Kelahiran Dibaca 15,591 kali

Keguguran Berulang Kali? Jangan Takut, Anda Masih Bisa Hamil !

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati
Keguguran Berulang Kali? Jangan Takut, Anda Masih Bisa Hamil !

Ibu dianggap mengalami keguguran berulang bila keguguran terjadi 3 kali atau lebih secara berturut-turut. Dokter biasanya akan merujuk Ibu ke ginekolog yang akan mengidentifikasi penyebab keguguran.

Keguguran yang terjadi berulang mungkin membuat Ibu putus harapan. Tapi percayalah, kebanyakan Ibu yang mengalami keguguran berulang pada akhirnya bisa kemabli hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Ini terutama bila hasil tes menunjukkan bahwa tidak ada penyebab pasti keguguran. Sebanyak 6 dari 10 wanita yang mengalami 3 kali keguguran berulang bisa memiliki bayi di kehamilan berikutnya.

Sekitar 1 dari 100 ibu mengalami keguguran berulang. Yang membingungkan, sering kali tidak jelas kenapa hal ini terus terjadi pada beberapa wanita. Para dokter tidak menemukan penyebab keguguran pada setengah jumlah kasus keguguran berulang.

Penyebab keguguran berulang

Ketika mengalami keguguran berulang, tentu Ibu sangat ingin tahu apa yang menjadi penyebabnya. Memang beberapa kondisi kesehatan disebut-sebut bisa memicu keguguran. Berikut ini beberapa kondisi yang dianggap memicu keguguran berulang:

  • Masalah genetik. Anda atau pasangan mungkin mengalami masalah pada kromosom.  Keguguran berulang berhubungan dengan kromosom abnormal yang sering terjadi pada 2 hingga 5 persen pasangan.

  • Antiphospholipid syndrome (APS) yang dikenal juga sebagai sindrom darah lengket atau sindrom Hughes. APS merupakan gangguan sistem kekebalan yang menyebabkan peningkatan risiko pembekuan darah. Ini berarti orang dengan APS berisiko tinggi mengalami pembekuan darah pada kaki, pembekuan darah di arteri yang bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung, pembekuan darah di jantung yang menyebabkan masalah penglihatan, keseimbangan, bicara, dan memori. Ibu hamil yang mengidap APS berisiko mengalami keguguran. APS ditemukan menjadi penyebab pada 15 hingga 20 persen kasus keguguran berulang.

  • Gangguan pembekuan darah turunan yang juga disebut thrombophilia. Thrombophilia berarti kondisi darah seseorang lebih mudah membeku dan menggumpal. Ini juga bisa menyebabkan keguguran berulang.

  • Masalah pada rahim atau serviks. Keguguran berulang bisa terjadi saat Ibu memiliki rahim yang bentuknya abnormal atau serviks yang lemah.

  • Masalah pada hormon. Beberapa kondisi seperti polycystic ovaries juga sering dikaitkan dengan dengan keguguran berulang. Tapi belum ada penelitian pasti kenapa polycystic ovaries menyebabkan keguguran dan seberapa bagus pengobatan yang harus dijalankan untuk bisa mengatasinya.

  • Bakteri vagina atau infeksi vagina yang bisa meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Para ahli masih menyelidiki tentang bagaimana dan kenapa infeksi ini bisa menyebabkan keguguran berulang.

Usia juga berpengaruh lho Bu. Semakin bertambah usia, Anda semakin mungkin mengalami keguguran. Usia ayah bayi juga meningkatkan risiko keguguran. Risiko keguguran di masa depan juga akan meningkat pada tiap keguguran yang sudah dialami Ibu. Mulai dari usia 35 tahun, jumlah sel telur Ibu dan kualitasnya mulai menurun lebih cepat. Kromosom abnormal di janin lebih mungkin terjadi dan ini meningkatkan kemungkinan keguguran. Selain semua masalah ini, sering kali penyebab keguguran tidak diketahui secara pasti.

Mengurangi risiko keguguran berulang

Terapi alami jadi pilihan tepat untuk membantu mendukung kesehatan tubuh dan mempersiapkan kehamilan. Mempersiapkan tubuh untuk menyambut kehamilan sejak jauh-jauh hari juga penting dilakukan demi mengurangi risiko keguguran. Langkah ini harus dilakukan setidaknya 3 bulan sebelum Anda melakukan program hamil. Meski tidak ada jaminan, beberapa langkah berikut akan membantu menutrisi dan mendukung tubuh untuk menjalani kehamilan yang sehat.

