Kelahiran

Kapas Bulat Bayi, Barang Esensial untuk Bayi Baru Lahir

Kapas Bulat Bayi, Barang Esensial untuk Bayi Baru Lahir

Kapas bulat bayi adalah salah satu perlengkapan yang biasanya sudah ibu sudah siapkan menjelang kelahiran si kecil. Kapas bulat bayi untuk apa?

Fungsi kapas bulat untuk bayi biasanya untuk membersihkan bagian tubuh bayi di area tersembunyi. Kapas bulat bayi yang bagus biasanya memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga aman untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif. 

Kulit bayi lima kali lebih tipis dibandingkan orang dewasa sehingga kulit mereka lebih sensitif terhadap gesekan dan ketidaknyamanan saat bersentuhan dengan tisu yang kasar menurut Parenting Firstcry.

Jelas sudah kapas bulat bayi untuk apa. Kapas menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan kulit bayi karena kapas berasal dari alam. Kapas juga memiliki sifat tidak mengiritasi kulit ataupun menimbulkan alergi sehingga dapat digunakan sejak baru bayi lahir.

Cara menyimpan kapas bulat bayi juga sederhana. Ibu dapat meletakkan kapas bulat bayi kering di wadah tertutup. Selain itu, jika Ibu memutuskan menyimpannya dalam keadaan basah, cara menyimpan kapas bulat bayi dengan cara merendamnya di wadah berisi air. 

Tutup rapat di wadah tertutup. Cara menyimpan kapas bulat bayi ini sangat praktis digunakan untuk membersihkan kotoran bayi.

Kapas bulat bayi untuk apa saja?

Fungsi kapas bulat untuk bayi

kapas-bulat-bayi-barang-esensial-untuk-bayi-baru-lahir-1

1. Membersihkan kotoran bayi

Fungsi kapas bulat untuk bayi yang paling sering digunakan adalah untuk membersihkan daerah lipatan pada tubuh bayi, terutama saat membersihkan kemaluan anak sehabis buang air kecil maupun besar. 

Ibu dapat merendam kapas bulat bayi dengan air untuk menjangkau area sempit di sekitar kelamin, anus, dan selangkangan bayi yang sulit dibersihkan.

2. Membersihkan daerah lipatan pada tubuh bayi

Tidak hanya bagian selangkangan dan kemaluan, kapas bulat bayi bisa digunakan untuk membersihkan bagian tubuh lainnya yang tidak terjangkau saat memandikan bayi seperti ketiak, leher, dan lipatan kaki.

Ibu dapat mencelupkan kapas bulat bayi ke air hangat ataupun menggunakan baby oil untuk membersihkan daerah lipatan tersebut

3. Membersihkan tali pusar bayi

Fungsi kapas bulat untuk bayi berikutnya adalah membersihkan tali pusat bayi yang belum putus. Tali pusat bayi baru lahir harus dijaga kebersihannya agar tidak menyebabkan infeksi. 

Tali pusat harus dalam keadaan bersih dan kering karena keadaan lembab akan membuat jamur tumbuh subur dan menyebabkan infeksi. Tali pusat yang mengalami infeksi bisa jadi lebih lama putus.

Ibu dapat membersihkan tali pusat si kecil setelah mandi dengan menggunakan kapas bulat bayi yang dicelup alkohol. Usapkan kapas dengan lembut dari bagian pangkal tali pusat hingga ke ujungnya.Tunggu alkohol mengering baru kemudian bungkus tali pusat tersebut dengan kain kasa.

4. Membersihkan telinga bayi

kapas-bulat-bayi-barang-esensial-untuk-bayi-baru-lahir-2

Telinga bayi adalah bagian tubuh yang juga harus dijaga kebersihannya agar tidak terjadi infeksi telinga. Telinga bayi mungkin tidak sekotor anak yang sudah lebih besar, namun kebersihannya harus tetap dijaga. 

Bagian telinga yang berlekuk-lekuk akan sulit jika dibersihkan saat mandi dengan menggunakan tangan kosong. Dengan menggunakan cotton bud dan kapas bulat bayi, bagian berlekuk tersebut dapat lebih mudah dibersihkan. 

Kapas bulat juga tidak berpotensi merusak gendang telinga karena ukurannya tidak akan dapat masuk ke dalam liang telinga.

5. Membersihkan mata bayi

Mata bayi yang baru lahir sering terlihat belekan atau terlihat kotoran berlebih di area mata. Fenomena ini adalah hal yang wajar bagi bayi baru lahir hingga beberapa minggu pertama usianya. Kotoran bayi dapat membuat mata bayi lengket dan sulit terbuka.

Ibu dapat membersihkan mata bayi dengan menggunakan kapas bulat bayi yang dicelup air hangat. Usapkan kapas basah tersebut mulai dari bagian dalam hingga keluar mata dengan lembut.

Rekomendasi kapas bulat bayi yang bagus

Kapas bulat bayi yang bagus adalah kapas yang tidak mudah seratnya dan memiliki daya serap yang baik terhadap cairan. Agar kapas tidak mudah lepas dan hancur, basahi kapas bulat bayi dengan air. 

Apa saja rekomendasi kapas bulat bayi yang bagus?

1. Medisoft Cotton Ball

kapas-bulat-bayi-barang-esensial-untuk-bayi-baru-lahir-3

Produk yang terbuat dari kapas murni ini cocok digunakan untuk membersihkan bagian tubuh bayi. Teksturnya yang lembut tidak membuat kulit bayi teriritasi.

Medisoft Cotton Ball tersedia dalam dua ukuran, yakni bola kecil dan bola besar. Harga dari kedua jenis Cotton Ball ini berkisar antara Rp 8.000 - Rp 10.000 saja untuk isi 120 kapas bulat.

2. Pigeon Cotton Ball

kapas-bulat-bayi-barang-esensial-untuk-bayi-baru-lahir-4

Pigeon Cotton Ball terbuat dari 100 persen kapas murni sehingga memiliki tekstur yang lembut dan memiliki daya serap yang tinggi. Kapas ini dapat digunakan untuk membersihkan kotoran bayi.

Kapas ini aman untuk kulit bayi yang sensitif. Namun, harga kapas bulat Pigeon ini tergolong mahal dibandingkan kompetitornya, yaitu sekitar Rp 27.000 untuk isi 100 buah.

3. Wellness Cotton Ball

kapas-bulat-bayi-barang-esensial-untuk-bayi-baru-lahir-5

Kapas bulat Wellness ini dibuat dengan teknologi yang canggih yang bebas merkuri. Kapasnya lembut dan aman digunakan pada kulit bayi yang sensitif sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Harga Wellness Cotton Ball cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 untuk isi 100 buah.

Kapas bulat bayi adalah kebutuhan esensial bayi baru lahir. Jangan lupa untuk melengkapinya ya, Bu!

Editor: Dwi Ratih