Kelahiran

Jangan Asal, Ini Tips Memilih Perlengkapan Bayi yang Tepat!

Jangan Asal, Ini Tips Memilih Perlengkapan Bayi yang Tepat!

Momen kehadiran sang buah hati, memang menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi sebagian besar orang tua. Rasanya nggak sabar banget untuk menyambut kedatangan anggota baru dalam keluarga. 

Dari jauh-jauh hari persiapan sudah dilakukan, mulai dari menyiapkan nama, mempersiapkan mental dan fisik, hingga menyiapkan aneka perlengkapan bayi baru lahir. 

Salah satu yang menjadi agenda favorit orang tua adalah membeli kebutuhan perlengkapan si Kecil, tak jarang momen ini membuat Parents kalap saat berbelanja. Saking senang dan semangatnya, rasanya semua barang ingin dibeli, terutama saat hamil anak pertama. 

Namun Parents, sebetulnya nggak semua perlengkapan bayi baru lahir wajib kita sediakan di rumah. Ketimbang barang yang dibeli jadi tidak berguna dan membuat budget pengeluaran jadi membengkak, lebih baik mengutamakan perlengkapan wajib dulu. 

Jadi, Parents bisa hemat pengeluaran, mengingat perlengkapan bayi juga hanya dipakai sebentar. Lalu, apa saja ya barang-barang yang sangat wajib dipersiapkan dan dimiliki ketika bayi baru lahir? Berikut ulasannya! 

Apa Saja Perlengkapan Bayi yang Penting Dimiliki? 

Zaman sekarang, sejatinya menyiapkan perlengkapan bayi sudah sangat mudah. Apalagi ada banyak layanan yang menyediakan program sewa peralatan, mulai dari stroller, car seat, bouncher, mainan bayi, hingga pompa ASI.

Karena kemudahan tersebut, membuat Parents wajib menyeleksi perlengkapan bayi mana yang kiranya cukup esensial dimiliki secara pribadi dan mana yang tidak. Hitung-hitung hemat pengeluaran ya, Parents.

Lalu, perlengkapan bayi apa saja sih yang wajib kita miliki?

1. Baju bayi

Menyiapkan baju untuk si Kecil yang akan segera lahir, memang terkadang bikin Parents jadi sangat excited dan berujung membeli beragam model yang jumlahnya sangat berlebihan. Dikutip dari Babycenter, banyaknya jenis pakaian bayi yang menggemaskan, memang sering bikin Parents ‘gatal’ untuk membelinya, tapi sebaiknya jangan terlalu terpaku hanya karena bentuknya yang lucu ya, Parents.

Sesuaikan kebutuhan si Kecil dan utamakan pilih baju bayi dengan bahan yang lembut, nyaman dan mudah dikenalkan pada bayi baru lahir. Pakaikan si Kecil baju yang nyaman sesuai dengan iklim di mana Parents tinggal saat ini. Berikut beberapa jenis pakaian bayi baru lahir yang bisa disiapkan:

  • Sleepsuit
  • Setelan baju dan celana pendek
  • Kaos jumper
  • Bedong
  • Kaos kaki
  • Legging 
  • Topi
  • Selimut.

Tips dari Ibumin: 

Sebaiknya aneka baju bayi baru lahir ini nggak perlu dibeli terlalu banyak ya, Parents. Usahakan beli maksimal 1 lusin saja, sebab pertumbuhan bayi akan berkembang sangat pesat, pilih baju bayi dengan ukuran newborn sampai setidaknya sampai ukuran bayi 3 bulan. Baru setelahnya sesuaikan lagi dengan ukuran tubuh bayi. 

2. Popok bayi

Yup! Popok bayi juga menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang tergolong sangat esensial untuk dimiliki. Popok bayi sekali pakai ataupun popok kain, it’s up to you

Yang jelas, pilih bahan popok bayi yang lembut dan nyaman bagi kulitnya ya, Parents. Mengutip dari Healthline bayi baru lahir setidaknya bisa menghabiskan 8-12 lembar popok sekali pakai/hari. Kebutuhan ini, akan menurun sesuai dengan usia bayi.

Tips dari Ibumin:

American Academy of Pediatrics menyarankan agar orang tua wajib mengganti popok bayi baru lahir setiap kali ia buang air kecil atau buang air besar, atau setidaknya setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Membiarkan si Kecil tidak berganti popok terlalu lama, dapat meningkatkan risiko bayi mengalami ruam popok dan infeksi jamur yang bikin ia rentan rewel karena merasa tak nyaman.

3. Botol susu dan perlengkapan menyusui

Menyusui adalah salah satu cara paling efektif untuk menjamin kesehatan dan kelangsungan hidup anak. Untuk itu, Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI Eksklusif sesaat setelah bayi baru lahir hingga setidaknya sampai usia bayi menginjak 6 bulan.

Metode pemberian ASI bisa dilakukan secara langsung atau direct breastfeeding dan perah atau pumping menggunakan botol susu. Sehingga, untuk mendukung pemberian ASI Eksklusif bagi bayi, Ibu perlu mempersiapkan perlengkapan menyusui untuk bayi baru lahir meliputi:

  • Pompa ASI (Bisa sewa/punya sendiri)
  • Botol susu (Jika bayi tidak melakukan direct breastfeeding)
  • Cup feeder/pipet (dapat disiapkan saat bayi bingung puting).

Tips dari Ibumin:

Bayi baru lahir umumnya akan menyusu antara 10-14 kali dalam 24 jam, dan frekuensi menyusu menjadi semakin berkurang seiring pertumbuhannya. Untuk itu, laman Baby Center menyarankan agar Parents perlu membeli botol susu setidaknya 3-4 botol susu dengan jenis dan merek yang berbeda sebagai persiapan. 

