Kelahiran

Biaya Persalinan Mahal? Coba 5 Asuransi Melahirkan Terbaik Ini

Biaya Persalinan Mahal? Coba 5 Asuransi Melahirkan Terbaik Ini

Dalam menyambut kehadiran si kecil tentu dibutuhkan persiapan yang matang dari kedua orang tuanya. Selain menyediakan perlengkapan seperti baju, kamar bayi, stroller dan lainnya sebagainya ternyata ada satu hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan yakni asuransi melahirkan.

Yup! Tak dipungkiri, biaya melahirkan dari tahun ke tahun memang semakin mahal ya Bu, terutama untuk biaya melahirkan caesar. Oleh sebab itu, banyak sekali calon orang tua yang kebingungan menjelang kelahiran si kecil.

Bahkan ada pula yang rela menjual harta bendanya demi membiayai kelahiran calon buah hati nantinya. Agar hal ini tidak sampai terjadi pada kamu dan pasangan, maka melahirkan dengan menggunakan asuransi bisa menjadi solusi agar kamu dan pasangan tetap memiliki uang lebih untuk membiayai kebutuhan lainnya.

Rekomendasi 5 asuransi melahirkan terbaik

Di Indonesia sendiri ternyata ada banyak sekali asuransi melahirkan terbaik yang bisa dipilih lho! Bahkan beberapa perusahaan asuransi ini juga menawarkan asuransi melahirkan tanpa masa tunggu yang cukup menarik untuk dipilih. Nah, berikut adalah beberapa referensinya.

1. BPJS Kesehatan


Photo source: Tribun

BPJS Kesehatan adalah asuransi kesehatan milik pemerintah yang memang diperuntukan bagi rakyat dengan iuran premi yang sangat terjangkau. BPJS Kesehatan juga menjadi salah satu asuransi melahirkan tanpa masa tunggu yang banyak diandalkan orang-orang.

Selain bisa menjadi asuransi melahirkan terbaik bagi masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan bahkan dapat menanggung biaya pemeriksaan sejak awal kehamilan lho! Tentunya hal ini tergantung dari faskes mana yang Ibu pilih ya.

Mengingat, tidak semua faskes menerima pembiayaan menggunakan BPJS Kesehatan. Tapi biasanya Ibu bisa melakukan pemeriksaan kehamilan dan melahirkan di faskes tingkat 1 yang sudah ditentukan sesuai domisili.

Nah, berikut adalah manfaat lain dari asuransi melahirkan melalui BPJS Kesehatan yang perlu kamu ketahui:

  • Menanggung biaya pemeriksaan sejak awal kehamilan tanpa masa tunggu;
  • Menanggung biaya pemeriksaan USG;
  • Menanggung biaya melahirkan caesar;
  • Menanggung biaya pasca melahirkan dengan limit sesuai premi yang dibayarkan; dan
  • Menanggung biaya KB pasca melahirkan. 

2. BNI Life - Optima Cash Plan

Photo source: Bussines News Indonesia

BNI Life Optima Cash Plan merupakan salah satu asuransi melahirkan cashless yang cukup banyak dipilih oleh para keluarga baru. Terutama bagi mereka yang menanti kelahiran calon buah hati, namun tidak mendapatkan fasilitas dari kantor.

Nah, BNI Life Optima Cash Plan ini menawarkan dua pilihan polis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu diantaranya adalah:

  • Spectra Health Care

Buat kamu yang kehamilannya cukup berisiko, BNI Life Spectra Health Care mungkin bisa menjadi pilihan asuransi melahirkan cashless. Sebab, asuransi ini diklaim dapat menanggung seluruh biaya melahirkan.

Asalkan sesuai dengan bukti tagihan yang dikeluarkan rumah sakit. Nggak hanya itu, asuransi melahirkan terbaik yang satu ini juga menyediakan pembayaran rumah sakit lain seperti kamar rawat inap, One Day Surgery dan ICU bagi kamu dengan kehamilan berisiko.

