Kelahiran

Tak Hanya Perkuat Bonding, Momen Mandi Juga Bisa Latih Kemampuan Sensorik Bayi Lho!

Tak Hanya Perkuat Bonding, Momen Mandi Juga Bisa Latih Kemampuan Sensorik Bayi Lho!

Dua tahun pertama sejak si Kecil lahir, sel-sel saraf otaknya harus terus distimulasi agar perkembangan emosional, kognitif, dan fisiknya optimal. Salah satunya dengan cara stimulasi panca indra secara bersamaan atau multisensori. Artinya, dalam satu kali kegiatan dan satu waktu, orang tua bisa sekaligus melakukan stimulasi pada seluruh indra si Kecil yang mencakup penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan peraba.

Nah, sebenarnya kegiatan stimulasi multisensori ini sudah dilakukan sejak si Kecil baru lahir melalui Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Saat anak didekap dalam pelukan Ibu, ia sekaligus menyusu, meraba, mencium bau ASI, selagi berbincang dan menatap mata Ibu. Jika dilakukan dengan tepat dan konsisten, akan menguatkan bonding antara Ibu dan bayi.

Sayangnya, tak semua orang tua memahami pentingnya stimulasi multisensori dalam kegiatan pengasuhan bayi lainnya. Padahal, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, lho! Misalnya saja saat momen mandi bersama si Kecil yang bisa dimanfaatkan terutama untuk menstimulasi indra penglihatan dan penciumannya.  Kok bisa?

Momen Mandi, Cara Stimulasi Indra Penglihatan dan Penciuman Bayi

Dikutip dari verywellfamily, di minggu-minggu awal kelahiran bayi, ia baru bisa melihat sesuatu dalam jarak sangat dekat dan perlahan belajar mengenali warna. Saat mandi, Ibu bisa memegangnya dalam jarak dekat sambil menatap matanya agar ia bisa fokus melihat wajah Ibu. Cara stimulasi bayi ini juga bisa memperkuat bonding, lho!

Tidak hanya itu, saat mandi, Ibu juga bisa mengoptimalkan kemampuan penglihatan si Kecil dengan warna-warni dari benda-benda di sekitarnya. Misalnya, Ibu dapat meletakkan mainan berwarna-warni di sekitar bak mandi si Kecil atau gunakan kemasan produk mandi dengan warna cerah dan mencolok.

Nah, selagi indra penglihatan si Kecil distimulasi, Ibu juga bisa melatih indra penciumannya. Sejak bayi dalam kandungan, reseptor bau (olfactory) anak sudah mulai berkembang sehingga ia bisa mudah menemukan sumber bau ASI saat menyusu. Menurut Daniel Ganjian, MD dari Saint John’s Health Center California, bayi juga bisa mengenali bau Ibu dan membedakannya dengan orang asing. 

Untuk itu, bantu si Kecil mengembangkan indra penciuman dengan memberinya variasi bau dari benda-benda yang ada di sekitarnya dan memberi tahu bau apa yang sedang ia cium. Misalnya, melalui sabun mandi dengan beragam aroma setiap hari saat memandikannya. Itulah pentingnya mempunyai sabun mandi dengan multiaroma sebagai cara stimulasi bayi!

Manfaat Memilih Aroma Sabun Bayi yang Tepat untuk Kegiatan Mandi

Bayi baru lahir mengandalkan indra penciuman untuk membiasakan diri dengan dunia di luar rahim. Bau-bauan terhubung langsung ke bagian otak yang menyimpan ingatan, jadi  tak heran kalau aroma bisa mengingatkan kita akan masa lalu. Wewangian yang khas dan menyenangkan juga kaya akan manfaat. Apa saja?

Bantu redakan stres pada bayi

Wangi khas sabun mandi bayi akan meningkatkan pengalaman mandi si Kecil. Aroma yang menyenangkan juga bantu meningkatkan produksi hormon oksitosin, yakni hormon cinta yang bikin anak merasa semakin terhubung. Bonding yang tercipta karena aroma dan interaksi berupa sentuhan dan tatapan saat mandi juga turut bantu redakan stres si Kecil dengan menghadirkan perasaan aman.

Tidur anak lebih berkualitas 

Saat mandi, Ibu bisa lakukan kontak mata sambil memijat, mengayun tubuh dan mengajaknya bicara. Perpaduan air hangat dan wangi-wangian yang khas akan membantu relaksasi. Cara stimulasi bayi ini bisa bantu ia tenang dan cepat mengantuk usai mandi.

Meski begitu, Ibu sebaiknya tidak asal-asalan memilih aroma, terutama untuk sabun mandi bayi baru lahir. Aroma memang penting, tapi bukan asal wangi, standar keamanan juga perlu diutamakan karena akan bersentuhan kulit dengan si Kecil setiap harinya.

Pastikan Ibu memilih produk sabun mandi bayi yang formulanya lembut untuk kulit bayi yang sensitif!

Mandi Jadi Fun dengan Sabun Probaby

Bingung memilih sabun mandi bayi dengan aroma menyenangkan dan pasti aman di kulit? Ibu bisa pilih produk Probaby yang cocok untuk bayi baru lahir juga sudah teruji Hypoallergenic. Sabun mandi bayi Probaby yaitu Bath Series, kaya stimulasi dengan multi aroma yang dikemas dalam 5 warna-warni cerah, sehingga dapat menstimulasi indra penglihatan bayi dan indra penciumannya juga.

Ibu bisa mencoba sekaligus berbagai varian aroma yang berbeda setiap hari sebagai cara stimulasi bayi. Hal ini akan membiasakan si Kecil mengingat aroma-aroma yang membuat bonding dengan Ibu makin kuat. Sabun Probaby juga efektif dan aman karena:

  • Mengandung bisabolol (kandungan pada chamomile oil) dan provitamin B5 panthenol
  • Teruji Hypoallergenic  dan tidak pedih di mata
  • Berfungsi 2 in 1, bisa membersihkan badan dan kepala
  • Berbahan dasar air, formulasi lembut dengan pH seimbang dan diperkaya bahan alami

Wah, jadi makin yakin nih pilih sabun mandi Probaby untuk si Kecil! Mandi jadi fun, aman, sekaligus efektif menstimulasi indra penglihatan dan penciuman bayi.

Dengan harga ekonomisIbu bisa mendapatkan rangkaian produk mandi Probaby di baby shop serta secara online di e-commerce . Untuk info produk  lebih lanjut, yuk kunjungi website Probaby dan instagram @probaby.indonesia .