Kelahiran

Nasi Merah untuk MPASI? Boleh Nggak Ya?

Nasi Merah untuk MPASI? Boleh Nggak Ya?

Nutrisi adalah hal utama dalam tumbuh kembang seseorang, terutama pada bayi dan anak-anak. Agar tumbuh kembang anak menjadi optimal, maka dibutuhkan pola makan yang tepat, agar anak mendapatkan makronutrien dan mikronutrien sesuai jumlah yang dibutuhkan. 

Sebenarnya apa sih makronutrien dan mikronutrien itu? Makronutrien adalah nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar. Contoh dari makronutrien, yaitu karbohidrat, protein serta lemak. 

Sedangkan mikronutrien, dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit, namun penting perannya untuk tumbuh kembang anak. Contoh mikronutrien yang diutamakan, yaitu zinc, zat besi, vitamin D dan asam folat.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut tentang kebutuhan karbohidrat untuk anak. Yuk kita simak!


Berbagai Jenis Beras di Indonesia

Kalau bicara tentang karbohidrat, pasti yang terlintas dalam pikiran Ibu adalah nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia.

Sebagian besar masyarakat biasanya mengonsumsi beras putih. Namun, sebenarnya ada banyak jenis beras yang ada di Indonesia lho, di antaranya:

1. Beras putih


Beras jenis ini telah melewati proses penggilingan berulang sehingga menghasilkan warna putih. Namun, karena proses yang berulang tersebut, maka banyak kandungan nutrisi dan serat (pada kulit ari atau bekatul) yang ikut terbuang.

Nasi putih mengandung lemak total, vitamin A, B1, B2, B3 dan C. Selain itu nasi putih juga mengandung karbohidrat, protein, serat pangan, kalsium, fosfor, natrium, kalium, tembaga, seng serta B-Karoten. Zat yang menjadi keunggulan dari beras putih, yaitu vitamin B3 dan tembaga.

Jika dikonsumsi melebihi batasnya, nasi putih bisa menaikkan kadar gula darah dan bikin badan mudah gemuk.

2. Beras merah


Beras merah mengandung antosianin (zat berwarna merah) yang tinggi. Antosianin adalah antioksidan yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk kulit. Selain itu, beras merah juga rendah glikemik yang baik untuk menjaga kadar gula darah. Beras merah membantu menjaga kadar kolesterol, menjaga berat badan dan kaya akan serat.

Soal nutrisi, ternyata nutrisi pada nasi merah lebih baik daripada nasi putih lho. Di dalam beras merah terdapat serat, vitamin dan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Zat unggulan pada nasi merah berupa tembaga, Vitamin B3 dan karbohidrat.

3. Beras pecah kulit


Disebut juga dengan beras cokelat (brown rice), ini adalah beras dari hasil penggilingan pertama, jadi kulit ari masih menempel pada beras. 

Bekatul yang sering dianggap hanya sebagai pakan ternak itu ternyata besar manfaatnya untuk kesehatan. Misalnya, kulit ari pada beras baik untuk menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, tekanan darah serta sebagai sumber vitamin E yang baik. Beras cokelat juga termasuk dalam beras rendah glikemik.

Beras pecah kulit perlu disimpan dengan hati-hati, untuk mencegahnya cepat rusak (dan berbau tengik). Cara memasak beras cokelat ini sama saja dengan cara memasak beras putih. Beras ini lebih mudah di dapat di daerah kecil, jadi harganya cukup mahal jika dicari di kota-kota besar. 

Jika ingin mengonsumsi beras pecah kulit, disarankan untuk mengonsumsi beras pecah kulit organik untuk menghindari bahan kimia yang mungkin melekat pada kulit ari. Soal rasa, beras pecah kulit bisa dibilang yang paling enak di antara jenis beras pada umumnya. 

4. Beras hitam


Karena keistimewaannya, kabarnya dulu beras ini hanya ditanam untuk keluarga Kraton saja. Beras hitam memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah. Misalnya, di Solo dikenal dengan nama beras wulung, di Sleman disebut dengan cempo ireng, dan di Subang dikenal dengan nama beras gadog. 

Seperti beras merah, beras hitam juga mengandung antosianin yang tinggi. Beras hitam bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula darah, menjaga kolesterol, membantu mencegah penyakit jantung, menjaga daya tahan tubuh, dst. Pada beras hitam terkandung lemak, Vitamin A, B1, B2, B3 dan C, karbohidrat, protein, serat pangan, kalsium, fosfor, natrium, kalium, tembaga, zat besi, seng dan B-Karoten. Ada pun zat gizi unggulannya berupa serat, fosfor dan karbohidrat. 

Rasa beras hitam mirip dengan beras putih, jadi tidak akan mengubah rasa makanan. Namun jika Ibu mencampur beras hitam dengan beras putih, maka hasilnya nasi akan berwarna gelap.


Amankah Bayi Mengonsumsi Beras Merah untuk MPASI?

Katanya, nasi merah baik untuk menjaga gula darah dan untuk menurunkan berat badan, lalu, apakah penggunaan nasi merah untuk MPASI, diperbolehkan?

Menurut situs Aldokter, beras merah boleh diberikan pada bayi sebagai MPASI, asalkan teksturnya disesuaikan, agar mudah dicerna oleh tubuh bayi. 


