Kelahiran Dibaca 1,206 kali

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Hari H Melahirkan

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 30 Desember, 2018 23:12

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Hari H Melahirkan

Kehidupan Anda sebentar lagi akan berubah. Dalam hitungan minggu atau hari rumah Anda akan semarak dengan tangisan si kecil. Gunakan waktu yang tersisa sebelum momen kelahirannya datang dengan aktifitas seperti berbelanja keperluan bayi atau memanjakan diri.

Memiliki waktu untuk diri sendiri sebentar lagi mungkin tinggal angan saja. Anda akan sibuk dengan tugas sebagai ibu dari bayi yang akan segera lahir. Sambil menanti hal itu terjadi, gunakan kesempatan ini untuk merampungkan hal yang belum selesai sebelum ada prioritas lain yang harus Anda lakukan. Berikut adalah beberapa hal yang baik Anda lakukan di saat menunggu kelahiran sang buah hati.


Memanjakan diri

Sebentar lagi, akan sulit sekali bagi Anda untuk leluasa mandi dan berpakaian di tiap pagi, apalagi pergi ke salon untuk merapikan rambut. Memanjakan diri setelah bayi lahir mungkin berarti mandi selama 5 menit saat bayi Anda terlelap. Jadi manjakan diri Anda selagi si bayi masih di dalam rahim. Lebih dari seperempat ibu berharap mereka melakukan perawatan spa atau pijat sebelum melahirkan. Kenapa tidak lakukan pedicure di saat Anda sulit memotong kuku kaki karena terhalang perut yang semakin membesar? Ini dapat membuat Anda merasa rileks dan berarti Anda menciptakan perasaan menyenangkan sebelum mulai menjadi ibu.

Membaca buku

Setelah melahirkan, sangat tidak mungkin bagi Anda menghabiskan waktu di siang hari dengan duduk santai di atas sofa sambil membaca buku. Jadi selagi ada waktu, pergilah ke toko buku atau perpustakaan setempat. Cari buku yang selama ini ingin Anda baca. Tuntaskan membaca novel yang selama ini tertunda. Lebih baik lagi bila Anda bisa membaca novel yang sangat Anda sukai di sela waktu menyusui bayi pada jam 2 pagi.

Membersihkan rumah

Sebagian besar bumil berharap mereka mempunyai seseorang untuk membantu membersihkan rumah. Tak ada yang lebih menyenangkan selain berada di rumah yang bersih. Salah seorang ibu mengatakan kalau orangtuanya sengaja menyewa seseorang untuk membersihkan rumah saat ia dan mereka berada di rumah sakit. Ini benar-benar bisa meringankan stres mereka. Tentu menyewa jasa seseorang untuk membersihkan rumah bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Sebenarnya Anda bisa meminta tolong pasangan, teman, atau kerabat untuk melakukannya. Lakukan persiapan sebaik mungkin karena Anda tak akan lagi punya banyak waktu untuk membersihkan rumah setelah si kecil lahir.

Mengatur penyimpanan barang di rumah

Anda akan terbantu sekali bila semua item di dalam rumah berada pada kondisi yang tertata apik. Akan banyak sekali perlengkapan si kecil yang menyita tempat, jadi sediakan tempat atau wadah untuk setiap barang. Ini untuk menghindari rumah terlihat seperti kapal pecah saat bayi Anda berusia beberapa minggu nanti. Tak perlu mengeluarkan dana banyak untuk melakukan ini. Anda bisa gunakan wadah plastik atau kardus bekas yang Anda bungkus dengan kertas aneka warna dan hiasan menarik untuk menata semua keperluan Anda dan si kecil.

Mempersiapkan makanan

Memasak makanan mungkin akan menjadi hal terakhir yang bisa Anda lakukan di sisa waktu yang ada di masa awal bersama si kecil. Rencanakan terlebih dulu makanan yang Anda inginkan dan pastikan freezer siap digunakan. Para ibu merasa tertolong dengan melakukan ini. Mereka memasak dan membekukan aneka makanan sebelum kelahiran bayi. Slow cooker akan menjadi sahabat terbaik Anda. Bahan makanan yang telah dipotong-potong dan disimpan di freezer dalam kantong-kantong plastik bisa langsung Anda masukkan ke slow cooker saat bayi telah ada di rumah.
 
