Kelahiran

Susu untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar Serta Berkualitas

Susu untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar Serta Berkualitas

Adalah hal yang wajar jika Ibu menyusui khawatir bayinya akan kekurangan ASI. Untuk itu, Ibu perlu tahu nih apa saja tanda bayi cukup ASI agar tak khawatir lagi.

Salah satu tanda jika bayi mendapatkan ASI yang cukup, yaitu berat badan bayi meningkat sesuai kurva pertumbuhan. 

Jika Ibu merasakan ada tanda-tanda produksi ASI tidak cukup untuk bayi, maka Ibu perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. 

Agar ASI lancar, Ibu bisa mulai dengan menyusui segera setelah melahirkan (IMD), menyusui secara rutin dan sesuai dengan keinginan bayi untuk menstimulasi produksi ASI, cek apakah bayi sudah melekat di payudara dengan tepat, dan jangan lupa juga perhatikan asupan nutrisi selama ibu masih menyusui si kecil.

Ragam Makanan Untuk Memperlancar ASI

Kalau bicara soal asupan yang dipercaya bisa membantu memperlancar ASI, ada beberapa ragam sumber makanan nih yang bisa Ibu konsumsi. Melansir dari Babycenter, berikut beberapa macam makanan yang bisa Ibu coba:

1. Fenugreek

Fenugreek mengandung vitamin yang bermanfaat bagi ibu menyusui, misalnya omega-3, beta carotene, vitamin B, kalsium dan zat besi. Fenugreek biasanya dikonsumsi dengan dicampur ke dalam minuman atau makanan. 

Tapi hati-hati ya jika Ibu memiliki alergi terhadap kacang, kacang kedelai atau kacang arab, sebaiknya Ibu menghindari untuk mengonsumsi fenugreek.

2. Biji adas

Selain dipercaya bisa meningkatkan ASI, biji adas juga membantu mencegah terbentuknya gas pada sistem pencernaan dan mencegah kolik pada anak lho.

3. Jinten

Sama seperti biji adas, mengonsumsi jinten juga bermanfaat bagi produksi ASI dan membantu mencegah perut kembung dan sembelit.

4. Oat

Oat adalah jenis makanan lainnya yang dipercaya bisa membantu produksi ASI. Selain serat, oat juga mengandung zat besi, kalsium dan vitamin B. 

Agar manfaatnya maksimal, nikmati kombinasi oat dengan makanan sehat lainnya, misalnya kacang-kacangan.

5. Kacang-kacangan

Ada dua jenis kacang yang bisa membantu produksi ASI, yaitu kadang mede dan almond. Kacang ini tinggi akan kalori, yang bisa membantu memproduksi energi, selain itu juga banyak mengandung vitamin dan mineral lainnya.

6. Daun Katuk

Di Indonesia, ada pula jenis sayur yang sejak lama dipercaya dapat melancarkan ASI, yaitu daun daun katuk. Menurut  Alodokter, daun katuk mengandung vitamin A, yang bisa meningkatkan hormon prolaktin, sehingga ASI juga bertambah.

Rekomendasi Susu Untuk Ibu Menyusui

Jika Ibu kesulitan mengonsumsi herbal, tidak suka dengan rasa oat atau daun katuk, nggak perlu khawatir, karena ada cara yang lebih nikmat untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Salah satunya adalah dengan minum susu untuk ibu menyusui. Yang lagi mencari susu ibu menyusui agar ASI lancar, yuk simak beberapa referensi berikut ini..

1. Lovamil


Rekomendasi susu untuk ibu menyusui yang pertama yaitu Lovamil. Susu dengan kemasan 120 gr ini, dijual dengan harga mulai dari harga Rp13.640. Susu ini bisa mulai dikonsumsi sejak Ibu hamil. Lovamil mengandung ekstrak daun katuk. Ibu bisa belanja Lovamil dengan aman di tautan berikut ini yaaa..

2. Mama Soya


Mama Soya adalah susu untuk ibu menyusui yang diproduksi oleh Soya Herba. Susu ini bisa menjadi pilihan bagi Ibu yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi, dengan tambahan daun katuk dan fenugreek untuk membantu produksi ASI. 

Susu Mama Soya isi 200gr dijual dengan kisaran harga Rp25.000-30.000. Beli produk yang asli di sini.

3. Frisian Flag Mama


Susu untuk ibu menyusui yang satu ini diformulasikan khusus untuk membantu menunjang kebutuhan nutrisi selama hamil dan menyusui. Susu Frisian Flag Mama mengandung sumber protein, serat pangan, tinggi akan zat besi, asam folat serta kalsium, ALA (Asam a-Linoleat), LA (Asam Linoleat), DHA, serta 23 multivitamin dan mineral lainnya. Kemasan 200gr bisa dibeli seharga Rp28.000. Belanja praktis di tautan ini yuk.

4. Prenagen Lova


Susu untuk ibu menyusui ini terdiri dari gizi lengkap yang dibutuhkan bagi ibu hamil hingga menyusui. 