  1. Mempersiapkan kehamilan

    Langkah pertama untuk mempersiapkan tubuh adalah dengan fertilitiy cleansing. Proses ini membantu liver dalam membersihkan tubuh dari racun dan hormon berlebih, juga membantu rahim membersihkan diri dan  meningkatkan sirkulasinya.

  2. Makan makanan bernutrisi

    Langkah berikutnya adalah menutrisi dan membantu tubuh menjadi sehat. Ini mudah dilakukan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk kesuburan. Apa yang Anda makan akan berdampak pada:

    • Keseimbangan hormon.

    • Kesehatan sel telur.

    • Menurunkan kemungkinan keguguran.

    • Menciptakan plasenta yang sehat.

    • Membantu penyimpanan nutrisi untuk janin.

    • Menciptakan sistem reproduksi yang sehat.

    Tetaplah mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesuburan secara konsisten, setidaknya 90 hari sebelum program hamil demi mendapatkan hasil terbaik dan menciptakan kondisi kehamilan yang sehat.

  3. Membangun fondasi yang sehat

    Ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral. Ada vitamin dan mineral khusus yang dibutuhkan untuk menciptakan sistem reproduksi yang sehat, membantu keseimbangan hormon, dan ovulasi. Multivitamin terbaik untuk kesuburan dan kehamilan adalah multivitamin prenatal. Tapi berhati-hatilah saat memilih karena tidak semua suplemen dibuat sama. Pastikan Anda minum multivitamin prenatal yang mengandung B6, B12, dan asam folat. Kombinasi ini terbukti dapat mencegah keguguran karena tingkat homocysteine yang tinggi.

    Asam lemak esensial juga sangat penting untuk pencegahan keguguran, terutama omega 3, untuk mengatur respon peradangan, meningkatkan integritas selular, dan menjaga keseimbangan hormon, semuanya membantu tubuh mencegah keguguran.

  4. Jalani pijat abdomen

    Hal penting lain untuk mendapatkan kehamilan yang sehat adalah meningkatkan sirkulasi ke rahim. Gaya hidup modern berpengaruh pada tingkat stres, membuat kita kurang olahraga, dan biasanya juga membuat kita duduk sepanjang hari. Kaki kiri dan rahim memiliki arteri mayor yang sama, jadi hindari duduk dengan menyilangkan kaki yang bisa menurunkan sirkulasi ke rahim. Tingkat stres yang tinggi juga menyebabkan penurunan sirkulasi ke rahim. Ada beberapa pilihan pijat untuk sirkulasi reproduksi. Anda bisa mencari terapis pijat yang mengkhususkan diri pada pijat perut atau lebih baik lagi pijat kesuburan.

Tips lain untuk mencegah keguguran adalah dengan bed rest dan menghilangkan faktor stres. Jangan lupa konsumsi vitamin E dalam jumlah 600 IU per hari (hanya gunakan 50 IU bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau diabetes).

Bila Anda mengalami keguguran berulang dan tidak bisa diketahui penyebabnya, maka ada kemungkinan kalau kehamilan selanjutnya akan sukses di masa mendatang. Anda akan dirawat dengan seksama dan diberi tes sejak awal kehamilan jika memiliki riwayat keguguran.

Perawatan intensif bisa meningkatkan kemungkinan keberhasilan kehamilan. Sekitar ¾ wanita yang mengalami keguguran berulang tanpa diketahui penyebabnya dapat melahirkan bayi yang sehat dengan dukungan dan perawatan yang tepat.

Bila Anda dan pasangan mengalami masalah kromosom yang menyebabkan keguguran, sulit untuk mengetahui kemungkinan memiliki bayi yang sehat bila Anda hanya berusaha hamil. Tiap pasangan berbeda, jadi Anda akan dirujuk ke dokter yang spesialis di bidang gangguan genetik.

Beberapa kondisi yang menyebabkan keguguran berulang bisa ditangani. Dokter jadi orang terbaik untuk bertanya tentang kemungkinan keberhasilan kehamilan. Dokter memang tidak bisa bicara secara pasti tapi ia bisa melihat riwayat medis, usia, dan hasil tes saat membahas kemungkinan Anda untuk hamil.

Semua akan terasa sangat sulit bila Anda terpukul dengan semua keguguran yang telah dialami dan merasa tidak sanggup bila harus mengalaminya lagi. Cari dukungan sebanyak-banyaknya, bicara pada teman dekat, keluarga, atau dokter tentang apa yang Anda rasakan.

(Ismawati)