Kelahiran

Pentingnya Menjaga Stem Cell di Kulit Si Kecil, Wajib Gunakan Skincare Bayi Yang Tepat!

Pentingnya Menjaga Stem Cell di Kulit Si Kecil, Wajib Gunakan Skincare Bayi Yang Tepat!

Parents, tahu nggak sih? Kalau bayi cenderung memiliki lapisan kulit yang tipis dan rapuh. Bahkan, menurut studi dari National Library of Medicine menyebutkan epidermis bayi 20% lebih tipis dibandingkan orang dewasa. 

Untuk itu, kulit bayi perlu perlindungan yang ekstra. Parents harus rutin merawat kulit si Kecil dan lebih teliti dalam memilih produk skincare yang tepat untuk si Kecil.

Kesalahan sedikit saja, dapat berakibat cukup fatal bagi kulit bayi yang sensitif. Apalagi, kulit bayi biasanya cenderung kering. Dilansir Medical News Today, kondisi ini dikarenakan kulit bayi sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar rahim atau juga akibat tingkat penguapan air di kulitnya yang masih sangat tinggi. 

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga dan melindungi kulit si Kecil? 

Perawatan untuk Menjaga Kulit Si Kecil 

Merawat kulit bayi memang perlu ekstra hati-hati, nih Parents. Sebab kulitnya yang tipis dan rapuh, membuatnya mudah untuk mengalami masalah kulit. 

Menurut Kemenkes RI, berikut langkah-langkah yang bisa Parents lakukan untuk menjaga kulitnya tetap sehat. 

  • Kurangi penggunaan air hangat saat si Kecil mandi 

Ternyata penggunaan air hangat yang berlebihan bisa membuat kulit si Kecil kehilangan minyak alaminya nih, Parents. Dengan begitu, kulit akan mudah menjadi kering. 

  • Pastikan si Kecil terhidrasi dengan cukup 

Kulit si Kecil yang kering, bisa juga disebabkan karena bayi mengalami kekurangan cairan. Pastikan asupan cairannya tercukupi, misalnya dengan memberikan ASI sesuai kebutuhan si Kecil. 

  • Perhatikan suhu ruangan

Suhu yang tidak optimal sangat berpengaruh pada kondisi kulit bayi. Paparan udara yang terlalu dingin dalam jangka waktu yang cukup lama, kurang baik untuk kesehatan kulit bayi. Untuk itu, perlu memastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin, asalkan si Kecil nyaman. 

  • Gunakan produk perawatan bayi yang berkualitas dan teruji klinis

Produk perawatan khusus kulit bayi banyak ditemukan di pasaran, namun belum tentu semuanya sesuai dan teruji klinis. Parents perlu hati-hati, apalagi dengan kondisi kulit si Kecil yang masih sensitif.

Parents perlu memperhatikan kandungan yang ada di dalam skincare tersebut, pastikan skincare yang dipakai dapat menguatkan dan melembapkan kulit si Kecil. Dan, sebaiknya produk tersebut mengandung kombinasi bahan alami dan organik.

Tidak hanya itu, selain mencari skincare yang melembapkan dan menguatkan kulitnya, Parents juga perlu menjaga kekayaan stem cell pada kulit si Kecil, sehingga kualitas kulitnya terjaga hingga mereka dewasa. 

Pentingnya Menjaga Stem Cell dalam Kulit Bayi

Yup! Secara keseluruhan, di dalam kulit bayi terdapat banyak stem cell. Dikutip dari Medline Plus. stem cell atau sel punca merupakan sebuah sel yang berpotensi berkembang menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh. 

Stem cell berfungsi sebagai sistem perbaikan tubuh. Stem cell bisa ditemukan di organ tubuh, seperti kulit. Stem cell di kulit berperan dalam regenerasi kulit ketika kulit mengalami kerusakan. Pada bayi, stem cell ini sangat banyak jumlahnya. Namun faktanya, jumlah stem cell ini akan menurun drastis di usia 0-2 tahun. Hal ini disebabkan karena kulit bayi yang masih tipis sehingga mudah dipengaruhi beberapa faktor seperti; perubahan cuaca, polusi, sinar UV, dan sebagainya. 

Karena stem cell ini penting untuk regenerasi kulit bayi hingga dewasa nanti maka kekayaan stem cell pada kulit bayi penting dijaga.  Tidak hanya berfokus pada kelembapan dan kekuatan kulit si Kecil, penting untuk memastikan skincare si Kecil juga mampu menjaga stem cellnya. 

Skincare Bayi, Harus Mampu Menjaga Kekayaan Stem Cell

Dalam memilih skincare bayi, Parents wajib pilih produk yang bukan hanya dapat melembapkan dan menguatkan kulitnya, tetapi juga mampu menjaga kekayaan stem cell kulit si Kecil. Karena, seperti yang kita ketahui sebelumnya, peran stem cell ini sangat penting dalam regenerasi kulit bayi, sehingga kualitas kulitnya terjaga hingga dewasa. Apalagi, karena kulit adalah organ pertama perlindungan si Kecil terhadap beragam faktor dari luar.

Berikut Ibumin spill beberapa tips penting lainnya dalam memilih produk skincare bayi, agar bisa jadi panutan buat Parents:

1. Skincare bayi, sebaiknya mengandung bahan alami

Jika mengutip dari Baby Center, skincare bayi sebaiknya harus berbahan dasar alami. Apalagi, mengingat kulitnya yang masih sangat sensitif maka usahakan pilih produk yang mengandung bahan alami.

2. Skincare bayi, sebaiknya tidak mengandung SLS, paraben, dan  phenoxyethanol 

Mengutip dari laman Healthy Child, dalam memilih produk bayi, penting untuk waspada akan beberapa bahan kimia. Salah satu kandungan yang sebaiknya dihindari, tapi kerap dijumpai dalam produk bayi adalah SLS, paraben, dan phenoxyethanol. 