Susu Prenagen Lova mengandung protein, serat, asam folat, zat besi dan kalsium. Selain itu, juga ada tambahan daun katuk dan minyak ikannya. 

Beli di sini yuk, isi 120gr dibanderol seharga Rp30.000 saja. Ibu mau pilih yang rasa cokelat atau stroberi?

5. Lamoms Susu Almond

Pilihan lain susu untuk ibu menyusui agar ASI lancar, yaitu Lamoms Susu Almond. Susu untuk ibu menyusui ini menggunakan almond yang diimport dari California dengan tambahan ekstrak daun katuk yang aman dikonsumsi sejak kehamilan trimester ke 2. 

Susu ini tersedia dalam 7 varian rasa, yaitu dark chocolate, vanilla, strawberry, avocado, greentea latte, taro cake dan original. Pastikan belanja di toko resminya ya di sini. Isi 200gr bisa didapat dengan harga Rp32.500.

6. Afis Life Susu Almond


Mau susu almond seharga Rp34.000 untuk kemasan 500gr? Ibu bisa mencoba Afis Life Susu Almond. 

Susu untuk ibu menyusui dengan kandungan utama almond ini diproses dari california raw almond yang dipadukan dengan ekstrak daun katuk, serta madu dan kurma sebagai pemanis alami. Tentunya, tanpa bahan kimia dan pengawet, ya

Nggak perlu khawatir, susu ini telah memiliki izin edar juga lho dari Kementerian Kesehatan. Toko resmi Afis Life ada di link berikut. Ibu bisa memilih susu ini dalam rasa Belgian chocolate dan original

7. Prenagen Lactamom

Prenagen Lactamom mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin B2 dan vitamin B12 untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, mengandung kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang Ibu, serta DHA dan omega-3 untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak anak. 

Prenagen Lactamom tersedia dalam 2 ukuran kemasan yaitu 200gr dan 400gr. Pilihan rasanya pun banyak, misalnya french vanilla, groovy mocha, velvety chocolate dan lovely strawberry. Nah, nggak bakal bosan, deh, karena bisa mencoba banyak rasa. 

Kemasan 200gr dijual mulai dari harga Rp34.760 di official store-nya berikut ini.

8. Almom ASI Booster


Almom ASI Booster adalah salah satu pilihan susu untuk ibu menyusui agar ASI lancar. Susu ini juga mengandung oat, soya, chia seed, ekstrak habbatussauda, ekstrak bee pollen, ekstrak daun katuk dan fenugreek. 

Almom ASI Booster juga telah memiliki izin edar. Harganya sekitar Rp39.000 untuk isi 200gr. Ibu bisa membelinya di tautan ini.

9. Almona Almond Milk

Almona Almond Milk terbuat dari 100% almond asli sehingga terjaga kandungan nutrisinya. Susu ini juga mengandung ekstrak daun katuk. 

Harganya yaitu Rp46.700 dengan isi 165gr. Varian rasanya banyak, mulai dari rasa original, milky banana, dark chocolate, greentea matcha hingga mocha tiramisu. Cek situs resminya di sini.

10. Anmum Lacta


Anmum Lacta dibuat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan yang dibutuhkan selama masa menyusui dan agar ASI lebih berkualitas. 

Susu ini mengandung Neulipid, GA dan DHA, vitamin B untuk pembentukan energi (yang penting untuk produksi ASI), serat pangan, kalsium dan zat besi. 

Anmum Lacta Chocolate kemasan 400gr bisa dibeli dengan harga Rp87.500, langsung klik di tautan ini yaa.. 

11. Frisomum Gold Dualcare +


Minum Frisomum Gold Dualcare + untuk membantu menunjang kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Susu untuk ibu menyusui ini rendah sukrosa, mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, juga mengandung prebiotik untuk mencegah sembelit dan menyehatkan sistem pencernaan. Isi 400gr dijual dengan harga Rp98.100 di toko resminya.

12. Mama’s Choice Almond Milk Powder


Adalah susu plant base yang terbuat dari 27,5% almond dengan tambahan ekstrak daun katuk, fenugreek dan kurma. Susu untuk ibu menyusui ini tersedia dalam rasa chocolate dan matcha. Kemasan 200gr bisa dibeli dengan harga Rp109.000. Langsung klik di sini aja. 

13. Enfamama A+


Adalah dengan nutrisi baik untuk menunjang kebutuhan selama kehamilan menyusui. Susu untuk ibu menyusui ini tinggi akan asam folat, zat besi, kolin, kalsium, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan sumber protein. 

Enfamama A+ juga mengandung serat pangan untuk kesehatan pencernaan. Disarankan untuk dikonsumsi 2 gelas per hari. Kemasan 400gr dengan harga Rp133.000 di official store berikut.

Itulah beberapa rekomendasi susu untuk ibu menyusui agar ASI lancar. Pastikan berbelanja di toko yang aman yaa. Dari beberapa pilihan di atas, Ibu ingin mencoba yang mana?


Editor: Atalya