  • Optima Cash Plan

BNI Life Optima Cash Plan menjadi salah satu asuransi yang banyak dipilih oleh perusahaan dalam melindungi kesehatan para karyawannya. Tujuannya agar karyawan dapat bekerja optimal tanpa memikirkan biaya melahirkan.

Nah, asuransi jenis ini memiliki beberapa layanan di antaranya adalah; menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan, menanggung biaya melahirkan 100% dengan bukti yang dikeluarkan rumah sakit, asuransi melahirkan cashless atau reimburse, menanggung biaya konsultasi serta beberapa obat dan vitamin.

3. Manulife-MiUltimate Healthcare


Photo source: Facebook

Manulife-MiUltimate Healthcare menjadi salah satu asuransi melahirkan terbaik yang bisa jadi pilihan bagi kamu. Dengan masa tunggu asuransi melahirkan sekitar 9-12 bulan, asuransi ini bisa jadi solusi bagi kamu yang punya rencana matang untuk memiliki momongan.

Selain menawarkan manfaat seperti rawat inap dan rawat jalan, Manulife-MiUltimate Healthcare juga menawarkan manfaat lain seperti berikut:

  • Menanggung biaya melahirkan baik normal maupun caesar sesuai premi yang dipilih;
  • Limit asuransi maksimal biasanya hingga Rp 50 juta; dan
  • Menanggung biaya penanganan komplikasi kehamilan dan kelahiran.

4. Prudential-PruMy Child


Photo source: Ajaib

Selain menawarkan asuransi jiwa dan kesehatan, Prudential ternyata juga menawarkan jenis asuransi melahirkan terbaik yang banyak dipilih oleh para nasabah yakni bernama PruMy Child.

Asuransi ini merupakan produk asuransi stand alone tanpa masa tunggu dengan menawarkan perlindungan yang untuk anak sejak masih dalam kandungan, dilahirkan, sampai dewasa. 

Jenis asuransi ini sangat cocok bagi calon orang tua yang yang mendambakan kehidupan yang layak bagi calon buah hati sejak dalam kandungan. Manfaat lain yang ditawarkan dari asuransi melahirkan terbaik yang satu ini adalah:

  • Menanggung biaya kontrol kehamilan mulai dari usia 20-32 minggu;
  • Menanggung biaya kemungkinan adanya komplikasi yang terjadi pada ibu dalam masa kehamilan atau sesudah melahirkan;
  • Menanggung biaya perawatan bayi di inkubator dan NICU; dan
  • Menanggung kemungkinan adanya perawatan kelainan bawaan pada bayi.

5. Mandiri AXA General Insurance


Photo source: CNN Indonesia

Mandiri Axa General Insurance menjadi salah satu asuransi melahirkan terbaik yang dapat dipilih oleh para orang tua. Asuransi ini memiliki tujuan utama berupa asuransi jiwa termasuk dalam memberikan pilihan manfaat tambahan atau rider asuransi kehamilan dan melahirkan.

Asuransi ini bisa menjadi tambahan di luar premi dasar yang sudah Ibu jalankan. Nah, berbeda dari asuransi melahirkan lainnya Mandiri Axa General Insurance diklaim lebih unggul karena memasukan biaya vaksinasi anak ke dalam manfaat asuransinya.

Jadi, selain menanggung biaya melahirkan nantinya asuransi ini juga bisa menanggung biaya vaksinasi anak yang jumlahnya cukup fantastis lho! Selain itu, manfaat lain dari asuransi melahirkan yang satu ini adalah:

  • Menanggung biaya komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan;
  • Biaya kontrol kehamilan mulai dari usia 16 minggu;
  • Memiliki pilihan penanggungan biaya untuk dua jenis persalinan yakni normal ataupun operasi caesar; dan
  • Menanggung biaya vaksinasi anak sesuai premi yang dipilih.

Karena pilihan asuransi melahirkan terbaik di Indonesia sudah cukup banyak, tentu saja hal ini sangat membantu para orang tua dalam memberikan yang terbaik bagi calon buah hati sejak awal kelahirannya. Yuk pilih sesuai kebutuhanmu!

Editor: Dwi Ratih