Kelahiran Dibaca 628 kali

Mengurangi Sakit Saat Persalinan Dengan Injeksi Air Steril

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati
Mengurangi Sakit Saat Persalinan Dengan Injeksi Air Steril

Injeksi air steril yang digunakan pada persalinan wanita merupakan suntikan berisi sejumlah air steril ke dalam kulit. Injeksi air steril terbilang masih cukup baru digunakan selama persalinan tapi telah menunjukkan hasil yang luar biasa. Sterile water injection hanya berupa injeksi dengan air di dalamnya. Injeksi air yang digunakan untuk wanita yang menjalani persalinan berasal dari kegunaan yang sama dengan orang yang menderita batu ginjal atau renal colic. Injeksi air sangat efektif untuk kondisi ini.

Konsep di balik perkembangan injeksi air steril untuk meredakan rasa sakit adalah teori “gate control.” Kulit memiliki ribuan area reseptor dan ujung sel saraf yang bisa mendeteksi rasa sakit, tekanan, sentuhan, dan semacamnya. Kulit memberikan informasi itu ke otak dengan sangat cepat. Sensasi ini membuat lonjakan saraf dan tulang belakang ke otak. Sensasi ini (yang merupakan tanda kimia dan elektrik) melewati stasiun kontrol lalu lintas.

Kotak signal pada jalan saraf yang memuat pembuat signal kimia yang membiarkan rasa sakit, tekanan, dan lain-lain, memberi tanda pada otak. Kotak-kotak signal pada jalan saraf disebut “gates.” Disebut gates karena kotak-kotak ini bisa memilih signal mana yang akan dilewati. Ketika otak menerima signal ini, otak memutuskan tindakan apa yang akan diambil.

Pengontrol lalu-lintas kimia yang memuat ‘gates’ lebih memilih signal kulit dibanding signal internal karena kulit memonitor lingkungan luar dan membuat otak segera menyadari ketika ada bahaya. Ketika seorang wanita mengalami sakit pada punggung di persalinan, signal rasa sakit menjadi rendah, yang secara internal menggerakkan signal. Beberapa rasa sakit pada punggung normal terjadi ketika kepala bayi turun ke panggul, kepala menekan tulang kelangkang, dan mendorong keluar ketika kepala sudah turun. Ini merupakan signal alami pada ibu bahwa kelahiran bayinya sudah dekat.

Ketika wanita mengalami rasa sakit pada punggung yang berat, karena bayi berada di posisi bokong, maka air injeksi bisa berguna. Jika wanita mendapat injeksi pada kulit, injeksi menyengat untuk sekitar 30 detik. Sengatan berganti pada urat yang cepat. Signal urat yang cepat dari kulit datang berlomba menuju gate, kontrol kimia mengenali ancaman ini, lalu menutup gate untuk memperlambat pesan rasa sakit dan membiarkan pesan yang berhubungan dengan kulit untuk lewat. Signal sakit internal berhenti di jalurnya dan wanita tidak lagi merasakan sensasi internal ini. Efek akan terasa sekitar 90 menit.

Injeksi air steril sangat efektif pada sebagian besar ibu hamil. Tingkat rasa sakit pada punggung harus cukup pada level yang tinggi agar sengatan bisa sebanding. Dari nilai 0 hingga 10, dengan nilai 10 untuk rasa sakit yang paling parah yang bisa terbayangkan, tingkat rasa sakit ada di sekitar nilai 8 atau di atasnya. Injeksi air steril bekerja dengan segera dan menghilangkan rasa sakit internal.

Bahkan pada ibu hamil yang mengatakan suntikan ini tidak ada artinya, ia bisa mendorong bayi dengan cepat setelah diberikan injeksi ketika ia tidak mendorong dengan efektif sebelum injeksi, yang disebabkan oleh rasa sakit pada punggungnya. Injeksi air steril paling baik digunakan ketika rasa sakit punggung berada di level 8 hingga 10 dan si wanita tidak bisa menahannya. Wanita bisa meminta rumah sakit atau bidan tentang penggunaan injeksi air steril untuk sakit punggung ini.

Suntikan air steril dinilai luar biasa, cepat, mudah, dan aman. Wanita mampu tetap bergerak dan tidak ada efek lain darinya. Jelasnya, infeksi bisa menjadi risiko, jika prosedur yang normal tidak diikuti. Injeksi air steril sebenarnya bisa digunakan pada suprapubic pain (sensasi saat serviks terbuka, yang terasa tepat di atas tulang pubic). Rasa sakit ini menjadi salah satu indikator dari alam yang memberitahu ibu hamil bahwa persalinan sedang berlangsung, tapi pada beberapa ibu hamil ada yang tidak bisa menahan rasa sakitnya.  Injeksi bekerja baik untuk kondisi ini juga, sistem akan bekerja pada seluruh tubuh.

Jika persalinan berlangsung lama, ibu hamil biasanya membutuhkan beberapa dosis injeksi, tapi pada banyak ibu hamil, penyembuh rasa sakit internal membuat ia bisa rileks, otot pelvis juga rileks, bayi bergerak ke jalan lahir, serviks meluas, dan bayi keluar. Pada tahap kedua ini bisa benar-benar berlangsung cepat. Pada tahap pertama bergantung pada seberapa besar serviks terbuka ketika injeksi diberikan juga seberapa cepat efeknya bekerja.

Beberapa hal penting bagi bidan atau dokter yang tertarik untuk menggunakan injeksi air steril pada wanita yang menjalani persalinan:

  • Gunakan jarum suntik ukuran 25 gauge.

  • Gunakan 0,1 ml air steril.

  • Minta pasien untuk menunjukkan titik yang paling terasa sakit, lalu beri suntikan di area tersebut.

  • Dua bidan memberi suntikan di waktu bersamaan, sengatan bisa membuat sisi lain berhenti jika hanya satu bidan yang melakukannya.

  • Minta pasangan untuk memegang tangan wanita dan mengajak bicara selama injeksi karena si wanita bisa secara otomatis memukul Anda ketika Anda memberi injeksi.

  • Berikan suntikan pada kulit bagian intra – dermal, bukan pada sub cutaneous, bukan di bawah kulit, tujuannya untuk meningkatkan sedikit lepuhan yang bisa merenggangkan kulit.

  • Biarkan area suntikan, sengatan menjadi tujuannya, jika Anda menggosoknya, efektivitasnya akan hilang

(Ismawati)