Kelahiran Dibaca 8,840 kali

Perlengkapan yang Harus Disiapkan Bumil Menjelang Operasi Sesar

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 30 Desember, 2018 23:12

Perlengkapan yang Harus Disiapkan Bumil Menjelang Operasi Sesar
Setelah menjalani operasi sesar, Bunda kemungkinan harus berada di rumah sakit selama 2 hingga 4 hari. Bunda dapat menggunakan daftar barang yang harus dibawa milik Ibupedia sebagai panduan untuk memastikan Anda membawa semua barang yang dibutuhkan selama tinggal di rumah sakit. Luangkanlah juga waktu untuk membaca beberapa tips dari para ibu yang sudah pernah menjalaninya.

Kami menyarankan Anda untuk menyiapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah sakit telah siap saat usia kehamilan mencapai 8 bulan. Ingat, Bunda bisa menjalani persalinan kapan saja di minggu-minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran bayi Anda.

Perlengkapan untuk bayi

  • Baju bayi selama tinggal di rumah sakit
    Rumah sakit akan meyediakan popok dan beberapa helai pakaian, seperti baju tidur atau kaos. Anda bisa membawa baju bayi sendiri bila mau. Baju dengan kancing di bagian depan akan memudahkan Anda saat mengganti popoknya.

  • Baju untuk pulang ke rumah
    Bayi Anda memerlukan baju untuk dipakai saat pulang dari rumah sakit, termasuk kaos kaki dan topi yang lembut jika udara terasa dingin.

  • Selimut
    Rumah sakit sudah mempersiapkan selimut untuk bayi Anda selama di sana, tapi Anda perlu membawanya sendiri untuk digunakan saat membawa bayi pulang ke rumah. Gunakan selimut yang tebal bila cuaca terasa dingin.

Perlengkapan untuk ibu

  • Kartu identitas seperti KTP atau SIM, kartu asuransi, dan kebutuhan administrasi rumah sakit lainnya.

  • Daftar nama dan nomor telepon orang yang perlu dihubungi, handphone dan charger. Setelah bayi lahir, Bunda dan suami mungkin perlu menghubungi keluarga dan teman untuk memberitahukan berita gembira ini. Buat daftar orang yang ingin dihubungi agar Anda tidak melupakan nama-nama yang penting karena sudah merasa letih setelah melahirkan.

  • Kaca mata, bila Anda memang menggunakannya. Tetap siapkan ini walaupun biasanya Bunda menggunakan lensa kontak karena mungkin Anda tidak ingin repot dengan benda ini saat berada di rumah sakit.

  • Keperluan mandi. Persiapkan barang-barang pribadi seperti sikat gigi dan pasta gigi, lip balm, deodoran, sisir, make up, dan ikat rambut. Rumah sakit biasanya menyediakan sabun, shampo, dan lotion, tapi Anda mungkin lebih suka menggunakan milik sendiri.

  • Jubah mandi, satu atau dua baju tidur, serta beberapa pasang kaos kaki. Rumah sakit Anda mungkin menyediakan baju tidur dan kaos kaki untuk digunakan selama tinggal di sana, tapi mereka juga tetap memperbolehkan Anda untuk memakai baju sendiri. Kenakan baju yang longgar dan nyaman. Letakkan sandal dan jubah mandi di bagian yang mudah dijangkau saat Anda terbangun dan ingin berjalan-jalan.

  • Bra menyusui dan bra biasa yang nyaman. Baik Anda berencana untuk menyusui atau tidak, payudara Anda tetap akan membengkak saat ASI mulai keluar. Ini bisa terjadi kapan saja di beberapa hari pertama setelah bayi lahir. Bra yang baik bisa membuat Anda nyaman dan bantalan payudara bisa digunakan untuk menyerap ASI yang merembes.

  • Beberapa pasang celana dalam melahirkan. Beberapa wanita menyukai pakaian dalam yang disediakan rumah sakit tapi ada juga yang tidak nyaman mengenakannya. Anda tentu tahu benar celana dalam yang biasa Anda gunakan. Pastikan bagian pinggangnya longgar hingga tidak menekan bagian perut Anda. Rumah sakit akan menyediakan pembalut wanita yang Anda butuhkan. Meskipun menjalani operasi sesar. Anda akan tetap mengalami nifas setelah melahirkan. Pastikan juga Anda memiliki persediaan pembalut di rumah.