Anda juga perlu mengisi lemari es dengan makanan kecil yang sehat seperti aneka biskuit atau keju. Anda memerlukan makanan ringan seperti ini, karena bisa jadi Anda tidak selalu punya waktu atau energi untuk makan seperti biasa. Anda akan menjalani hari-hari yang membuat Anda terlalu lelah untuk melakukan apapun termasuk untuk makan. Pastikan juga Anda memiliki persediaan teh, kopi, dan gula untuk menjamu para tamu yang akan berkunjung dan menjenguk Anda serta si kecil.

Makan malam bersama pasangan

Anda berharap bisa pergi ke pesta dan bersenang-senang di beberapa bulan pertama si kecil lahir? Sepertinya akan sulit sekali untuk bisa melakukannya. Kerena itu, gunakan waktu sebaik mungkin saat Anda memiliki kesempatan. Atur jadwal untuk bisa makan malam romantis bersama pasangan Anda. Bisa jadi ini adalah kesempatan terakhir Anda sebelum si kecil lahir ke dunia.

Intim dengan pasangan

Melakukan hubungan intim dengan pasangan bisa membuat Anda semakin dekat dengannya. Bukankah sebentar lagi kegiatan ini akan terhalang oleh jahitan pada jalan lahir dan kekurangan tidur karena menjaga si kecil?

Singkirkan sementara jam weker Anda

Tak perlu menunggu hari Minggu untuk bisa bermalas-malasan di tempat tidur. Lupakan dulu bunyi alarm yang membangunkan Anda setiap pagi. Gunakan waktu Anda untuk menghabiskan pagi hari dengan berleyeh-leyeh ria sambil membaca koran ditemani cemilan favorit Anda.

Mencari dokter yang tepat untuk bayi Anda

Cari dokter anak yang bagus sebelum bayi Anda lahir. Bisa jadi teman atau kerabat memiliki nama dokter yang bagus sebagai referensi Anda. Nantinya Anda akan menjalani kunjungan beberapa kali ke dokter saat mulai pulih dari proses melahirkan.

Makan siang di luar

Pergilah keluar dan temui teman sebanyak mungkin ketika Anda tak perlu direpotkan oleh banyak hal. Saat bayi telah lahir, Anda tentu tidak akan semudah itu untuk bisa keluar rumah meski sebentar saja. Ini juga bisa menjadi cara Anda menemukan tempat seperti restoran atau kafe yang ramah bagi bayi.

Menghias kamar bayi

Memang bayi Anda tidak akan peduli bila dinding kamarnya berhias wallpaper dengan warna lembut di beberapa bulan pertamanya, tapi ini akan menjadi salah satu perhatian Anda. Pastinya, setelah ia lahir Anda tak akan punya waktu untuk menghias kamarnya. Jadi mulailah lakukan dekorasi selagi ada waktu untuk mencocokkan warna cat pada tembok dan pelengkap kamar lainnya.

Mengundang teman wanita berkumpul

Saat perut semakin membesar dan Anda merasa bosan menunggu kelahiran si kecil, kenapa tidak mengundang teman-teman wanita untuk menghilangkan rasa jenuh Anda? Anda memang tidak boleh minum alkohol atau berdansa semalaman, tapi Anda masih bisa bercerita panjang lebar bersama mereka, berbagi tips merias wajah, makan coklat sampai kenyang, berkaraoke, atau nonton film bersama, meski Anda sendiri telah berkali-kali menontonnya.

Menulis diary

Diary kehamilan bisa Anda gunakan untuk menuliskan pikiran, perasaan, harapan, dan ketakutan Anda. Lalu setelah buah hati Anda lahir, Anda bisa menambahkan semua hal yang perlu diingat seperti berat badannya, saat pertama ia tumbuh gigi, atau kapan ia mulai merangkak. Anda mungkin mengira tidak akan melupakan hal-hal seperti ini, tapi percayalah, kurang tidur dapat mengakibatkan otak Anda sering mengalami lupa.

(Isma)