Kelahiran Dibaca 97 kali

Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit Dengan Metode Bradley

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 03 Oktober, 2017 03:10

Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit Dengan Metode Bradley
Kalau Bunda ikut kelas melahirkan di rumah sakit, Bunda pasti akan diajari tentang metode persalinan Bradley. Metode ini menekankan bahwa kelahiran merupakan proses yang alami dan dengan persiapan yang tepat kebanyakan wanita bisa menghindari penggunaan obat penghilang rasa sakit, serta intervensi medis selama persalinan dan kelahiran. Nama Bradley sendiri diambil dari seorang dokter kandungan bernama Robert Bradley yang mengembangkan metode ini di akhir tahun 1940-an.
Program kelas Bradley biasanya berlangsung selama 12 minggu dan lebih intensif dibanding kelas pendidikan kelahiran lainnya. Para pendukung metode ini mengklaim bahwa hampir 90 persen pasangan yang dilatih dengan metode Bradley melakukan persalinan vaginal yang spontan dan tanpa pengobatan.
Mungkin Bunda bertanya, kenapa kelasnya harus selama 12 minggu? Jika Anda menghadiri semua pertemuan selama 12 minggu, Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjalankan persalinan tanpa obat penghilang sakit. Beberapa orang mengatakan, lebih sedikit sesi pertemuan yang Anda hadiri, berarti lebih tinggi tingkat intervensi medis yang akan Anda terima.
Ada perbedaan antara mempelajari informasi dan mempersiapkan tubuh secara fisik untuk suatu momen penting. Misalnya, tak ada atlet yang akan mengikuti ajang Olimpiade dengan persiapan kurang dari 3 bulan. Memperpendek waktu persiapan untuk melahirkan sama seperti terburu-buru untuk mempersiapkan masakan untuk pesta makan malam. Makanan saja memerlukan waktu untuk diolah, apalagi manusia. Tubuh manusia membutuhkan waktu untuk mempersiapkan kelahiran.
Filosofi Bradley mengatakan bahwa mempersiapkan kelahiran anak dan menjadi orangtua baik secara mental, fisik, dan emosional memerlukan waktu berbulan-bulan. Dan pastinya ada kebanggaan serta kepuasan tersendiri kan, jika Bunda dapat melahirkan secara normal?
Untuk memastikan program kelas melahirkan dengan metode Bradley bersifat personal, jumlah peserta biasanya dibatasi hanya 8 pasang. Instruktur Anda di kelas ini merupakan seorang yang profesional dan terlatih untuk membantu suami mendapat pengalaman persalinan seperti yang mereka harapkan. Semua instruktur pada kelas metode Bradley telah melalui pelatihan yang intensif dan saling berafiliasi dalam mengajarkan metode Bradley yang berkelanjutan. Mengenai biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengikuti kelas kelahiran metode Bradley akan bervariasi bergantung pada pelatih serta tempat yang menawarkan kelas ini.

