sekali pun. Oh iya, rangkaian produk Natural Baby Care Collection dari Sensatia Botanicals sangat lengkap lho!

Berikut rekomendasi head-to-toe skincare bayi dari Sensatia Botanicals:

1. Baby Nourishing Shampoo & Body Wash 


Dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan, produk yang satu ini ampuh menutrisi dan merawat kulit kepala bayi. Aroma lembut dari bunga lavender dan mentimun juga memberi kesegaran yang khas untuk si kecil. 

Dilengkapi juga dengan formula hipoalergenik yang teruji secara dermatologis, sehingga dipastikan aman untuk kulit bayi.

2. Baby Nourishing Face & Body Lotion

Sensatia Botanicals Baby Nourishing Face & Body Lotion bekerja optimal dalam menjaga kelembapan alami pada kulit bayi. 

Kombinasi bahan-bahan alami seperti lidah buaya, shea butter dan minyak sweet almond terbukti ampuh memberikan lapisan pelindung untuk mengunci kelembapan. Lebih dari itu, kulit bayi pun terasa lebih lembut dan harum.

3. Baby Calming Diaper Cream 

Rangkaian produk Natural Baby Care Collection dari Sensatia Botanicals juga menyediakan diaper cream untuk si kecil. Produk ini memiliki tekstur krim yang mudah diaplikasikan. 

Formulanya yang sudah teruji secara dermatologis bisa menenangkan kulit sensitif, mengurangi risiko iritasi, serta membantu proses penyembuhan ruam popok.

4. Baby Soothing Body Oil

Berbeda dari produk body oil yang biasa Ibu jumpai di luar sana. Baby Soothing Body Oil dari Sensatia Botanicals dibuat dari ekstrak minyak alpukat, sweet almond, dan delima yang efektif memberikan nutrisi dan membantu mengunci kelembapan dan menenangkan kulit yang kering atau iritasi. 

Karena dibuat dengan bahan-bahan alami, maka produk ini aman dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

5. Baby Soothing Rub Cream


Satu lagi produk skincare bayi dari Sensatia Botanicals, yaitu Baby Soothing Rub Cream. Persis seperti namanya, produk ini bisa membantu menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur bayi dengan perpaduan aroma herbal dari kayu putih dan lavender yang lembut. 

Kandungan minyak esensial di dalamnya diketahui memiliki manfaat bagi kulit dan kemampuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapat dari pemakaian skincare bayi, mulai sekarang sebaiknya Ibu tak perlu ragu. 

Pastikan memilih produk yang menggunakan bahan-bahan alami dan sudah teruji secara klinis, seperti rangkaian produk skincare bayi dari Sensatia Botanicals yang kisaran harganya mulai dari Rp90.000. Tunggu apalagi? Segera dapatkan produk-produk Sensatia Botanicals di toko ritel maupun situs e-commerce terpercaya. 

Editor: Dwi Ratih