Kelahiran

Asup Protein yang Tepat, Ini 5 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Caesar

Asup Protein yang Tepat, Ini 5 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Caesar

Suka kepikiran nggak sih, Bu, setelah melahirkan si Kecil, gimana cara cepat menyembuhkan luka caesar supaya pemulihan tubuh jadi optimal? 

Nggak bisa bohong, kalau luka caesar seringkali bikin ketar-ketir. Mulai dari gimana merawat bekas lukanya, gimana kalau terjadi infeksi, sampai soal kapan ya lukanya akan sembuh. Pengennya, sih, pasca melahirkan secara caesar, tubuh lekas pulih, biar bisa urus si Kecil lebih maksimal. 

Tapi, seringkali bekas luka pasca operasi malah menimbulkan rasa sakit dan nyeri dalam waktu yang cukup lama. Akhirnya, aktivitas Ibu yang sudah mengantri juga mau tidak mau harus banyak tertunda, deh!

Ini yang kemudian bikin Ibu  kepikiran, “Gimana bisa fokus urus si Kecil kalau luka bekas operasi caesar masih perlu diperhatikan?”

Bekas operasi caesar nggak semenakutkan itu, kok, Bu. Ada hal-hal yang bisa Ibu lakukan sebagai langkah pemulihan setelah caesar. Simak tipsnya dulu yuk, Bu!

Langkah Penyembuhan Setelah Caesar

Penyembuhan setelah caesar membutuhkan sekitar 6-8 minggu pasca melahirkan. Selain tubuh sedang memulihkan diri, bekas luka juga sedang dalam proses penyembuhan.

1. Banyak Istirahat


Memang terkesan klise ya, Bu. Tapi, untuk memulihkan diri dan menyembuhkan luka caesar, banyak istirahat menjadi jalan terbaik. Jangan ragu untuk minta bantuan orang sekitar baik untuk merawat si Kecil maupun membantu Ibu dalam beberapa urusan rumah tangga.

Sempatkan tidur saat si Kecil juga tidur. Ibu juga sebaiknya menghindari pekerjaan yang berat dan aktivitas yang memberi tekanan pada area perut bawah selama proses penyembuhan ini.

Beban yang masih boleh Ibu angkat adalah seberat bayi Ibu. Untuk yang lebih berat dari itu, boleh minta bantuan pada Ayah atau orang lain ya, Bu.

2. Atur Porsi Kegiatan

Nah, karena Ibu masih dalam kondisi yang belum benar-benar pulih, coba atur porsi kegiatan yuk, Bu. Utamakan dahulu kegiatan untuk mengurus si Kecil, seperti menyusui atau mengganti popok. Di masa pemulihan setelah caesar, coba fokuskan dulu pada kebutuhan dasar si Kecil. 

Bahkan, National Health Service juga menyarankan agar Ibu jangan dulu langsung menyetir, berolahraga, mengangkat beban berat, dan berhubungan seksual setelah melahirkan. Tenang, Bu. Nggak selamanya kok. Hanya butuh beberapa minggu saja untuk Ibu bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut lagi.

3. Atasi Perubahan Setelah Melahirkan


Perubahan pasca melahirkan baik fisik maupun psikis juga perlu mendapat perhatian. Biasanya Ibu akan mengalami kondisi-kondisi berikut:

  • Vagina terasa kering
  • Rambut rontok dan kulit yang berubah
  • Kontraksi
  • Payudara bengkak, dan
  •  Mood yang tidak stabil

Mayo Clinic menyebutkan bahwa kondisi-kondisi ini ada penyebab logisnya dan normal terjadi. Perubahan hormon membuat area vagina lebih kering dari keadaan biasanya. Kontraksi juga disebutkan sebagai bagian dari cara tubuh mengeluarkan sisa darah yang masih ada di rahim.

Payudara yang bengkak sedang menyesuaikan produksi ASI untuk si Kecil. Sedangkan, rambut rontok dan mood yang belum stabil juga dipengaruhi oleh hormon.

4. Perawatan Luka Caesar di Rumah dengan Tepat


Lalu, gimana ya cara cepat menyembuhkan luka caesar? Langkah awal yang perlu Ibu lakukan adalah memperhatikan instruksi dokter dalam perawatan luka caesar di rumah. Ganti perban dan bersihkan bekas luka sesuai anjuran dokter. Gunakan kasa anti air sementara waktu, untuk mencegah bekas luka basah selama pemulihan.

