Kelahiran Dibaca 1,286 kali

Hospital Packing: Persiapan untuk Persalinan!

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 18 Desember, 2018 00:12

Hospital Packing: Persiapan untuk Persalinan!
Melahirkan tentu merupakan momen yang sangat-sangat dinantikan oleh Anda dan pasangan. Persiapan menjelang kelahiran buah hati Anda pun tentu sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Baik persiapan berupa persiapan fisik maupun persiapan mental.

Selain itu perlengkapan-perlengkapan untuk menyambut kedatangan si kecil pun pasti telah Anda dan pasangan siapkan pula, seperti membelikan tempat tidur untuk si kecil, mempersiapkan baju-baju dan popoknya, serta mempersiapkan semua kebutuhan dasar lainnya untuk buah hati Anda.

Selain hal-hal tadi Anda pun tentu tak akan lupa untuk melakukan “hospital packing”, ya mempersiapkan barang- barang apa saja yang harus Anda bawa ketika akan melahirkan dirumah sakit. Seperti yang kita ketahui, proses melahirkan kapan waktunya dan dimana tempatnya, tak pernah ada kepastian. Kapan Anda akan mulai merasakan tanda-tanda melahirkan atau bahkan bukaan pertama, Anda sendiri pun tidak memahaminya. Yang bisa kita lakukan menyiapkan segala sesuatunya, ya bersiap-siap adalah salah satu keharusan.

Maka dari itu sangat dianjurkan bagi Anda, ibu hamil yang memang sudah mulai menginjak usia kandungan 9 bulan untuk melakukan “hospital packing”. Jadi apabila sewaktu-waktu Anda sudah mulai melihat tanda-tanda si kecil akan segera lahir, maka yang akan Anda lakukan yaitu satu, bergegas mengambil tas yang telah Anda siapkan dan segera menuju rumah sakit tanpa harus bersusah payah mencari-cari padahal keadaan Anda sudah sangat mengkhawatirkan. Jadi tunggu apalagi, segeralah lakukan “hospital packing”.

Bila Anda masih bingung dan berpikir-pikir, apa saja benda yang harus Anda persiapkan dan bawa ketika akan melahirkan dirumah sakit, mungkin Anda bisa melihat list berikut ini:

  • Persiapkanlah baju untuk buah hati Anda. Hal ini tentu merupakan hal yang paling utama untuk dipersiapkan. Dalam mempersiapkan baju untuk buah hati Anda, ada hal yang harus Anda diingat yaitu bawalah baju dalam berbagai ukuran. Hal ini untuk menghindarkan Anda dan pasangan agar tidak kerepotan mencari-cari dan membeli baju lagi untuk si kecil karena sudah tersedia. 

  • Bawalah peralatan yang dapat membantu Anda menghadapi permasalahan dalam menyusui seperti bantal untuk menyusui, bra khusus untuk menyusui, nursing pads. Membawa bantal untuk menyusui sangat disarankan, apalagi bagi Anda, para ibu yang baru mengalami persalinan untuk pertama kalinya. Setelah si kecil lahir tentunya Anda akan mulai memberikan ASI pada buah hati Anda. Menyusui si kecil, apalagi untuk pertama kalinya, bukanlah perkara yang mudah. Bahkan menempatkan posisi yang nyaman untuk buah hati Anda pada saat menyusui akan terasa sangat sulit. Maka dari itu bantal khusus untuk menyusui ini akan sangat membantu Anda dalam mempelajari posisi yang baik dalam menenpatkan buah hati Anda ketika menyusui.

  • Siapkanlah baju yang nyaman untuk dikenakan. Mempersiapkan beberapa baju yang dapat membuat Anda nyaman di tas bawaan Anda, tentu akan sangat berguna. Memang pihak rumah sakit pasti akan menyediakan baju khusus untuk Anda, tapi hal ini bisa Bunda lakukan untuk antisipasi jika Anda tidak cocok atau kurang nyaman dengan baju yang disediakan oleh pihak rumah sakit.   

  • Bawalah slipper yang nyaman. Pasca melahirkan tubuh Anda belumlah kembali normal ke ukuran sebelumnya. Biasanya bagian kaki Anda masih akan mengalami pembengkakan, pasca melahirkan. Jadi ada baiknya, jika pasca melahirkan Anda lebih sering mengenakan slipper. Slipper yang penuh dengan bulu-bulu halus dan empuk akan sangat nyaman untuk kaki dan menghindarkan kaki Anda dari kesakitan serta iritasi pada kulit yang membengkak.

  • Siapkan pula peralatan mandi dan handuk. Ketika Anda melahirkan tentu Anda tidak akan bisa langsung pulang dengan segera, Anda perlu waktu untuk pemulihan dan pastilah Anda perlu menginap dirumah sakit dalam beberapa hari. Jadi lebih baik Anda menyiapkan peralatan mandi dan beberapa handuk Anda sendiri. Hal ini untuk berjaga-jaga jikalau Anda tidak terlalu cocok dengan peralatan mandi dan handuk yang disediakan oleh pihak rumah sakit.

  • Sediakan pula pembalut dan underwear extra. Agar Anda tetap merasa nyaman saat dirumah sakit, sangat dianjurkan jika Anda membawa pembalut dan underwear sendiri. Mungkin di beberapa rumah sakit ada yang memang menyediakan pembalut dan underwear untuk ibu melahirkan, tapi untuk kenyamanan Anda lebih baik Anda membawanya sendiri dari rumah. Mengingat Anda akan banyak berinteraksi dengan si kecil dan mulai belajar mengurusi si kecil. Jadi kenyamanan akan sangat diperlukan, sehingga konsentrasi Anda tidak terganggu pada saat Anda sedang mengurusi si kecil.

  • Jangan lupa untuk membawa kamera. Melahirkan adalah momen yang sangat-sangat dinantikan apalagi jika ini adalah proses melahirkan yang pertama kalinya. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera agar Anda bisa mengabadikan momen-momen apa saja yang terjadi pada saat Anda melahirkan, atau pada saat Anda mulai belajar menyusui atau mungkin mencoba menggantikan popok buah hati Anda atau saat-saat dimana Anda sudah mulai bisa menggendong buah hati Anda dengan sempurna tanpa kaku.

(Wati)