Sodium Lauryl Sulfate atau SLS biasanya digunakan dalam produk perawatan pribadi untuk menghasilkan busa. Namun sayangnya, bahan ini dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit, terutama kulit bayi yang tipis dan rapuh. 

Sedangkan paraben biasa ditemukan sabun, shampoo, dan produk perawatan kulit lainnya. Pengawet ini banyak menimbulkan kekhawatiran karena berpotensi memicu reaksi alergi hingga dapat mengganggu endokrin. 

Tidak hanya itu itu, Parents juga perlu memperhatikan kandungan phenoxyethanol, sebab menurut webMD, masih banyak produk-produk bayi yang mengandung phenoxyethanol.

Menurut Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, phenoxyethanol banyak digunakan sebagai pengawet produk kosmetik. Semakin tinggi konsentrasi phenoxyethanol yang ditambahkan maka semakin menghambat pertumbuhan mikroba. Padahal, penambahan yang melebihi takaran yang diizinkan, akan memberi efek samping seperti iritasi pada kulit, mata dan menimbulkan reaksi alergi. 

3. Skincare bayi harus sesuai dengan jenis kulitnya

Pastikan Parents sudah memilih produk skincare bayi yang sesuai dengan jenis kulit, ya. Terutama bagi bayi yang memiliki kulit sangat sensitif, Parents wajib memilih produk yang dikhususkan untuk kulit sangat sensitif. Begitupun jika si Kecil memiliki jenis kulit lainnya, misalnya kulit normal, kering, atau atopik/eksim.

4. Skincare bayi harus memiliki banyak uji keamanan dan lolos uji klinis

Yes! Tips memilih skincare bayi yang satu ini nggak kalah penting nih, Parents. Sebaiknya, pilih skincare bayi yang nggak hanya mengandung bahan alami dan organik, tapi juga sudah teruji klinis dan yang paling penting memiliki banyak penelitian demi menjamin keamanan produk yang nantinya akan digunakan oleh si Kecil.

Jadi, bukan sekedar memilih produk yang sedang ramai digunakan saja, tapi pastikan uji dan keamanan produknya juga, ya, sebelum sampai di tangan Parents!

Mustela, Merk Skincare Bayi Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Parents nggak perlu galau lagi dalam memilih produk skincare bayi baru lahir yang tepat. Karena, Ibumin punya rekomendasi skincare newborn dari Mustela yang dapat jadi pilihan, nih.

Mustela sendiri, merupakan brand baby skincare dari Eropa dan sudah ada sejak tahun 1950, sehingga membuat Mustela menjadi salah satu skincare yang terpercaya untuk Ibu dan Bayi.

Bahkan, sebelum hadir untuk Ibu di seluruh dunia, produk Mustela tentunya sudah melalui 15 tahun penelitian, yang dilakukan terhadap fisiologi kulit bayi dan menghasilkan suatu studi terobosan tentang fakta kulit bayi. Hal ini membuat Mustela menjadi produk perawatan kulit bayi yang tidak hanya menghadirkan produk berkualitas, tetapi juga ahli dalam bidangnya.

Hebatnya lagi, Mustela mengandung Avocado Perseose, yang merupakan bahan aktif yang berasal dari Organic Avocado, yang tidak ada di skincare bayi manapun karena sudah dipatenkan oleh Mustela.

Avocado Perseose memiliki struktur biomimetic yang artinya, kandungan ini dapat diterima dengan baik oleh kulit bayi. Avocado Perseose sendiri memiliki 3 manfaat, diantaranya:

  • Melindungi dan menguatkan kulit bayi
  • Melembapkan kulit bayi
  • Menjaga kekayaan stem cell kulit bayi

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis rekomendasi skincare bayi newborn dari Mustela, dan bisa jadi perlengkapan bayi newborn yang wajib ada di rumah:

a. Mustela Gentle Cleansing Gel 

Sabun mandi yang dapat membersihkan tubuh dan rambut si Kecil. Tidak pedih di mata, mudah dibilas, dengan wangi khas Mustela. 

Selain itu, kemasan pumpnya sangat praktis untuk Ibu saat hendak memandikan bayi. 

Parents bisa cek produknya di sini!

b. Mustela Hydra Bebe Facial Cream 

Krim wajah untuk menguatkan kulit si Kecil yang masih rapuh, sehingga tidak mudah iritasi. Produk ini sangat ideal untuk digunakan sehari-hari. Produk ini merupakan best seller dari Mustela lho, Parents

Yuk, cek produknya disini!

c. Mustela Hydra Bebe Body Lotion

Lotion bayi khas wangi Mustela ini bermanfaat untuk menguatkan kulit tubuh si kecil. Lotion ini juga aman digunakan setiap hari. Lotion ini tersedia dengan dua pilihan ukuran, yaitu 300 ml dan 500 ml. 

Parents bisa membeli produk ini di Shopee! 

d. Mustela Barrier Cream

Diaper cream yang cocok untuk mencegah dan mengatasi kemerahan karena ruam popok. Oleskan setiap kali ganti popok dalam keadaan area nappy sudah kering dan bersih. 

Teksturnya tebal, sehingga tidak mudah hilang oleh urin dan feses. Mengandung kombinasi 3 bahan alami, yaitu Avocado Perseose, Sunflower Oil Distillate, dan Oxeoline of Alcacea & Zinc Oxide. 

Produk ini bisa Parents beli disini!

Yuk, jaga kesehatan kulit si Kecil dengan produk-produk dari Mustela. Agar kualitas kulitnya terjaga hingga mereka dewasa. 

 


Editor: Dorothea Ayu