Sebab, terkadang nggak semua bayi cocok dengan satu merek botol susu. Sehingga, nggak ada salahnya menyiapkan beberapa jenis botol untuk antisipasi ketika bayi nggak cocok dengan satu merek botol tertentu.

4. Skincare bayi

Bayi baru lahir cenderung memiliki kulit yang sensitif. Sehingga, Parents juga perlu menyiapkan skincare untuk bayi yang tepat, sesuai dengan jenis kulitnya.

Peran skincare bayi sangat penting untuk menjaga kulitnya tetap sehat, dan terhindari dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Tips dari Ibumin:

Mengingat skincare bayi jadi perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dimiliki, sebaiknya Parents perlu memilih skincare bayi dengan bahan yang bebas SLS dan Paraben, pilih skincare yang dibuat dengan bahan alami, dan pastinya sudah teruji klinis dan terdaftar BPOM.

Seberapa Penting Skincare untuk Si Kecil? 

Banyak orang tua mungkin bertanya-tanya sepenting apa mempersiapkan skincare bayi untuk menyambut kelahiran si Kecil. Bisa jadi Parents, salah satunya. 

Menurut Healthline, kulit merupakan organ terbesar pada tubuh bayi Anda, sehingga penting untuk menjaga kesehatannya. Apalagi, pada tahun pertama kehidupannya, bayi sangat rentan terhadap beberapa kondisi kulit yang berbeda. 

Untuk menghindari terjadinya permasalahan kulit pada si Kecil, produk skincare juga dibutuhkan bayi, begitu juga pada bayi yang baru lahir, karena kulitnya lebih tipis, lebih rapuh dan lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Dilansir dari Stanford Medicine, kulit bayi yang lembut dan halus sangat memerlukan perawatan khusus, yaitu dengan produk yang dibuat khusus untuk bayi

Jika dikutip dari WebMD, bayi baru lahir Anda membutuhkan produk perawatan kulit bayi yang bebas pewarna dan pewangi. Sebelum membeli skincare untuk si Kecil, berikut tips untuk memilih produk skincare yang tepat: 

1. Baca label dengan cermat. Hati-hati dengan produk perawatan kulit bayi yang mengandung pewarna, pewangi, dan bahan kimia. Hal ini sangat membahayakan si Kecil karena dapat mengiritasi kulit dan pernapasan bayi.

2. Carilah produk yang bebas fosfat dan paraben. Bahan kimia tersebut berpotensi membahayakan bayi.

Aneka Produk Bayi dari Birth Beyond Ini Bisa Jadi Pilihan

Bingung mencari produk skincare bayi baru lahir yang tepat, untuk persiapan kelahiran si Kecil nanti? Aneka produk dari Birth Beyond ini bisa jadi salah satu pilihan nih, Parents.

Birth Beyond sendiri merupakan produk Intuisi Ibu Nomor Satu, yang diformulasi secara khusus dengan bahan-bahan pilihan terbaik. Bahan-bahan ini sudah terbukti aman saat bersentuhan dengan kulit si Kecil.

Birth Beyond juga memiliki visi khusus, yang bertujuan untuk menemani proses orang tua menjaga dan melindungi buah hati sejak mereka lahir menyediakan produk perlengkapan bayi, yang nyaman untuk digunakan si Kecil, diantaranya adalah:

  • Moisturizing Lotion


Lotion untuk bayi dengan tekstur ringan, yang mampu melindungi kulit bayi baru lahir dari kemerahan, kulit kering dan iritasi. Dengan bahan aktif Ceramide 3, sekaligus dapat membantu melindungi kulit bayi dari polusi, bakteri yang ada disekitar lingkungan, serta dapat melembapkan kulit si Kecil sepanjang hari.

  • Skin Protection Lotion


Lotion untuk bayi baru lahir yang diperkaya dengan kandungan Citronella Oil (Minyak sereh), yang efektif membantu melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk dan serangga. Produk ini juga sudah mengandung anti irritant complex dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi bayi dari kemerahan karena iritasi ringan.

  • Baby Hair Lotion


Diperkaya dengan kandungan ekstrak kemiri, ekstrak bunga clover dan witch hazel yang dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala bayi. Birth Beyond Baby Hair Lotion, juga mampu merangsang pertumbuhan rambut si Kecil.

  • Kids Foaming Face Wash


Produk sabun wajah yang diformulasikan khusus untuk anak-anak hingga remaja. Formulanya yang foaming dan bouncy dapat membantu membersihkan wajah hingga menyeluruh, dan mencegah kulit jadi kering setelahnya.

Birth Beyond Kids Foaming Face Wash juga cocok untuk semua jenis kulit. Termasuk kulit anak-anak yang sensitif sekalipun.

  • Mild Laundry Detergent


Deterjen khusus aneka pakaian bayi dan anak-anak yang dapat membantu membersihkan serta menghilangkan noda membandel. Deterjen ini sangat lembut di kulit si Kecil, dengan aroma yang tahan lama, tidak merusak warna baju, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan pastinya efektif membunuh kuman dan noda tanpa merusak baju.

Sekarang, Parents bisa lebih lega nih karena ada Birth Beyond yang bisa diandalkan sebagai skincare untuk bayi baru lahir. Yuk, jangan ragu gunakan produk Birth Beyond sebagai pilihan terbaik buat si Kecil!

Tertarik untuk mencoba produk ini? Parents bisa datang langsung pada event IMBEX tgl 1-3 Desember 2023 mendatang. Pssst, bakalan dan banyak diskon menarik yang nggak boleh terlewatkan, lho. Cus, catat tanggalnya dan jangan lupa datang ya!


Editor: Dorothea Ayu