  • Buku tentang perawatan bayi. Mungkin beberapa rumah sakit akan menyediakan buku untuk Anda, tapi bisa jadi Anda lebih memilih membaca buku yang Anda bawa sendiri. Tentu, para perawat selalu siaga untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dan menunjukkan cara untuk mengganti pakaian, menggendong, menyusui, dan memandikan bayi yang baru lahir jika Anda memerlukan bantuan dan bimbingan.

  • Makanan ringan. Ini tergantung pada situasi Anda, Anda mungkin sudah boleh makan makanan kecil setelah operasi selesai. Makanan lunak yang disediakan rumah sakit sangat baik untuk makanan pertama Anda pasca operasi. Nanti dengan perlahan selera makan Anda akan membaik dan mulai timbul keinginan mengkonsumsi buah segar atau apapun yang Anda sukai.

  • Semua yang membuat Anda rileks dan merasa nyaman. Mungkin Anda ingin membawa bantal sendiri, gunakan sarung bantal dengan warna dan pola berbeda agar tidak tertukar dengan bantal rumah sakit. Bawa juga beberapa bacaan ringan atau musik yang Anda sukai.

  • Buku catatan dan pen atau pensil. Catat jadwal menyusui bayi Anda, tulis pertanyaan yang Anda miliki berkaitan dengan kegiatan menyusui. Catat apa yang disarankan dokter anak pada Anda. Tulis hal penting yang berkaitan dengan bayi Anda di beberapa hari pertama. Beberapa orangtua bahkan sudah siap dengan membawa buku bayi ke rumah sakit agar mereka bisa segera mencatat tentang kelahiran bayi mereka secara rinci.

  • Foto anak-anak Anda yang lain. Saat mereka datang berkunjung, mereka akan menyadari bahwa Anda tidak melupakan mereka.

  • Pakaian untuk pulang ke rumah. Kenakan baju yang longgar dan mudah dikenakan karena Anda akan masih terlihat seperti sedang hamil 5 atau 6 bulan. Gunakan sepasang sandal yang datar atau sepatu yang nyaman. Jika Anda berencana akan memakai celana panjang, pastikan bagian pinggang juga longgar dan tidak menekan bagian goresan pada luka Anda.

Perlengkapan yang perlu dibawa suami

  • Sepatu yang nyaman dan beberapa baju ganti.

  • Kamera atau video camera beserta baterai, charger, dan kartu memori.

  • Keperluan mandi.

  • Cemilan dan bacaan ringan.

  • Uang untuk parkir dan recehan untuk membeli minum.

Barang yang tidak perlu dibawa:

  • Perhiasan.

  • Uang berlebihan dan barang berharga lainnya.

  • Obat-obatan, termasuk vitamin. Dokter akan mengetahui kapan Anda membutuhkan obat. Rumah sakit akan menyediakannya jika Anda perlu melanjutkan meminumnya saat Anda di rumah sakit.

  • Pompa ASI. Jika Anda memerlukan pompa ASI, rumah sakit akan meminjamkannya untuk Anda.

  • Popok. Rumah sakit akan menyediakan popok untuk bayi saat Anda berada di sana. Tinggalkan persediaan popok Anda di rumah.

Beberapa ibu berbagi pengalaman berkenaan dengan perlengkapan yang perlu Anda bawa menjelang bedah sesar. Seorang ibu mengungkapkan, salah satu benda yang terlupakan padahal Anda butuhkan adalah krim puting. Menyusui untuk pertama kali mungkin akan sulit untuk dilakukan. Saat itu ia terpaksa meminta bantuan seseorang untuk membeli benda ini karean putingnya terluka.

Bunda Arya menyarankan Anda untuk membawa bantal menyusui untuk menyangga tubuh bayi saat menyusui karena akan terasa sakit saat bayi Anda berada di atas bekas luka yang belum sembuh.

Beda lagi cerita bunda Ela, ia sudah mempersiapkan baju untuk pulang ke rumah. Ia mengira celana yang ia bawa bisa membuatnya merasa nyaman. Tapi ternyata ia salah, ia menyarankan Anda untuk tidak mengenakan celana panjang dulu. Baju terusan bisa jadi alternatif yang lebih baik atau kenakan saja baju tidur saat pulang dari rumah sakit.

(Ismawati)