Ide Resep MPASI dari Beras Merah

1. MPASI Bubur Merah Ikan Kembung

Untuk usia: Bayi usia 6-9 bulan

Bahan:

  • 3 sdm beras merah.
  • 70gr ikan kembung, ambil dagingnya saja.
  • 20gr kacang merah (direndam semalaman).
  • 1 siung bawang putih.
  • 2 siung bawang merah.
  • 400ml air atau kaldu ayam.
  • 1 sdm minyak.

Cara membuat:

Masukkan seluruh bahan ke panci, masak dengan api kecil hingga matang dan lembut. Sesuaikan tekstur sesuai kemampuan mengunyah si kecil.

Sumber: Buku Menu MPASI 911


2. MPASI Bubur Terung Wortel

Untuk usia: Bayi usia 7 bulan

Bahan: 

  • 3 sdm beras merah, rendam semalaman.
  • 1 buah zuchhini atau terung ungu.
  • 1 wortel.
  • 4 dst kaldu ayam bubuk (optional).
  • 2 siung bawang putih.

Cara membuat:

Masak beras merah MPASI hingga matang. Tambahkan bahan lainnya, masak hingga matang. Haluskan hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Sumber: Instagram @merriessmile


3. MPASI Nasi Goreng Sapi Beras Merah

Bahan:

  • Nasi merah
  • Brokoli
  • Wortel
  • Daging sapi cincang
  • Telur 
  • Keju Belcube

Cara membuat:

Campur nasi merah yang sudah matang (lembut) dengan sisa bahan lainnya. Sesuaikan tekstur dengan usia bayi.

Sumber: Instagram @bubun.mpasidiary


4. MPASI Bubur Ceker Beras Merah

Untuk usia: Bayi usia 7 bulan

Bahan:

  • Beras merah.
  • Ceker ayam.
  • Tahu putih.
  • Brokoli.
  • Bawang merah.
  • Bawang putih.
  • Unsalted butter (UB).

Cara membuat:

Bawang bisa ditumis dahulu agar aromanya lebih sedap. Masukan beras merah dan sisa bahan lainnya, masak hingga lembut. Jangan lupa menyesuaikan tekstur.

Sumber: Instagram @keisyamakan


5. MPASI Nasi Merah Sederhana

Bahan: 

  • Beras merah.
  • Butter atau minyak zaitun
  • Garam 

Cara membuat:

Masak nasi merah seperti biasa. Sebelum matang, tambahkan butter atau minyak zaitun, dan garam. Setelah siap, nasi merah untuk MPASI ini tinggal ditambahkan lauk dan sayuran saja.

Sumber: Masterclass


Nah, nggak terlalu repot, kan, menyajikan nasi merah untuk MPASI? Simak juga yuk tips memasak beras merah MPASI agar makin enak:

  • Agar lebih mudah diolah, beras merah bisa direndam lebih dulu.
  • Selain direndam, Ibu bisa juga dengan menambahkan jumlah air ketika memasak.
  • Karena nasi merah mudah mengeras kembali setelah dimasak, maka sebelum menggunakannya kembali, bisa dikukus ulang.


Rekomendasi Beras Merah untuk MPASI Si Kecil

Buat Parents yang masih bingung mau membeli beras merah untuk MPASI di mana, cek dulu referensi tempat membeli beras merah organik untuk MPASI berikut ini.

1. Beras Merah Mentariku (Ratu Merah)


Jika baru pertama kali hendak memberikan nasi merah untuk anak, maka beli dulu dalam jumlah kecil. Nah, di toko ini, tersedia dalam jumlah 1kg dengan harga Rp35.000. Selain beras merah, tersedia pula beras hitam. Langsung cek di tautan berikut.

2. MD Organic Red Rice Kupas Kulit


Toko ini adalah pilihan tepat jika Ibu mencari referensi toko yang menjual beragam jenis beras. Salah satu produknya adalah beras merah organik untuk MPASI, selain ada jenis ‘kupas kulit’, juga ada beras merah ‘pecah kulit’. Cari beras organik di sini, nggak perlu ragu karena tersertifikasi. MD Organic Red Rice Kupas Kulit kemasan 5kg bisa Ibu beli seharga Rp152.000 di toko resminya. Mau menghemat ongkos kirim? Di toko ini Ibu juga bisa membeli kebutuhan lainnya seperti bumbu bubuk, beras ketan dan jenis beras lainnya.

3. Sundakala Beras Merah Pecah Kulit


Referensi tempat berbelanja praktis lainnya, nih. Nggak hanya menjual beras merah organik untuk MPASI, tapi juga banyak pilihan lainnya. Selain itu, di toko ini harganya terjangkau, 1kg beras merah pecah kulit, bisa dibeli cukup dengan harga Rp24.400 saja. Menurut informasi yang tertera, stok produk baru datang setiap sekitar dua minggu, sehingga produk selalu dalam keadaan baik. Yuk, segera beli di sini.

Itulah informasi seputar nasi merah untuk MPASI. Bila perlu, lakukan konsultasi dengan dokter anak terlebih dulu ya sebelum memberikan nasi merah sebaga iMPASI si kecil. Selamat mencoba.


Editor: Atalya