Kelahiran

Minum Protein Shake untuk Ibu Menyusui, Bolehkah?

Minum Protein Shake untuk Ibu Menyusui, Bolehkah?

Ketika menyusui, Ibu membutuhkan kalori tambahan, yaitu sekitar 300 hingga 400 kalori, tapi perlu diingat bahwa kebutuhan kalori setiap Ibu berbeda-beda. Kalori tambahan ini bermanfaat untuk memberikan  energi bagi Ibu, serta nutrisi untuk menghasilkan ASI.

Nah, Ibu bisa mendapatkan salah satu sumber kalori dari protein lho. Protein tentu juga berperan penting untuk tumbuh kembang bayi. Untuk Ibu, protein akan membantu memperbaiki dan membangun jaringan yang sangat dibutuhkan Ibu pasca melahirkan. Yang terpenting, konsumsi protein juga dapat meningkatkan produksi ASI.

Sumber protein bisa Ibu dapatkan dari berbagai jenis makanan, misalnya dari daging rendah lemak, ikan, ayam, produk olahan susu (termasuk pula keju dan yogurt), telur, kacang-kacangan (kedelai, edamame, kacang arab, almond, dan lain sebagainya), serta hidangan laut (pilihlah seafood yang kadar merkurinya rendah yaa). 

Namun, di dunia yang serba cepat dan sibuk seperti saat ini, Ibu sering kesulitan untuk memenuhi kebutuhan protein untuk dirinya sendiri. Tak ada waktu untuk memasak karena banyak tugas yang harus dikerjakan, khususnya untuk para Ibu yang berjuang merawat si kecil tanpa bantuan asisten rumah tangga. Belum lagi gaya hidup vegan membuat beberapa Ibu memiliki keterbatasan dalam menentukan asupan proteinnya

Nah, sebagai solusi untuk hal tersebut, tercetuslah gaya hidup di mana para Ibu menyusui mengonsumsi protein powder demi memenuhi asupan protein yang dibutuhkan. Kepraktisan yang ditawarkan menjadi daya tarik protein powder. Tapi pertanyaannya amankah protein powder untuk ibu menyusui? 


Bolehkan Ibu Menyusui Minum Protein Powder?


Menurut ulasan pada situs Parenting Firstcry, protein powder aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Tidak bohong, ini merupakan cara terpraktis untuk mengisi kembali asupan protein ibu menyusui.

Kebiasaan minum protein powder umumnya tidak membahayakan kondisi ibu atau si kecil. Sebagian besar protein powder mengandung nutrisi yang baik pula, seperti kalsium, vitamin, dan mikronutrien lainya.

Namun, ibu menyusui perlu selektif nih dalam memilih protein powder-nya. Pastikan protein powder pilihan Ibu tidak mengandung zat yang mungkin berbahaya bagi bayi, misalnya pengawet, vitamin sintesis, pemanis buatan, perasa buatan, dan zat berbahaya lainnya. 


Apa Saja Manfaat Protein Powder untuk Ibu Menyusui?

Setiap Ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk bayinya. Ada Ibu yang merasa makanan dari sumber alami adalah yang terbaik untuk tubuhnya dan si kecil. Tapi ada juga Ibu yang memilih untuk memenuhi kebutuhan proteinnya dengan cara yang praktis dengan mengonsumsi protein powder.

Tidak ada yang salah dengan hal itu, yang terpenting protein powder yang dipilih aman untuk ibu menyusui dan si kecil.

Nah, kira-kira apa saja manfaat protein powder untuk ibu menyusui? Simak yuk penjelasan berikut ini.

1. Memenuhi Kebutuhan Makronutrien

Protein merupakan salah satu makro nutrisi yang mendukung kesehatan ibu dan bayi secara optimal. Protein dapat memberikan kita menghasilkan energi, tanpa memberikan tambahan lemak untuk tubuh kita. Protein juga bermanfaat untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

2. Mendukung Perkembangan Tubuh

Protein terdiri dari asam amino yang kemudian membentuk building blocks di sel tubuh kita dan si kecil. Nah, tubuh kita menggunakan asam amino tersebut untuk perkembangan otot, tulang, kulit, rambut serta kuku.  Selain itu, asam amino juga berperan dalam pengaturan beberapa hormon. Wah, ternyata penting sekali ya peran protein untuk pertumbuhan si kecil?

