Kelahiran

Panduan Cara Mencuci Botol Susu Bayi dengan Betul Agar Tidak Bau

Panduan Cara Mencuci Botol Susu Bayi dengan Betul Agar Tidak Bau

Cara mencuci botol susu bayi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini penting diperhatikan, karena kuman dan bakteri yang menempel bisa masuk ke tubuh si kecil saat minum susu. 

Sayangnya, masih cukup banyak orang tua, terutama yang baru pertama kali memiliki buah hati, belum memahami cara mencuci botol susu dengan betul. Apakah Ayah dan Ibu juga termasuk salah satunya?

Nah, artikel berikut ini merupakan panduan lengkap cara mencuci botol susu bayi dengan betul. Penasaran seperti apa cara membersihkan botol susu agar tidak bau? Yuk, belajar sama-sama di sini!


Cara mencuci botol susu bayi dengan tangan

Cara mencuci botol susu dengan betul salah satunya bisa dilakukan secara manual. Artinya, Ayah dan Ibu bisa menggunakan tangan untuk membersihkan botol susu si kecil. Namun demikian, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dulu dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Hal ini dilakukan agar botol susu tidak terkontaminasi kuman dan bakteri dari tangan.

Panduan cara mencuci botol susu bayi dengan tangan adalah sebagai berikut:

  1. Ambil botol susu bayi dan pisahkan seluruh bagiannya mulai dari botol, dot, katup, dan tutup botol.
  2. Bersihkan seluruh bagian botol susu satu per satu dengan air bersih yang mengalir. 
  3. Selanjutnya, rendam semua bagian botol susu dengan campuran air hangat dan sabun khusus pencuci botol susu.
  4. Lanjutkan dengan membersihkan bagian botol satu per satu dengan sikat khusus.
  5. Bilas seluruh bagian botol dengan air bersih yang mengalir.
  6. Letakkan seluruh bagian botol di atas handuk bersih, biarkan hingga kering dengan sendirinya.


Cara mencuci botol susu bayi dengan mesin

Di era serba canggih seperti saat ini, Ayah dan Ibu bisa memanfaatkan mesin khusus untuk mencuci botol susu bayi. Biasanya mesin ini bisa sekaligus dipakai untuk mensterilkan botol susu bayi. Panduan cara mencuci botol susu agar tidak bau dengan mesin yaitu:

  1. Ambil botol susu yang akan dicuci, lalu pisahkan seluruh bagiannya. Mulai dari botol, dot, katup, dan tutup botol.
  2. Lanjutkan dengan membilas bagian-bagian botol susu bayi menggunakan air bersih yang mengalir.
  3. Masukkan bagian-bagian botol susu ke dalam mesin pencuci, jika ada bagian-bagian yang kecil sebaiknya letakkan dalam kantong atau wadah tertutup.
  4. Tambahkan air panas ke dalam mesin, nyalakan tombol pembersih yang terdapat pada mesin pencuci dot.
  5. Jika proses pencucian botol susu sudah selesai, angkat seluruh bagian botol tersebut dan letakkan di atas permukaan handuk bersih, biarkan hingga botol susu kering dengan sendirinya.


Cara mensterilkan botol susu bayi

Setelah mempelajari cara mencuci botol susu dengan betul, Ayah dan Ibu juga perlu mengetahui cara mensterilkan botol susu bayi. Dengan cara ini, kuman dan bakteri yang mungkin masih menempel pada botol susu setelah dicuci bisa dibasmi dengan tuntas. Proses sterilisasi ini sangat penting, terlebih bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat sehingga rentan terinfeksi kuman dan bakteri.

Dikutip dari Very Well Family, sterilisasi botol susu bayi setidaknya dilakukan satu sampai dua kali dalam sehari. Botol susu bayi juga sebaiknya disterilkan terlebih dulu saat pertama kali akan digunakan. Cara ini efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab infeksi penyakit di tubuh si kecil.

Pada dasarnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mensterilisasi botol susu bayi. Berikut di antaranya:


1. Sterilisasi botol susu dengan air mendidih

Rendam seluruh bagian botol susu, termasuk botol, dot, katup, dan tutup dalam panci berisi air mendidih. Lakukan proses sterilisasi botol susu ini setidaknya selama lima menit. Idealnya, panci yang digunakan hanya untuk sterilisasi botol susu. Pastikan juga untuk membersihkan panci secara menyeluruh setiap sebelum dan sesudah mensterilisasi botol susu bayi.

2. Sterilisasi botol susu dengan memberi uap atau mengukus

Selain direbus dalam air mendidih, sterilisasi botol susu juga bisa dilakukan dengan cara memberi uap atau mengukusnya. Artinya, setelah mempraktikkan cara mencuci botol susu bayi Ibu bisa mensterilisasi dengan alat pengukus pada suhu tinggi. Langkah ini bertujuan untuk memusnahkan agar mikroorganisme yang ada di dalam botol susu.

3. Sterilisasi botol susu menggunakan UV Sterilizer Box

Persis seperti namanya, UV Sterilizer Box mampu memancarkan sinar UV yang mampu membunuh kuman dan bakteri berbahaya. Alat rumah tangga ini bisa dimanfaatkan untuk mensterilkan remote TV, remote AC, dan hampir seluruh barang di rumah termasuk botol susu bayi. Penggunaan alat ini terbilang cukup mudah. Ayah dan Ibu hanya perlu memasukkan botol susu yang akan disterilisasi dan biarkan alat bekerja secara otomatis.


Dengan memperhatikan cara mencuci botol susu dengan betul, maka Ayah dan Ibu memberikan perlindungan maksimal untuk kesehatan bayi yang menyusu dengan dot. Jangan lupa, simpan alat pembersih botol susu terpisah dari peralatan lainnya. Ini penting diperhatikan agar tidak terkontaminasi kuman dan bakteri dari peralatan di sekitarnya.

Cara mencuci botol susu agar tidak bau cukup mudah, bukan? Semoga Ayah dan Ibu bisa melakukannya sendiri di rumah. Selamat mencoba, ya!