Hal Yang Dipelajari Di Kelas Melahirkan Dengan Metode Bradley

Di program ini Anda dan pasangan akan mempelajari hal-hal mencakup:
  1. Pentingnya berolahraga yang sesuai selama kehamilan.
  2. Nutrisi dan pengaruhnya terhadap janin.
  3. Gejala dan keluhan umum selama kehamilan serta cara untuk mengatasinya. Selama sesi ini, akan ada diskusi tentang banyak perubahan pada tubuh Anda selama kehamilan. Pertemuan ini juga akan berfokus pada anatomi dan fisiologi serta membahas beberapa ketidaknyamanan kehamilan serta cara mengatasinya secara alami. Sesi ini juga bermanfaat bagi suami untuk lebih waspada dan lebih memahami perubahan yang terjadi pada tubuh Bunda.
  4. Metode untuk membantu pasangan Anda menjadi peserta dan pendamping aktif serta terlatih di hari persalinan.
  5. Teknik relaksasi selama persalinan dan kelahiran, dengan penekanan pada pernafasan alami.
  6. Intervensi medis dan cara menghindari intervensi yang tidak diperlukan.
  7. Tahapan persalinan dan cara mengatasi perubahan tubuh pada tiap tahapannya.
  8. Bagaimana mengurangi resiko bedah sesar dan apa yang harus dilakukan bila secara medis diperlukan.
  9. Membuat rencana kelahiran dan bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan tim medis. Materi di pertemuan ini mencakup informasi tentang bagaimana membuat rencana kelahiran yang baik. Akan ada diskusi tentang apa saja yang menjadi pilihan Anda, bagaimana membuat daftar prioritas dan membicarakannya dengan tim medis dengan cara yang positif.
  10. Menyusui, merawat bayi baru lahir, dan menyesuaikan diri dengan peran sebagai orang tua.
Metode Bradley juga mengajarkan Bunda cara mengontrol rasa sakit selama melahirkan. Metode ini mengedepankan filosofi alami kelahiran dan juga dikenal sebagai teknik melahirkan atas pendampingan suami. Bunda dan suami akan diminta untuk menggunakan latihan pernafasan dalam dan relaksasi sebagai sarana dalam menjalani persalinan. Metode Bradley menolak ide distraksi (pengalihan) sebagai cara untuk menjalani persalinan dan memperdebatkan penggunaan penghilang rasa sakit serta sesi bedah sesar kecuali benar-benar dibutuhkan.
Tidak hanya itu, kelas yang fokus pada metode kelahiran Bradley juga mempersiapkan Anda dan suami untuk menghadapi komplikasi yang tidak diharapkan yang bisa mengakibatkan bedah sesar tak terencana atau intervensi bentuk lain. Metode ini juga mencakup saran tentang nutrisi dan pola makan untuk ibu selama kehamilan, yang tak bisa dilepaskan sebagai efek positif untuk pertumbuhan janin. Bunda juga akan diminta untuk melakukan latihan yang teratur, agar ia lebih terkondisi untuk melahirkan.
Metode melahirkan Bradley juga mengajarkan Bunda dan Ayah tentang perbedaan tahapan persalinan dan menginformasikan mereka bagaimana bereaksi terhadap perubahan tubuh ibu. Ayah akan diminta berperan sebagai pelatih selama proses kelahiran, menjaga ibu tetap fokus pada tugasnya, membantunya dengan latihan pernafasan dan memberi banyak dukungan. Bentuk pijatan yang berbeda-beda juga bisa diterapkan pada metode ini.
Seperti yang telah disebutkan di atas, metode Bradley melihat kelahiran sebagai sebuah proses yang alami. Kebanyakan ibu hamil yang mendapat pendidikan, persiapan, dan bantuan dari pendamping atau pelatih yang suportif bisa diajarkan untuk melahirkan secara alami. Kelas ini menjadi sistem untuk teknik persalinan alami dimana Bunda dan Ayah menjadi bagian yang aktif. Metode Bradley merupakan metode sederhana untuk meningkatkan kesadaran diri, mengajarkan wanita mengatasi stres di masa persalinan, juga mengajak wanita mempercayai tubuh mereka melalui relaksasi dan edukasi.
Metode Bradley terbilang unik karena mengajarkan pasangan cara-cara untuk memiliki resiko rendah. Meski kadang ada faktor resiko yang tidak bisa dikendalikan, tapi dengan tetap berada pada kondisi sehat dan memiliki resiko rendah bisa membantu ibu menghindari komplikasi. Relaksasi menjadi kunci selama tahapan persalinan. Metode ini dianggap menjadi cara paling aman dan paling efektif untuk mengurangi rasa sakit yang tidak perlu dan mengatasi sakit yang Anda rasakan.
Nutrisi yang sehat, olahraga yang tepat, dan informasi kehamilan yang memadai bisa memberi keuntungan bagi Anda selama kehamilan. Untuk kebanyakan pasangan, bulan kelima menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengikuti kelas melahirkan dengan metode Bradley. Semakin awal Anda memulainya, semakin baik persiapan yang bisa Anda dapat baik secara fisik, emosi, dan mental. 
(Ismawati)