3. Penghantar nutrisi dan oksigen

Beberapa jenis protein berperan sebagai penghantar vitamin, mineral dan oksigen ke seluruh tubuh. Proses ini memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Beberapa jenis protein juga berfungsi sebagai penyimpan zat besi. Kekurangan protein bisa memengaruhi tumbuh kembang, kehilangan masa otot, daya tahan tubuh terganggu, melemahnya fungsi jantung dan sistem pernapasan.

4. Membantu mencegah infeksi

Dengan jumlah yang memadai, protein bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah infeksi untuk ibu dan juga si kecil.

5. Membantu produksi ASI

Protein juga dapat memperlancar produksi ASI lho, sehingga asupan energi untuk si kecil pun juga dapat terpenuhi.

6. Menyediakan serat

Biasanya, protein powder juga mengandung serat. Serat, nggak hanya baik untuk sistem pencernaan, tapi juga baik untuk kesehatan lever, metabolisme tubuh, dan menjaga kadar gula darah.

7. Membantu menurunkan berat badan

Protein powder mengandung kalori yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti makan. Kandungan kalorinya tentu tidak sebanyak makanan berat yang biasa kita makan. Itulah kenapa protein powder bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Selain itu, protein powder juga mengandung nutrisi tertentu seperti CLAs yang bisa membantu mengurangi berat badan. 

Alasan ketiga kenapa protein powder bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena kandungan mineral seperti vitamin B12, kromium, magnesium dan folat di dalamnya. Jika Ibu kekurangan mineral-mineral tersebut, keinginan untuk terus makan (cravings) akan terus meningkat. Sebaliknya, jika asupan mineral tersebut terpenuhi, Ibu tidak akan mudah merasa lapar.

 

Bagaimana Cara Menambahkan Protein Powder ke Dalam Menu Harian Ibu Menyusui?

Walaupun boleh dijadikan sebagai pengganti makanan (dalam keadaan tertentu), namun tetaplah penting untuk mendapatkan sumber protein dari makanan segar. Tentu saja, pastikan  melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter mengenai konsumsi protein shake untuk ibu menyusui, ketahui jumlah kebutuhan Ibu, ketahui pula tentang kemungkinan efek samping yang ada. 

Biasanya protein powder diolah menjadi protein shake sebelum dikonsumsi. Namun, jika bosan dengan cara ini, berikut beberapa ide untuk menambahkan protein powder dalam menu harian Ibu:

1. Jadikan Bahan Pelengkap untuk Cemilan

Ibu suka membuat pancake, muffin, brownies sendiri? Nah, Ibu bisa menambahkan protein powder sebagai filling juga lho agar cemilan makin bernutrisi.

2. Sebagai Pengganti Makan Berat

Sebagai ibu menyusui, waktu dan tenaga kita sangat terbatas. Jika tidak sempat memasak makanan, siapkan saja protein shake atau smoothie untuk pengganti makan berat Ibu. Caranya pun cukup mudah. Gunakan shaker, tambahkan beberapa sendok protein powder, campur dengan air atau susu. Kemudian konsumsi dengan buah sebagai pendampingnya.

3. Sebagai Teman Snacking

Bawa olahan protein powder Ibu ke manapun kamu pergi. Konsumsilah saat sedang lapar di sela-sela waktu makan utama.

4. Oatmeal

Cara lain yang nggak kalah bernutrisinya untuk mengonsumsi protein powder adalah dengan mencampurkannya dengan oatmeal. Campurkan 1 cup oatmeal dengan 1 scoop protein powder, dan jadilah sarapan yang bernutrisi.

5. Yogurt

Ibu juga bisa mencampurkan 1 scoop protein powder ke semangkuk Greek yogurt yang sehat. Tambahkan juga buah favorit Ibu. Ini bisa menjadi pengganti dessert yang lezat dan sehat.

6. Salad Buah

Siapa nih yang suka makan salad buah? Siapkan saja semangkuk buah-buahan kesukaan Ibu. Lalu taburkan protein powder di atasnya. Tapi jangan terlalu banyak mencampurnya ya karena dapat merusak rasa.

7. Scrambled egg

Kalau Ibu punya protein powder yang flavorless alias tanpa rasa, Ibu bisa mencampurnya ke dalam scrambled egg tanpa mengubah rasa. Asupan protein jadi maksimal deh!

Mudah banget kan menyajikan protein powder sebagai menu harian kita? Meski praktis, tapi selalu ingat yaa memilih protein powder untuk ibu menyusui mesti ekstra hati-hati, ya, Bu. Baca dengan baik kandungan yang ada di dalamnya. Pilih yang aman dan bernutrisi untuk Ibu menyusui!


Editor: Atalya