Biasanya, 2 minggu pertama menjadi masa penyembuhan bekas luka ini, Bu. Bila terasa sakit, jangan ragu untuk meminta obat pereda nyeri pada dokter.

Tapi, Medical News Today menyarankan untuk segera hubungi dokter bila ada potensi infeksi yang ditandai dengan kemerahan dan keluarnya nanah pada bekas luka, mengalami kontraksi yang tidak biasa, sampai munculnya rasa sakit saat buang air kecil.

5. Konsumsi Nutrisi Tepat untuk Penyembuhan Lebih Cepat


Nah, cara cepat menyembuhkan luka caesar yang satu ini juga nggak kalah penting, yaitu penuhi asupan nutrisi Ibu. Sebab, perawatan untuk menyembuhkan luka caesar nggak cukup dari luar saja, lho. 

Apalagi proses bedah caesar membedah 7 lapisan ke dalam. Artinya, ada bagian dalam tubuh Ibu yang juga dibuka dan dijahit kembali saat operasi tapi tak terlihat dari luar. Selain memenuhi nutrisi dari serat dan cukup cairan, makanan tinggi protein juga sangat dianjurkan untuk dapat memperbaiki sel yang rusak dan mempercepat kerja sel dalam regenerasi. Asupan nutrisi ini bisa didapat dari mengonsumsi daging dan ikan.

Mengonsumsi ikan gabus yang sejak dulu dipercaya dapat mempercepat proses penyembukan luka, bukan sekedar mitos, lho, Bu!

Ternyata, ikan gabus terbukti secara ilmiah memiliki kandungan protein dan albumin yang tinggi, sehingga dapat membantu proses pemulihan pasca operasi caesar Ibu secara efektif.  

Albusmin sebagai Cara Cepat Menyembuhkan Luka Caesar


Tapi sekarang, Ibu udah gak perlu bingung lagi buat mencari dan mengolah ikan gabus yang amis, karena ada Albusmin sebagai solusi utama penyembuhan luka pasca operasi caesar yang dilengkapi dengan kandungan Protein, Albumin, Omega 3, Omega 6, Omega 9, Kalsium serta Asam Amino esensial, dan non esensial. 

Albusmin adalah suplemen herbal yang memiliki keunggulan karena berasal dari daging ikan gabus liar, lohh, Bu! Dengan menggunakan ikan gabus liar, Albusmin memiliki kadar Protein dan Albumin yang sangat tinggi serta lebih rendah lemak dibandingkan dengan produk ikan gabus yang ada dipasaran. 

Ibu juga nggak perlu khawatir karena Albusmin sudah terstandar SNI dan bersertifikasi Halal. Wah, jadi bebas worry ya untuk konsumsi Albusmin sebagai cara cepat menyembuhkan luka caesar. Kalau ada yang cepat, kenapa harus pilih yang lama kan?

Gak cuma mempercepat penyembuhan luka pasca operasi caesar, tapi Albusmin juga dapat mempercepat penyembuhan luka lainnya, lohh! Seperti luka kecelakaan, luka khitan, serta luka terbuka lainnya. 

Mau dikonsumsi harian? Bisa juga, loh, Bu! Kadar Proteinnya yang tinggi, membuat Albusmin juga sangat cocok dikonsumsi secara rutin oleh seluruh anggota keluarga untuk penuhi kebutuhan protein harian. 

Selain itu, dengan kualitasnya yang terbaik, Ibu juga ga perlu takut soal harga, karena Ibu bisa mendapatkan Albusmin dengan harga yang terjangkau. Albusmin juga bisa didapatkan dengan mudah di Century, Kimia Farma, bahkan di Shopee, Tokopedia dan apotek terdekat di seluruh Indonesia.

Luka akibat operasi caesar yang tak kunjung pulih, jangan sampai membuat Ibu kelewatan masa-masa indah bersama sang Buah Hati. Segera penuhi asupan Protein dan Albumin dengan konsumsi Albusmin setiap hari. 

Mari lewati proses pemulihan and Be Right Back bersama Albusmin!


Editor: Dorothea Ayu